Adil dalam Poligami, Mungkin Gak Sih?

0
56
Adil dalam Poligami Mungkin Gak Sih

Adil dalam Poligami – Islam memang memperbolehkan poligami. Namun, berpoligami membutuhkan keadilan. Inilah yang membuatnya berat. Dalam praktiknya, banyak laki-laki yang berpoligami. Lalu, apakah mereka yang berpoligami benar-benar bisa berbuat adil? Atau memang seorang laki-laki tidak akan bisa berbuat adil jika memiliki lebih dari satu istri?

Kebolehan Poligami dalam Islam

Secara gamblang, Allah memperbolehkan laki-laki untuk berpoligami. Hal ini berdasarkan ayat Al-Qur’an:

فَانْكِحُوا مَا طَابَ لَكُمْ مِنَ النِّسَاءِ مَثْنَىٰ وَثُلَاثَ وَرُبَاعَ ۖ

“Maka nikahilah Wanita-wanita (lain) yang kamu senangi: dua, tiga, atau empat.” (1)

Ayat ini menjadi dasar dalil bolehnya berpoligami bagi seorang laki-laki. Pasalnya, ada laki-laki yang memang tidak dapat menahan syahwatnya ketika istrinya sedang haid. Itulah kenapa Islam memperbolehkan laki-laki untuk beristri lebih dari satu.

Namun, bukan berarti seorang lelaki bebas menikahi Wanita dengan jumlah berapapun. Islam membuat ketentuan dengan membatasi seorang laki-laki hanya boleh menikahi paling banyak empat Wanita.

Cukup Satu Istri Jika Tidak Bisa Adil

Meski beristri lebih dari satu hukumnya boleh dalam Islam, namun jika sekirangan seorang laki-laki tidak dapat berlaku adil terhadap lebih dari satu istri, maka sebaiknya hanya menikahi satu Wanita saja. Sebagaimana lanjutan dari ayat di atas:

فَإِنْ خِفْتُمْ أَلَّا تَعْدِلُوا فَوَاحِدَةً

“Dan jika kamu takut tidak akan dapat berlaku adil, maka (nikahilah) satu saja.” (1)

Jadi, kebolehan berpoligami tidak serta-merta membuka pintu selebar-lebarnya bagi laki-laki untuk menikahi lebih dari satu Wanita. Pasalnya, poligami hanya boleh untuk laki-laki yang dapat berbuat adil. Oleh karena itu, satu istri umumnya lebih baik karena dapat mengurangi potensi ketidak-adilan dalam memberikan hak-hak istri.

Mungkinkah Bisa Adil dalam Poligami?

Pertanyaannya, apakah seorang laki-laki bisa adil terhadap istri-istrinya jika memang ia memutuskan untuk menikahi lebih dari satu Wanita? Untuk menjawab pertanyaan ini, kita perlu memperhatikan ayat Al-Qur’an di bawah ini:

وَلَنْ تَسْتَطِيعُوا أَنْ تَعْدِلُوا بَيْنَ النِّسَاءِ وَلَوْ حَرَصْتُمْ

“Dan kamu sekali-kali tidak akan dapat berlaku adil di antara istri-istri(mu), walaupun kamu sangat ingin berbuat demikian.” (2)

Poligami menuntut seorang laki-laki untuk adil dalam memberi nafkah lahir dan batin seperti makanan, pakaian, dan jatah bermalam. Maka, seorang laki-laki yang berpoligami harus berlaku seadil-adilnya dalam perkara-perkara tersebut terhadap istri-istrinya.

Namun, seseorang pasti tetap memiliki kecenderungan hati. Pasalnya, manusia tidak mampu membuat kecenderungan hatinya sama. Jadi, wajar jika seorang laki-laki yang berpoligami tetap lebih mencintai salah satu istrinya. Meski begitu, ia tetap wajib berlaku adil dalam memenuhi kebutuhan harta dan biologis istri-istrinya. Wallahu a’lam.


Referensi:

(1) Q.S. An-Nisa’ Ayat 3

(2) Q.S. An-Nisa’ Ayat 129

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY