Sholawat Nabi Di Hari Jumat Punya Banyak Manfaat, Apa Saja?

0
221

Sholawat Nabi – sholawat nabi adalah rutinitas yang masih ada hingga saat ini. Walaupun demikian, masih banyak orang yang tidak tahu manfaat dari shalawat kepada nabi. Padahal, banyak di hadist-hadist nabi yang menjelaskan tentang manfaat bershalawat kepada nabi.

Salah satunya adalah untuk mengabulkan permohonan kita kepada Allah. Mengapa demikian? Hal tersebut disebabkan shalawat kepada nabi dapat memuluskan jalan doa yang kita panjatkan menuju langit. Meskipun begitu, kita tetap tidak boleh melupakan shalat lima waktu dan ibadah-ibadah wajib lainnya.

Sobat Cahaya Islam, Islam mengajarkan kita untuk bersholawat kepada nabi sebanyak-banyaknya, terutama pada hari Jumat. Mengapa? Hal tersebut disebabkan sholawat kepada nabi tidak hanya mengabulkan doa kita saja, tetapi juga dapat membuat kita mendapatkan ampunan dari Allah.

Sholawat tidak hanya terdiri dari satu jenis saja. Ada banyak jenis lainnya seperti sholawat nariyah, sholawat ibrahimiyah, dan masih banyak lagi. Hal yang terpenting adalah semua sholawat tersebut ditujukan kepada nabi kita.

Sholawat Nabi dan Manfaatnya Di Hari Jumat

Sholawat nabi merupakan salah satu hal yang dianjurkan untuk dilakukan selama kita hidup di dunia ini. Mengapa? Hal tersebut dikarenakan sholawat nabi memiliki sejumlah manfaat yang berfaedah dalam kehidupan duniawi dan akhirat kita. Apa sajakah hal tersebut?

1. Sholawat Sebagai Penghapus Dosaa

Banyak hadist yang menyatakan bahwa jika kita banyak bersholawat kepada nabi, maka Allah akan menghapuskan dosa-dosa kita. Hal tersebut dikarenakan jika kita melakukan sholawat nabi, maka sholawat tersebutlah yang nantinya akan menghapuskan dosa-dosa kita.

2. Mendapatkan Syafaat Dari Nabi

Nabi pernah mengatakan bahwasanya orang yang mengingat nabi adalah orang yang selalu bersholawat kepadanya. Nantinya, ketika tiba hari pembalasan nabi akan mengingat dan memberikan syafaat kepada orang yang suka melakukan sholawat nabi, terutama di hari Jumat yang balasannya berlipat ganda.

3. Sholawat Nabi Sebagai Pengabul Doa

Sholawat nabi dapat memuluskan jalan doa kita menuju ke langit dan sampai kepada Allah sehingga dikabulkan. Oleh karena itu, sholawat nabi dapat dikatakan adalah perantara terkabulnya doa atau hajat kita kepada Allah. Maka, apabila kita ingin doa kita cepat terkabul, kita harus terus membacakan sholawat nabi setelah selesai sholat lima waktu atau dalam waktu senggang, terutama di hari Jumat.

Mengapa hari Jumat? Hal tersebut dikarenakan pada hari jumat adalah hari yang istimewa bagi orang Islam dan alam semesta ini.

إِنَّ مِنْ أَفْضَلَ أَيَّامِكُمْ يَوْمَ الْجُمُعَةِ، فِيْهِ خُلِقَ آدَمُ، وَفِيْهِ قُبِضَ، وَفِيْهِ النَّفْخَةُ، وَفِيْهِ الصَّعِقَةُ، فَأَكْثِرُوْا عَلَيَّ مِنَ الصَّلاَةِ فِيْهِ، فَإِنَّ صَلاَتَكُمْ مَعْرُوْضَةٌ عَلَيَّ، قَالُوْا: يَا رَسُوْلَ اللهِ، وَكَيْفَ تُعْرِضُ عَلَيْكَ صَلاَتَنَا وَقَدْ أَرَمْتَ؟ فَقَالَ: إِنَّ اللهَ k حَرَّمَ عَلَى اْلأَرْضِ أَنْ تَأْكُلَ أَجْسَادَ اْلأَنْبِيَاءِ.

“Sesungguhnya seutama-utama hari kalian adalah hari Jum’at. Pada hari itu Adam diciptakan dan diwafatkan. Pada hari itu pula sangkakala (kedua) ditiup dan manusia dimatikan (tiupan sangkakala pertama.-ed.) pada hari itu perbanyaklah mengucap shalawat atasku. Karena sesungguhnya shalawat kalian sampai kepadaku.” Mereka bertanya, “Wahai Rasulullah, bagaimana shalawat kami sampai kepada engkau, padahal jasad engkau telah rusak?” Beliau bersabda, “Sesungguhnya Allah Azza wa Jalla mengharamkan bumi memakan (merusak) jasad para Nabi.” (Shahih: [Shahiih Sunan Ibni Majah (no. 889)], Sunan Abi Dawud (‘Aunul Ma’buud) (III/370 no. 1034), Sunan Ibni Majah (I/345 no. 1085), dan Sunan an-Nasa-i (III/91))

4. Mendapatkan Pahala yang Besar

Mengapa demikian? Hal tersebut dikarenakan jika kita melakukan sholawat nabi, maka kita berarti telah melaksanakan Sunnah yang telah disebutkan dalam hadist-hadist Rasulullah. Apabila Sunnah tersebut dilakukan, maka kita akan mendapatkan pahala. Sedangkan, jika tidak kita lakukan, kita tidak akan mendapatkan dosa.

Itulah sholawat nabi dan manfaatnya di hari Jumat. Semoga kita bisa Istiqomah dalam mengamalkan pembacaan sholawat nabi, terutama di hari Jumat. Agar kita bisa bertemu dengan nabi dan selamat dunia serta akhirat karena syafaatnya. Amiinnn…

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY