Sherina Munaf Tampak Sederhana dalam Pernikahannya, Sesuai dengan Anjuran Islam

0
106

Sherina Munaf – Hari ini publik dikejutkan dengan kabar pernikahan penyanyi sekaligus aktris, Sherina Munaf dengan Baskara Mahendra, Selasa 3 November 2020. Pasangan tersebut memposting video yang memperlihatkan cincin pernikahan.

Dalam postingan instagram milik @sherinasinna banyak kalangan artis yang memberi ucapan selamat atas pernikahannya. Salah satunya Maudy Ayunda. “Congrats sher!!,” tulisnya dalam kolom komentar.

Sementara Baskara Mahendra hanya memberikan caption foto emotikon cincin diunggahan instagram pribadinya. Meski jarang mengumbar kemesraan, pasangan ini akhirnya berhasil menikah diam-diam. Sherina juga terlihat mengenakan gaun pernikahan yang sederhana. Jauh dari kesan mewah atau glamour.

Sobat Cahaya Islam, menikah adalah ibadah yang disunnahkan Nabi Saw. Dalam Islam alangkah baiknya pernikahan dilakukan dengan mahar yang mudah dan resepsi pernikahan yang sederhana.

Pesta pernikahan dilakukan dengan tidak memaksakan kemampuan. Karena pernikahan adalah ibadaha untuk dunia dan akhirat dengan mencari ridha dari Allah SWT. Berikut ini adalah hadist mengenai pernikahan yang sederhana.

Sherina Munaf Menikah dengan Sederhana, Ternyata Islam Menganjurkan Kesederhanaan

Menikah dengan mahar yang sesuai dengan kampuan akan memberikan kebahagiaan bagi sebuah pasangan. Tidak hanya di dunia tetapi juga di akhirat, baik kaya maupun miskin.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

ﺧَﻴْـﺮُ ﺍﻟﻨِّﻜَـﺎﺡِ ﺃَﻳْﺴَـﺮُﻩُ

‘Sebaik-baik pernikahan ialah yang paling mudah.’ (HR. Abu Dawud, Al-Irwaa’ (VI/345).

Pernikahan juga harus dipercepat agar terhindar dari fitnah berzinah, sebagaimana tercantuk dalam hadist berikut ini:

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

ﺇِﺫَﺍ ﺧَﻄَﺐَ ﺇِﻟَﻴْﻜُﻢْ ﻣَﻦْ ﺗَﺮْﺿَﻮْﻥَ ﺩِﻳْﻨَﻪُ ﻭَﺧُﻠُﻘَﻪُ ﻓَﺰَﻭِّﺟُﻮْﻩُ، ﺇِﻻَّ ﺗَﻔْﻌَﻠُﻮﺍ ﺗَﻜُﻦْ ﻓِﺘْﻨَﺔٌ ﻓِﻲ ﺍﻟْﺄَﺭْﺽِ ﻭَﻓَﺴَﺎﺩٌ ﻋَﺮِﻳْﺾٌ

“Apabila seseorang yang kalian ridhai agama dan akhlaknya datang kepada kalian untuk meminang wanita kalian, maka hendaknya kalian menikahkan orang tersebut dengan wanita kalian. Bila kalian tidak melakukannya niscaya akan terjadi fitnah di bumi dan kerusakan yang besar.” (HR. At-Tirmidzi no. 1084, Ash-Shahihah no. 1022).

Syarat Pesta Pernikahan Menurut Islam

Pesta pernikahan dalam Islam tidak hanya sekedar pesta untuk hura-hura. Melainkan bentuk rasa syukur kepada Allah dan bukti pernikahan yang sah kepada masyarakat agar terhindar dari fitnah perzinahan.

Untuk itu pesta pernikahan dalam islam memiliki beberapa syariat, diantaranya ada 5 yakni:

1. Meluruskan Niat Agar Selamat

Melaksanakan pesta pernikahan harus didasari dengan niat yang baik dan meminta ridha dari Allah SWT. Dengan cara mengikuti sunnah Rasulullah SAW.

Sehingga pengorbanan untuk melakukan pesta pernikahan akan digantikan dengan pahal yang luar biasa dari Allah SWT. Sebaliknya jika diniatkan dengan hura-hura maka termasuk dalam ketegori pamer, dan perbuatan tersebut adalah perbuatan dosa.

2. Menyajikan Hidangan Sesuai Kemampuan

Rasulullah SAW mengimbau umatnya agar melaksanakan pesta pernikahan dengan sederhana dan tidak memaksakan agar tidak terjerat dengan hutang. Karena poin pentingnya bisa menyajikan apa yang perlu dihidangkan untuk tamu, bukan untuk hal yang dibesar-besarkan.

3. Mengundang Tanpa Melihat Golongan Kaya Atau Miskin

Dalam hadist Rasulullah menyatakan bahwa pernikahan harus diumumkan agar terhindar dari fitnah. Pengumuman ini bisa dilakukan dengan cara mengundang orang-orang terdekat, tetangga, atau pun yang berada di sekitar kita tanpa melihat golongan kaya ata miskin.

4. Tidak Dilakukan Secara Berlebihan

Islam tidak menganjurkan umatnya untuk melakukan pesta pernikahan di luar kemampuannya. Justru Islam mengimbau umatnya untuk melakukan pesta pernikahan yang sederhana sesuai dengan kemampuan kita.

Meski banyak ditemui acara pernikahan yang mewah, namun sebagai umat muslim yang baik hal tersebut harus dihindari. Sebab memamerkan kemewahan ialah bentuk mengkufuri nikmat Allah SWT.

5. Pisahkan Tamu Laki-laki dan Perempuan

Sebagai seorang muslim sudah menjadi kewajiban menjauhkan yang bukan muhrimnya. Sehingga disarankan untuk memisahkan kursi tamu laki-laki dan perempuan agar terhindar dari perbuatan dosa.

Sobat Cahaya Islam demikianlah syarat pesta pernikahan menurut Islam. Meski pernikahan Sherina Munaf dan Baskara Mahendra tampak sederhana, namun hal itu sangat dianjurkan dalam Islam. Semoga pernikahan keduanya diberikan kebahagiaan di dunia dan akhirat.

 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY