Ketua Sunda Empire Dibebaskan? Ini Pentingnya Kejujuran

0
111
sunda empire

Sunda Empire – Belakangan ini, pemberitaan terkait dibebaskannya ketua Sunda Empire dipertanyakan. Sebab, sejak awal mula kemunculannya sudah membuat kegaduhan di tengah masyarakat Indonesia. Hingga saat ini, sebagian masyarakat tak akan pernah lupa kasus yang menyeretnya sampai ke penjara.

Sobat Cahaya Islam, kasus Sunda Empire bukan satu – satunya yang muncul dalam pemberitaan. Ada banyak narasi – narasi kebohongan lainnya yang juga membuat kegaduhan baik dari sisi yang kontra maupun pro. Bagi kaum muslimin, tentunya hal ini akan menjadikan terjadinya perpecahan jika dibiarkan.

Bagaimana Umat Menyikapi Narasi yang Serupa dengan Sunda Empire?

Bagi kaum muslimin, jujur dalam setiap pembicaraan yang dilakukan adalah sebuah kewajiban. Jujur bukan hanya mencerminkan kepribadian seorang muslim, namun merupakn ajaran Islam yang harus dilaksanakan. Sudah seharusnya umat muslim melazimi bahwa menyatakan dengan jujur bukan lantaran mengandung kebaikan, melainkan jujur mendatangkan Ridho Allah Ta’ala.

Kasus yang terjadi pada ketua Sunda Empire menunjukkan bahwa ketidakjujuran bahkan menyebarkan hoax bukanlah tindakan baik malah sangat merugikan masyarakat. Walaupun sebenarnya kasus terseut tak perlu diladeni, namun faktanya masih ada sebagian umat yang ikut terseret ke dalam narasi Sunda Empire, sungguh suatu ironi.

Walaupun demikian, kaum muslimin harus menyadari bahwa suatu kejujuran harus berlandaskan apda syariat Islam, bukan berdasar perasaan secara personal. Pasalnya, hari ini terdapat kerancuan dalam penafsiran tindakan jujur. Selain itu, terdapat beberapa perkara dalam Islam yang menyatakan bahwa jujur juga dapat mendatangkan kemudharatan.

Jujur yang mendatangkan keburukan yakni jujur dalam medan perang. Hal ini tentu diharamkan dan malah mendapat dosa. Scara logika, bagaimana seorang prajurit menceritakan strategi perang terhadap musuh? Tentu suatu hal yang tidak mungkin bukan?

Selain itu, seseorang boleh untuk tidak jujur apabila ingin mengembalikan keutuhan rumah tangganya. Hal ini diperbolehkan agar keharmonisan keluarga dapat terjalin kembali. Malah jika berkata dengan jujur, akan menyebabkan terjadinya keretakan dalam rumah tangga.

Jangan Tiru Ketua Sunda Empire, Ini Manfaat Bersikap Jujur

Terdapat beberapa manfaat apabila umat mengikuti aturan yang diberikan Allah SWT. Walaupun sebenarnya umat hanya ingin meraih ridho Allah SWT dengan berlaku jujur, namun Allah SWT adalah sang Maha Baik bagi hambaNya. Hal ini sesuai dengan firman Allah Ta’ala dalam surat At Taubah ayat 119 :

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَكُونُوا مَعَ الصَّادِقِينَ

“Hai orang-orang yang beriman bertakwalah kepada Allah, dan hendaklah kamu bersama orang-orang yang benar.”

1.      Mendatangkan Kebaikan

Bagi kaum muslimin, jujur dapat mendatangkan limpahan kebaikan baik dunia maupun akhirat. Jika kehidupan dilingkupi kebaikan, maka bisa dibayangkan betapa bahagia kehidupan kaum muslimin di dunia. Selain itu, kejujuran juga dapat mendekatkan kaum muslimin kepada Allah SWT.

2.      Mendapat Banyak Teman Shaleh dan Shalihah

Selain itu, orang yang jujur akan senantiasa dikelilingi oleh banyak orang karena kejujuran yang dimiliki. Tanpa seorang muslim memberitahu bahwa ia adalah orang yang jujur atau tidak, teman shaleh dan shalihah akan tetap mendatangi karena aura yang dipancarkannya.

sunda empire

Nah, Sobat Cahaya Islam itu beberapa ulasan artikel tentang Sunda Empire serta manfaatnya dalam islam. Tentu lah Sobat Cahaya Islam ingin memiliki segala kemuliaan itu bukan? Maka dari itu, pentingnya dalam diri kaum muslimin untuk berlaku jujur. 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY