Seorang Polwan Selamatkan Pencuri Dari Amukan Warga, Begini Seharusnya Sikap Aparat Negara Dalam Pandangan Islam

0
84
Seorang Polwan Selamatkan Pencuri 1

Seorang polwan selamatkan – Beberapa waktu lalu sebuah video memperlihatkan seorang pria yang tertangkap warga karena diduga mencuri. Dalam video tersebut juga pelaku tampak tidak mengenakan baju, dan dipegangi oleh beberapa orang. Situasi di tempat hampir saja tidak terbendung, namun kemudian datang seorang polwan yang meredam situasi dan mengamankan pria tersebut dari amukan warga.

Seorang Polwan Selamatkan Pencuri 2

Kejadian ini terjadi di Ekasapta, Larantuka, Flores Timur. Dalam kasus ini, tentu saja apa yang dilakukan oleh polwan tersebut merupakan aksi yang terpuji. Terlebih bagaimanapun, kita tidak boleh main hakim sendiri bahkan terhadap orang yang sudah jelas berbuat kriminal. Dalam islam pun telah diajarkan untuk kaum muslimin senantiasa berbuat baik.

Seorang Polwan Selamatkan Pencuri Dari Amukan, Begini Seharusnya Sikap Aparat Negara Dalam Islam

Seorang Polwan Selamatkan Pencuri 1

Seorang polwan selamatkan pencuri dari amukan warga. Aksinya menjadi viral karena adanya video yang tersebar di sosial media. Namun tindakan yang dilakukan oleh polwan tersebut tentunya sudah tepat. Karena dalam islam sendiri tidak dibenarkan melakukan tindakan main hakim sendiri. Islam menjunjung tinggi keadilan. Ini tertuang dalam ayat Al Quran.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُونُوا قَوَّامِينَ لِلَّهِ شُهَدَاءَ بِالْقِسْطِ ۖ وَلَا يَجْرِمَنَّكُمْ شَنَآنُ قَوْمٍ عَلَىٰ أَلَّا تَعْدِلُوا ۚ اعْدِلُوا هُوَ أَقْرَبُ لِلتَّقْوَىٰ ۖ وَاتَّقُوا اللَّهَ ۚ إِنَّ اللَّهَ خَبِيرٌ بِمَا تَعْمَلُونَ

Hai orang-orang yang beriman hendaklah kamu jadi orang-orang yang selalu menegakkan (kebenaran) karena Allah, menjadi saksi dengan adil. Dan janganlah sekali-kali kebencianmu terhadap sesuatu kaum, mendorong kamu untuk berlaku tidak adil. Berlaku adillah, karena adil itu lebih dekat kepada takwa. Dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.

Ayat ini menggambarkan bagaimana islam sangat menegakkan keadilan. Itu artinya, sebagai seorang muslim juga harus mencerminkan sikap seorang muslim. Tindakan yang dilakukan polwan untuk menyelamatkan seorang pencuri dari amukan warga menjadi contoh bagaimana keadilan ditegakkan. Hal ini karena main hakim sendiri bukan merupakan ajaran islam yang sesuai ya sobat CahayaIslam.

Lalu bagaimana sih seharusnya sikap aparat negara menurut pandangan islam?

Bersikap Adil

Salah satu sikap yang harus aparat negara miliki adalah adil. Sikap adil bukan hanya sebagai salah satu bentuk sikap untuk mencerminkan ajaran islam saja. Namun dalam penerapan kehidupan sehari-hari, keadilan adalah hal yang mestinya dijunjung tinggi. Tidak memandang siapapun, statusnya, jabatannya apa, keadilan berhak semua orang dapatkan tentu saja.

Mengayomi

Sikap mengayomi juga seharusnya ditanamkan dalam diri setiap aparat negara. Hal ini agar adanya empati dan simpati terhadap masyarakat. Bukan justru melakukan tindakan kekerasan misalnya, aniaya atau perilaku tidak terpuji lainnya. Dengan mengayomi, aparat negara seperti polisi akan dapat merangkul dan memberikan pelayanan yang baik terhadap masyarakat.

Bersikap Jujur

Selain adil, kejujuran juga sangat penting. Apalagi sebagai aparat negara yang memiliki tugas untuk menegakkan hukum yang adil di Indonesia. Dengan bersikap jujur, maka keadilan juga dapat dengan mudah terwujud.

Seorang polwan selamatkan – pencuri yang hendak mendapat amukan warga. Ini menjadi contoh bahwa aparat negara juga bertugas untuk melindungi masyarakat dan tidak main hakim sendiri.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Al-Ma’idah Ayat 8

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY