Menu Sahur Sehat, Buat Puasa Lebih Semangat

0
102
Menu Sahur Sehat Untuk Puasa Semangat

Menu sahur – Puasa ramadhan adalah kewajiban bagi setiap muslim untuk mengerjakannya. Menyambut bulan yang penuh berkah, kita tentu seharusnya bersemangat untuk mengerjakannya. Bahkan jika perlu, saling berlomba dalam ibadah hingga berakhirnya bulan yang penuh berkah ini. Untuk bersemangat mengerjakan puasa, menu sahur akan sangat menentukan selera makan kita. Sahur yang cukup dengan kebutuhan gizi yang sesuai akan membuat puasa lebih semangat lho. Lalu bagaimana menu untuk sahur yang sesuai?

Menu Sahur Sehat Bergizi

Untuk memenuhi kebutuhan tubuh, kita membutuhkan asupan dengan porsi yang cukup. Apalagi di bulan ramadhan dimana kita mengerjakan ibadah puasa. Tentu gizi dan asupan yang dibutuhkan juga lebih banyak. Ini agar tubuh tetap bugar dan sehat meskipun menjalankan puasa seharian. Nah, untuk membuat puasa lebih semangat maka sangat penting memikirkan menu untuk sahur yang sehat. Dan juga membangunkan selera sahur yang biasanya terasa berat karena mata masih mengantuk.

Menu Sahur Sehat Jadi Rahasia Untuk Menggugah Selera Sahur

Menu sahur yang sehat dibutuhkan tubuh untuk menjaga imun selama mengerjakan ibadah puasa. Puasa ini memungkinkan kita untuk makan lebih sedikit dibandingkan ketika tidak puasa. Sehingga pastikan bahwa menu yang disiapkan saat sahur adalah menu sehat. Dan juga bisa membangunkan selera untuk makan di waktu sahur. Biasanya dengan kondisi masih mengantuk membuat orang tidak berselera untuk makan. Ini bisa membuat tubuh jadi lemas saat mengerjakan puasa.

Menu Sahur Yang Menggugah Selera Anda

Menu untuk sahur yang sehat adalah memenuhi asupan yang dibutuhkan. Jadi yang harus disiapkan adalah menu sayur-sayuran, lauk yang mengandung protein, dan juga jangan lupa minum susu. Sobat cahaya islam bisa juga menambahkan buah sebagai menu penutup. Namun saat memakannya juga harus dalam porsi yang cukup. Jangan sampai sahur justru membuat kita merasa kekenyangan. Ini malah akan membuat badan terasa kurang enak nantinya saat berpuasa.

Untuk menggugah selera saat sahur, bisa gunakan menu makan yang kering. Seperti ayam goreng, ikan goreng dan kemudian diikuti dengan menu sayur. Untuk menu sayur bisa disajikan dalam jenis masakan apa saja. Yang terpenting membuat selera makan bisa meningkat saat melihat makanan tersaji di meja makan. Sehingga bersemangat untuk sahur dan menjalankan puasa dengan baik.

Puasa Wajib Hukumnya Bagi Umat Muslim, Mari Kerjakan Dengan Semangat

Menu Sahur Untuk Mengerjakan Ibadah Puasa Yang Sehat

Puasa merupakan ibadah wajib untuk semua umat muslim. Itu sebabnya, di bulan ramadhan yang penuh berkah ini kita harus bersemangat untuk mengerjakan ibadah puasa. Dan juga ibadah yang lainnya yang sama halnya tidak boleh ditinggalkan. Untuk membuat puasa lebih bersemangat, memikirkan menu sahur yang sehat sangatlah penting. Agar kebutuhan gizi bisa terpenuhi dengan baik untuk membantu menjaga imun tubuh.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa,(1)

Menu sahur – Mengerjakan puasa sebagaimana kewajiban bagi umat muslim juga didukung dengan menu sehat yang kita konsumsi. Jadi, buat menu yang menggugah selera sahur dan juga mengandung asupan gizi yang diperlukan tubuh kita. Semoga ibadah puasa kita di bulan ramadhan ini berkah dan juga lebih semangat ya sobat cahaya islam.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Al-Baqarah Ayat 183

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY