Tanaman Porang Menjadi Primadona, Selalu Ada Hikmah dari Segala Ciptaan Allah SWT!

0
25

Tanaman Porang – Media dihangatkan oleh Tanaman Porang yang kini menjadi primadona di antara tanaman lainnya. Tanaman ini merupakan jenis umbi-umbian yang memiliki nilai jual tinggi. Selain itu, manfaat yang terkandung dalam Tanaman Porang pun sangat baik untuk kesehatan. Tidak heran, jenis umbi yang satu ini, populer di kalangan para petani untuk bisa dijadikan salah satu bisnis yang menguntungkan.

Sobat Cahaya Islam, keberadaan Tanaman Porang yang hangat diperbincangkan, menjadi bukti bahwa apa pun yang Allah SWT ciptakan terselip hikmah yang amat besar. Baik keberadaan manusia, hewan atau pun tumbuh-tumbuhan tidak lepas dari hikmah yang baik untuk sekitarnya.

Tanaman Porang Banyak Khasiatnya, Inilah Hikmah dari Segala Ciptaan Allah SWT

Dalam ayat suci Al-Qur’an pun Allah SWT jelaskan secara tegas, segala sesuatu yang diciptakan oleh-Nya senantias mengandung manfaat yang amat besar. Sekali pun hewan menjijikan seperti tikus pun bermanfaat sebagai konsumen dalam rantai makanan. Hal ini dijelaskan dalam pelajaran Biologi.

Firman Allah SWT:

وَمَا خَلَقْنَا السَّمَاءَ وَالْأَرْضَ وَمَا بَيْنَهُمَا بَاطِلًا ۚ

“Dan Kami tidak menciptakan langit dan bumi, dan apa yang ada diantara keduanya tanpa hikmah.(Qs. As-Shad: 27)”

Jika hewan seperti tikus saja bisa bermanfaat, apalagi manusia yang diciptakan Allah SWT dengan bekal akal dan pikiran.  Lalu, apa saja hikmah yang bisa diambil dari segala ciptaan Allah SWT?

1.   Senantiasa Bersyukur

Segala sesuatu yang Allah SWT ciptakan senantiasa mengandung manfaat yang amat banyak. Seperti halnya, hewan yang bisa dimanfaatkan untuk berqurban, tumbuhan yang bisa dimanfaatkan untuk meresap air sehingga terhindar dari banjir. Hal ini patut untuk disyukuri, setiap hal yang diciptakan Allah SWT adalah kenikmatan yang tak terkira.

2.   Bertasbih kepada Allah SWT

Selanjutnya, senantiasa bertasbih kepada Allah SWT. Dari setiap ciptaan Allah SWT banyak hikmah yang bisa dipetik, misalnya dari sebuah pohon yang berdiri tegak. Mulai dari akar yang menopang, daun-daun hingga dahan-dahannya yang kuat. Setiap bagiannya bisa diambil hikmah yang amat besar. Sobat Cahaya Islam hendaknya bertasbih, Maha Besar Allah SWT atas segala ciptaan-Nya.

3.   Menjaga dan Melestarikannya dengan Baik

Selanjutnya, hikmah lainnya yakni untuk senantiasa menjaga dan melesatikannya dengan baik. Alih-alih merusaknya hingga alam ini menjadi rusak, mari sama-sama menjaganya dengan baik. Pohon-pohon yang hijau hendaknya dijaga, bukan sebaliknya yakni ditebang habis-habisan hingga menjadi gundul.

Inilah realita yang ditemukan saat ini, tidak heran ragam bencana pun melanda, mulai dari banjir, longsor, hingga gunung meletus. Hakikatnya, semua ini bisa terjadi karena ulah manusia itu sendiri. Maka dari itu, menjaganya dengan baik adalah kewajiban semua muslim, sehingga bumi ini tetap asri dan hijau.

Nah, Sobat Cahaya Islam itulah ulasan singkat terkait hikmah dari segala ciptaan Allah SWT. Semua yang ada di dunia ini, seperti halnya Tanaman Porang senantiasa memberikan manfaat bagi umat manusia dan lingkungannya. Maka dari itu, patut untuk menjaga dan melesatarikan segala hal yang telah Allah SWT ciptakan.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY