Hari Kesehatan Sedunia dan Tips Sehat Ala Rasulullah

0
58
hari kesehatan sedunia 1

Hari Kesehatan Sedunia – Pada tanggal 7 April 2021, hari kesehatan sedunia kembali di adakan. Tema yang di usung adalah pada kali ini berkaitan dengan pandemi covid yang sedang melanda dunia. Banyaknya korban yang jatuh di tambah perekonomian negara yang turun di berbagai belahan dunia menjadi salah satu masalah besar.

Dampaknya, muncul masalah-masalah lain di berbagai negara seperti tingkat kemiskinan yang bertambah tinggi, dan naiknya harga bahan-bahan makanan pokok sehingga dapat memunculkan krisis bahan-bahan pangan, serta banyaknya pekerja yang terkena PHK akibat dari pandemi covid yang masih berlangsung.

Sobat Cahaya Islam, Islam mengajarkan kepada kita untuk selalu menjaga kesehatan. Hal tersebut di lakukan sebagai ungkapan rasa syukur kita kepada Allah yang telah menciptakan kita. Banyak cara untuk tetap sehat. Salah satunya seperti yang Rasulullah lakukan terdahulu untuk menjaga kesehatannya. Lalu, Apa saja tips ala Rasulullah untuk menjaga kesehatan?

Tips Sehat Ala Rasulullah dalam Rangka Memperingati Hari Kesehatan Sedunia

Pada saat ini, kita banyak melihat orang-orang yang sakit karena pola makan dan gaya hidup yang dil akukannya. Padahal, Rasulullah sudah mencontohkan gaya hidup yang baik kepada ummatnya agar mereka bisa menjaga kesehatan. Adapun tips sehat ala Rasulullah di antaranya adalah:

1. Berpuasa

Puasa merupakan suatu perbuatan yang mana seseorang tidak boleh makan dan minum yang di mulai dari terbitnya fajar sampai terbenamnya matahari. Puasa bermanfaat untuk membersihkan racun dari dalam tubuh. Racun tersebut dapat berasal dari makanan atau minuman yang kita konsumsi.

وَأَن تَصُومُواْ خَيْرٌ لَّكُمْ إِن كُنتُمْ تَعْلَمُونَ

Artinya: “Dan berpuasa itu lebih baik bagimu jika kamu melihat.” (QS. Al-Baqarah [2]: 5) .

Dalam kehidupan sehari-hari, kita biasa mengkonsumsi makanan cepat saji di restoran. Selain itu, kita juga biasa mengkonsumsi minuman kaleng yang bersoda. Jika kebiasaan tersebut terus di lakukan, maka racun-racun pada tubuh akan semakin menumpuk. Berpuasa merupakan salah satu hal yang bisa di lakukan untuk mendetoks racun pada tubuh kita.

2. Tidur yang Cukup

Pada saat ini, kita banyak melihat orang-orang yang senang tidur larut malam atau lembur kerja dari malam sampai pagi. Kebiasaan ini di sebut dengan begadang. Dalam Islam, kita tidak di sarankan untuk begadang. Hal tersebut di karenakan begadang dapat mengganggu kinerja organ-organ tubuh sampai daya tahan tubuh.

Oleh karena itu, Rasulullah tidak mencontohkan untuk begadang. Hal tersebut di karenakan begadang tidak baik untuk kesehatan tubuh. Dalam kesehariannya, Rasulullah tidur sebelum jam 21.30 dan terbangun untuk melakukan sholat malam pada jam 03.00.

3. Sering Berolahraga

Olahraga dapat membuat tubuh kita menjadi sehat. Hal tersebut dikarenakan olahraga dapat memperlancar sirkulasi darah di tubuh. Selain itu, olahraga juga dapat menyehatkan jiwa dan pikiran kita agar tidak depresi karena pekerjaan menumpuk yang ada dirumah sekaligus untuk refreshing diri sendiri.

Oleh karena itu, adanya Hari Kesehatan Sedunia tidak hanya untuk mengingatkan kita untuk menjaga pola makan saja. Tetapi, adanya hari kesehatan dunia juga mengingatkan kita agar menjaga kesehatan diri sendiri melalui perbaikan dari gaya hidup yang buruk berubah menjadi gaya hidup yang baik meskipun masih dalam wabah pandemi covid.

Itulah tips sehat ala Rasulullah dalam rangka memperingati hari kesehatan sedunia. Semoga kita selalu sehat dan dalam perlindungan Allah SWT. Amiinn…

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY