Tata Cara Sholat Idul Fitri Di Rumah

0
74

Tata Cara Sholat Idul Fitri – Hari Raya Idul Fitri merupakan hari yang ditunggu-tunggu oleh umat muslim sedunia. Setelah berpuasa selama satu bulan lamanya, umat muslim merayakan kemenangannya melawan hawa nafsu di hari yang fitri.

Puasa Ramadhan merupakan ritual wajib umat Islam. Selama sebulan penuh, kita, umat Islam, berperang melawan hawa nafsu. Menahan rasa haus, lapar, serta nafsu dan syahwat dari terbit fajar hingga terbenam matahari.

Idul Fitri tahun ini akan terasa sangat berbeda dari tahun biasanya. Pemerintah Indonesia melarang umat muslim untuk melaksanakan sholat ied di lapangan atau masjid. Dikarenakan pandemi covid-19 yang belum berakhir, aturan untul psyshical distancing tetap berlaku.

Pemerintah menyarankan agar melaksanakan sholat idul fitri di rumah bersama keluarga. Tata cara sholat idul fitri dirumah bisa dikerjakan secara munfarid / sendiri atau berjamaah dengan anggota keluarga. Bagi yang belum tahu tata cara sholat idul fitri pasti akan bingung, sebab biasanya sholat idul fitri berjamaah di masjid.

Hukum Sholat Idul Fitri

Dikarenakan terdapat perbedaan pandangan soal hukum sholat ied di antara 4 mahdzab besar. Hukum sholat ied dibagi menjadi 3 yaitu:

1. Sunnah Muakkad

Sunnah muakkad artinya sholat ied hukumnya sangat dianjurkan bagi umat Islam. Sholat ied merupakan rangkaian ibadah Ramadhan dan hanya dilakukan setahun sekali. Oleh karena itu sebagain besar ulama menyatakan bahwa sholat ied hukumnya adalah sunah muakkad.

2. Fardhu Kifayah

Menurut mahdzab Hambali, sholat idul fitri hukumnya fardhu kifayah. Hukumnya wajib dilaksanakan oleh seluruh umat Islam. Namun jika sudah ada sebagian yang melaksanakannya, maka itu sudah cukup.

3. Fardhu ‘Ain

Sholat idul fitri tidak boleh ditinggalkan dan hukumnya wajib dikerjakan oleh laki-laki maupun perempuan muslim. Mahdzab Hanafi yang menyebutkan sholat ied sebagai ibadah wajib.

Tata Cara Sholat Idul Fitri

Sholat idul fitri tidak didahului dengan adzan atau iqomah. Untuk menandakan akan dimulai cukup menyerukan “ash-shalaatul jami’ah”. Seperti yang diterangkan hadist berikut:

“Aku pernah melaksanakan shalat ‘ied (Idul Fithri dan Idul Adha) bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bukan hanya sekali atau dua kali, ketika itu tidak ada adzan maupun iqomah.” (HR. Muslim nomor 887)

Di bawah ini adalah urutan tata cara sholat idul fitri yang sobat Cahaya Islam laksanakan di rumah. Sebeleum memulai sholat, dianjurkan untuk memperbanyak baca takbir, tahmid, dan tasbih.

  1. Menyerukan ash-shalata jami’ah tanpa adzan dan iqamah.
  2. Membaca niat.

“Usholli rakataini sunnatan ‘idil fitri (imaman/mamumam) lillahi ta’ala.”

Artinya: Aku berniat salat sunah Idul Fitri dua rakaat (menjadi imam/makmum) karena Allah Ta’ala.

  1. Membaca takbiratul ihram dan mengangkat kedua tangan.
  2. Setelah takbiratul ihram, membaca takbir sebanyak 7 kali. Di anatara takbir disarankan untuk membaca “subhanallah walhamdulillah wala illaha illalahu allahu akbar.
  3. Membaca surat pendek Al-Quran
  4. Ruku’, sujud, duduk di antara dua sujud, kemudian sujud kedua dan berdiri lagi.
  5. Membaca takbir sebanyak 5 kali pada rakaat kedua sebelum membaca Al-Fatihah.
  6. Ruku’, sujud, dan seterusnya hingga salam.
  7. Mendengarkan khotbah Idul Fitri

Meskipun tahun ini tidak bisa sholat idul fitri di lapangan atau masjid, Sobat Cahaya Islam tetap bisa sholat id di rumah. Dengan panduan tata cara sholat idul fitri di atas, semoga kita semua bisa melaksanakan sholat id tanpa halangan apapun dan bernilai pahala. Aaamiin ya robbal ‘alamin.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!