Susi Pudjiastuti Kritik Mahasiswa, Ini Tips Menjadi Mahasiswa yang Memberi Manfaat

0
35

Susi Pudjiastuti – Munculnya pandemi covid 19 ini menimbulkan angka kemiskinan meningkat. Melihat kondisi yang demikian, Susi Pudjiastuti merasa prihatin dengan kondisi masyarakat. Apalagi melihat mahasiswa zaman sekarang justru lebih suka bermain tik tok daripada beraksi langsung untuk membantu masyarakat meningkatkan pendapatannya.

Sobat Cahaya Islam, Islam mengajarkan kita untuk mengamalkan ilmu yang kita miliki demi kepentingan masyarakat umum. Akan tetapi, kenyataannya para pelajar atau mahasiswa zaman sekarang lebih suka menghabiskan waktunya untuk hal-hal yang tidak bermanfaat.

Mereka lebih memilih bermain tik tok daripada membantu pemerintah untuk mengentaskan kemiskinan yang angkanya menjadi naik dikarenakan pandemi covid 19 ini. Lalu, bagaimanakah cara untuk menjadi mahasiswa yang baik dalam Islam?

Tips Menjadi Mahasiswa yang Baik Seperti Kritikan Susi Pudjiastuti

Ada pepatah yang mengatakan untuk mencari ilmu walaupun harus ke negeri Cina. Mengapa? Karena ilmu sangat penting dalam kehidupan kita di dunia maupun di akhirat. Oleh karena itu, banyak para ulama Mazhab besar, seperti imam Syafi’i dan imam Malik pergi ke tempat yang jauh dari tanah kelahiran mereka hanya untuk menuntut ilmu.

Bukan hanya karena sebuah kewajiban, tetapi juga agar ilmu yang mereka dapatkan nantinya bisa disampaikan kepada masyarakat. Sehingga ilmu yang mereka miliki bermanfaat untuk masyarakat di sekitar mereka.

Selain itu, mencari ilmu hukumnya adalah wajib dalam Islam. Wajibnya menuntut ilmu ini dimulai dari ketika kita masih berada dalam buaian sampai maut datang menjemput kita.

طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ

Artinya: “Menuntut ilmu itu wajib atas setiap Muslim” (HR. Ibnu Majah no. 224)

Lalu, bagaimana dengan mahasiswa sekarang? Mereka justru tenggelam dalam canggihnya teknologi. Sehingga mereka tidak lagi terlalu berkontribusi dalam masyarakat untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

Dibawah ini ada beberapa tips untuk menjadi mahasiswa yang memberi manfaat, diantaranya adalah:

  1. Aktif Dalam Organisasi Masyarakat

Mengikuti organisasi yang ada di masyarakat seperti karang taruna, PKK, atau dapat juga membangun sebuah komunitas untuk memberdayakan masyarakat seperti dengan komunitas budidaya tanaman bonsai.

Di dalam komunitas budidaya tanaman bonsai tersebut, kita mengajarkan bagaimana cara membuat bonsai dari tumbuhan yang ada di sekitar kita. Dengan demikian, kita juga ikut meningkatkan pendapatan masyarakat seperti yang diinginkan ibu Susi Pudjiastuti.

  1. Senang Belajar Hal Baru

Belajar tidak hanya bisa dilakukan di kampus saja, tetapi juga bisa diluar kampus. Salah satu contohnya, ketika kita sedang berbicara dengan seorang petani di desa kita yang sedang menanam padi. Lalu, kita ingin membantu petani tersebut dan diperbolehkan. Disitu, kita mendapatkan ilmu tentang cara menanam padi yang benar.

  1. Mencari dan Mengembangkan Potensi Diri

Salah satu contohnya, kita mempunyai hobi memasak. Kita suka mencari resep baru dan melakukan uji coba memasak di rumah kita. Nah, dari hobi memasak tersebut kita dapat membuka pesanan makanan, lalu kita juga terus mengembangkannya dengan mengikuti acara demo masak atau mengikuti resep-resep makanan yang beredar di internet.

  1. Tidak Menjadi Mahasiswa Kupu-kupu

Mahasiswa kupu-kupu atau mahasiswa yang suka kuliah dan pulang adalah mahasiswa yang tidak aktif berorganisasi di kampus. Tidak apa-apa, sih. Hanya saja, biasanya mahasiswa yang aktif dalam organisasi kampus biasanya lebih baik cara berkomunikasinya daripada mahasiswa yang tidak aktif organisasi.

Memang, kesuksesan seseorang tidak berkaitan dengan hal tersebut. Tetapi, tidak ada salahnya untuk menjadi mahasiswa yang aktif dalam organisasi dikarenakan kita akan mendapatkan banyak pengalaman dan teman yang akan berguna suatu saat nanti.

Itulah tips menjadi mahasiswa yang baik seperti kritikan Susi Pudjiastuti. Mahasiswa adalah agen perubahan yang diharapkan dapat membantu pemerintah untuk membangun daerahnya seperti yang diharapkan oleh Susi Pudjiastuti. Agar daerahnya menjadi daerah yang maju dengan pendapatan yang meningkat.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!