Soraya Abdullah Meninggal Sesudah Hijrah, Ini Pengertian Hijrah yang Benar

0
93

Soraya Abdullah – Lagi-lagi tokoh entertainment dikabarkan meninggal dunia setelah terkena virus Covid-19. Tokoh yang telah membintangi beberapa judul film dan produk iklan, alhamdulilah meninggal setelah ia memutuskan hijrah dengan menutup aurat.

Lebih tepatnya Soraya Abdullah mengubah penampilannya yang dulunya membuka aurat menjadi berhijab pada tahun 2005. Hingga tahun 2021 ia masih istikamah meski dalam perjalanan hidupnya banyak rintangan yang menyergap, ia benar-benar membuktikan keistikamahan sampai akhir hayatnya.

Sobat Cahaya Islam, berubah menjadi lebih baik itu tentu itu dianjurkan bahkan diperintahkan. Namun, untuk terjun bebas dalam perubahan butuh perjuangan yang teguh dan kuat, sebab umat sendiri sudah tahu bahwa Allah SWT tidak akan mengubah nasib suatu kaum kecuali kaum itu yang mengubah sendiri.

Sebagaimana dalam Al-Qur’an surah Ar-Ra’du ayat 11 yang berbunyi.

لَهُ مُعَقِّبَاتٌ مِنْ بَيْنِ يَدَيْهِ وَمِنْ خَلْفِهِ يَحْفَظُونَهُ مِنْ أَمْرِ اللهِ إِنَّ اللهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتَّى يُغَيِّرُوا مَا بِأَنْفُسِهِمْ وَإِذَا أَرَادَ اللهُ بِقَوْمٍ سُوءًا فَلَا مَرَدَّ لَهُ وَمَا لَهُمْ مِنْ دُونِهِ مِنْ وَالٍ

Artinya: “Bagi manusia ada malaikat-malaikat yang selalu mengikutinya bergiliran, di muka dan di belakangnya, mereka menjaganya atas perintah Allah. Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap sesuatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya; dan sekali-kali tak ada pelindung bagi mereka selain Dia” (QS Ar-Ra’d: 11).

Oleh karena itu, muslim perlu tahu terkait perubahan yang akhir-akhir ini sering digemakan dengan istilah “hijrah”. Lantas apa itu hijrah sebenarnya? Yuk kita bahas bersama terkait apa itu hijrah agar lebih mantap melangkah.

Ini Pengertian Hijrah, Seperti yang Disematkan kepada Soraya Abdullah setelah Menutup Aurat

Hijrah, ya istilah itu yang kerap disematkan manakala seseorang yang awalnya berpenampilan dengan tidak menutup aurat, kemudian beralih dengan menutup aurat. Benarkah persepsi ini?

Pada hakikatnya, hijrah berarti berpindah. Masih ingat dengan kisah Nabi Muhammad SAW yang disebutkan dalam sejarah kebudayaan Islam bahwa beliau hijrah dari Mekah ke Madinah. Boleh dikatakan, hijrah berarti berpindah dari satu tempat ke tempat lain.

Akan tetapi, hijrah digunakan sebagai istilah berubah dari hal yang kurang baik atau buruk menuju hal yang baik. Untuk lebih jelasnya setidaknya kita tahu pentingnya hijrah dalam meramu kehidupan.

Pentingnya Hijrah

Setelah dipaparkan pengertian dari hijrah itu sendiri, berikut beberapa pentingnya hijrah yang patut muslim ketahui lebih lanjut.

·         Hidup ini tidak Stagnan

Waktu terus bergulir, detak jam terus juga memecahkan hari-hari. Masih juga diam? Bukanlah hidup ini tidak stagnan? Sebab itu sebaiknya muslim punya greget untuk senantiasa berubah ke arah yang lebih baik. Kalau tidak, maka akan ketinggalan tentunya dari kehidupan yang senantiasa bergerak.

·         Hati Manusia Berubah-ubah

Allah SWT adalah Zat yang membolak-balikkan hati setiap insan manusia. Dalam hitungan waktu sikap maupun keadaan hati manusia bisa berubah sekian derajat. Teruslah berusaha untuk berubah dengan meminta lewat doa kepada Sang Pencipta yang diselaraskan melalui usaha.

·         Ingat Ada Hal yang Patut Diperjuangkan

Dunia ibarat fatamorgana. Adakalanya terlihat membahagiakan tetapi ternyata justru menjerumuskan. Padahal hakikatnya ada hal yang patut diperjuangkan yakni kehidupan yang abadi kelak di akhirat.

Tentu jelas hijrah penting dalam hal ini, terus memperbaharui diri untuk tetap ingat bahwa dunia bukanlah segalanya, melainkan yang abadi yang patut diperjuangkan.

Sobat Cahaya Islam, itu pengertian dan pentingnya hijrah dengan ditelusuri lewat sudut pandang Islam. Semoga kita dapat terus berubah ke hal yang lebih baik dan terpenting bisa istikamah menjalankan. Serta semoga Soraya Abdullah meninggal khusnul khotimah. Aamiin.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY