Batalkah Puasanya Bila Seharian Tidur Dan Bermalas-Malasan Saja?

0
517

Assalamu’alaikum sahabat Cahaya islam yang di Rahmati Allah. Hmm sebentar lagi kita akan menyambut bulan suci Ramadhan, sudah siapkah sahabat semua menyambut bulan penuh ampunan ini? dalam kesempatan kali ini, kita akan menyelami lebih dalam kajian islam dalam bulan Ramadhan. Ramadhan menjadi bulan yang penuh berkah dan ampunan, kita sebagai muslim sebaiknya memanfaatkan bulan ini dengan sebaik mungkin untuk memperbanyak pahala serta mendekatkan diri pada Allah SWT. Segala aktiifitas termasuk tidur akan mendapatkan pahala dalam bulan Ramadhan, sungguh Allah Maha Pemurah dan Maha Penyayang bukan? – lalu bagaimana bila kita hanya tidur saja dan bermalas-malasan setiap hari di bulan Ramadhan? Batalkah Puasanya Bila Seharian Tidur Dan Bermalas-Malasan Saja?

Batalkah Puasanya Bila Seharian Tidur Dan Bermalas-Malasan Saja?

Kenapa banyak yang Bermalas – Malasan Dibulan Ramadhan?

Seperti yang dikatakan sebelumnya kajian islam untuk orang tidur dibulan Ramadhan akan mendapat pahala dibandingkan orang yang bergibah. Ketika puasa memang kita akan merasakan lemas dan tertidur, sehingga banyak orang memilih bermalas-malasan dibulan Ramadhan. Sebenarnya rasa lemas ini terjadi karena beberapa faktor seperti jam tidur berubah, menurunnya kadar glukosa dalam darah dan kekurangan zat besi. Jam tidur berubah jelas membuat kita merasa ngantuk disiang harinya. Glukosa yang menurun membuat daya konsentrasi otak menurun.

Tak heran ketika Ramadhan kita cukup kesulitan dalam berkonsentrasi serta energi tubuh semakin menurun. Zat besi dalam tubuh sangat penting untuk membangun stamina tubuh, kurangnya zat besi inilah yang mengakibatkan ketika puasa kita sering lemas. Tubuh yang tidak berstamina dan lemas akan mengundang rasa ngantuk. Ada sebagian orang yang justru bermalas malasan ketika puasa, tidak menjalankan berbagai aktivitas dan hanya tidur saja sepanjang hari. Apakah orang seperti ini batal puasanya? Bagaimana kajian islam sebenarnya akan hal tersebut?

Tidur Sepanjang Hari Saat Puasa Apakah Membatalkan Puasa?

Hukum tidur sepanjang hari saat puasa tidak membatalkan puasa orang tersebut, akan tetapi haram baginya meninggalkan shalat karena tidur. Apabila sahabat ingin tidur seharian memang tidak membatalkan puasa, tapi bersifat makruh dan pahala kita berpuasa akan berkurang. Meskipun dalam dalam beberapa kajian islam lain tidak membatalkan puasa, sangat sayang bila kita melewatkan bulan penuh Rahmat ini dengan Cuma tidur saja. Sebaiknya kita tetap beraktivitas seperti biasa dan tidak bermalas malasan. Jadikan bekerja kita dibulan Ramadhan menjadi ladang ibadah kita, dan sarana mendekatkan diri pada Allah SWT, bukan sekedar bermalas malasan saja. waktu bermalasan dipergunakan untuk berbagai aktivitas bermanfaat seperti membaca al Qur’an, shalat sunnah, berdzikir dan masih banyak lagi.

أَخْبَرَنِي هِلَالُ بْنُ الْعَلَاءِ قَالَ حَدَّثَنَا أَبِي قَالَ حَدَّثَنَا عُبَيْدُ اللَّهِ عَنْ زَيْدٍ عَنْ أَبِي إِسْحَقَ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ الْحَارِثِ عَنْ عَلِيِّ بْنِ أَبِي طَالِبٍ عَنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِنَّ اللَّهَ تَبَارَكَ وَتَعَالَى يَقُولُ الصَّوْمُ لِي وَأَنَا أَجْزِي بِهِ وَلِلصَّائِمِ فَرْحَتَانِ حِينَ يُفْطِرُ وَحِينَ يَلْقَى رَبَّهُ وَالَّذِي نَفْسِي بِيَدِهِ لَخُلُوفُ فَمِ الصَّائِمِ أَطْيَبُ عِنْدَ اللَّهِ مِنْ رِيحِ الْمِسْكِ

Telah mengabarkan kepadaku [Hilal bin Al ‘Ala] dia berkata; [bapakku] telah menceritakan kepada kami, dia berkata; telah menceritakan kepada kami [‘Ubaidullah] dari [Zaid] dari [Abu Ishaq] dari [‘Abdullah bin Al Harits] dari [‘Ali bin Abu Thalib] dari Rasulullah beliau bersabda: “Sesungguhnya Allah Tabaraka wa Ta’ala berfirman: “Puasa itu adalah untukku dan Aku yang akan memberinya pahala, dan bagi seorang yang berpuasa ia memiliki dua kebahagiaan yaitu ketika ia berbuka dan ketika ia bertemu dengan Rabbnya, demi yang jiwaku berada ditanganNya sungguh bau mulut seorang yang berpuasa itu lebih harum disisi Allah daripada aroma minyak kesturi.” [2]

Tentu saja pahala dari amalan di bulan Ramadhan sungguh sangat mulia adanya.

Tips Berstamina Saat Puasa

Bila kajian Islam menyatakan makruh, tidak membatalkan puasa, lalu adakah cara untuk mengusir rasa lemas dan ngantuk yang membuat bermalas malasan saat puasa? Tips berstamina saat puasa adalah memperhatikan asuman makanan kita setiap harinya, baik dalam berbuka puasa ataupun sahur. Pilihlah menu yang mengandung banyak protein, semua vitamin dan mineral, sehingga tubuh tidak akan kekurangan semua mineral penting dalam tubuh sepanjang harinya.

Hindari meminum minuman yang tidak baik seperti minuman bersoda, lebih baik minumlah air putih. Meskipun dalam kondisi puasa, kita harus tetap mengkonsumsinya sebanyak 8 gelas, untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh terutama disiang hari. Lebih baik menghindari makanan pedas dan berkolestrol tinggi seperti gorengan.

Dari ulasan kajian islam kali ini, sahabat pasti telah paham bukan bagaimana hukumnya orang yang berpuasa namun bermalas malasan bahkan hanya tidur sepanjang hari. Memang tidurnya orang berpuasa mendapatkan pahala, tapi tidur secukupnya saja bukan tidur sepanjang hari.

[1] HR. NASAI 2181

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!