Alas Roban Terkenal Keangkerannya, Islam Ajarkan Doa Ini Ketika Melewati Tempat Angker

0
32

Alas Roban – Dinamakan Alas Roban dikarenakan diambil dari bahasa Jawa yang berarti hutan Roban. Nama tersebut diambil karena pada saat jalan itu dibangun dibuat oleh Gubernur Jendral Hindia Belanda, Herman Willem Daendels pada tahun 1808, dia harus membelah hutan belantara. Hutan belantara tersebut bernama Alas Roban. Banyak yang takut ketika melewati tempat ini ketika malam hari. Hal itu dikarenakan adanya mahluk-mahluk yang tak kasat mata sering mengganggu pengendara.

Sobat cahaya islam, islam mengajarkan kita untuk takut hanya kepada Allah dan tidak kepada selain-Nya. hal itu dikarenakan kita yang diciptakan dari tanah lebih mulia daripada jin dan setan yang terbuat dari api. Selain itu, kita juga mempunyai akal dan hati, dua hal yang tidak dimiliki oleh jin, setan, dan iblis.

Alas Roban Terkenal Angker, Islam Ajarkan Untuk Baca Doa Ini

Keangkeran Alas Roban membuat orang-orang yang berkendara menjadi ciut nyalinya. Bagaimana tidak? Setiap ada yang melewati tempat tersebut selalu ada saja gangguan mistis seperti warung gaib, pecel lele gaib, dan masih banyak lagi. Selain itu, jin-jin yang mengganggu juga beraneka rupa seperti kuntilanak, hantu ibu penjaga warung, dan lain sebagainya.

Tradisi dari masyarakat Jawa ketika melewati tempat angker adalah selalu mengucapkan permisi kepada jin yang ada di tempat tersebut dengan mengucapkan,”nyuwun sewu, Mbah…” atau “amit,Mbah…”. Padahal, tradisi itu tidak pernah diajarkan dalam islam. Rasulullah justru mengajarkan agar kita memohon pertolongan kepada Allah saat melewati tempat yang angker.

Salah satu doa yang dapat dibaca ketika kita melewati tempat angker adalah sebagai berikut:

 

يَااَرْضَ رَبِّيْ وَرَبُّكَ اللهُ اَعُوْذُبِااللهِ مِنْ شَرِّكَ وَمِنْ شَرِّمَافِيْكَ وَشَرِّمَا خُلِقَ فِيْكَ وَشَرِّمَايَدُبُّ عَلَيْكَ اَعُوْذُبِكَ مِنْ اَسَدٍ وَاَسْوَدَ مِنَ الْحَيَّةِوَالْعَقْرَبِ وَمِنْ سَاكِنِ الْبَلَدِ وَمِنْ وَالَدٍوَمَا وَلَدٍ

Artinya:”Hai bumi Tuhanku, Tuhanmu adalah Allah, aku berlindung kepada Allah dari keburukanmu, dari keburukan yang terdapat padamu, dari keburukan segala sesuatu yang diciptakan padamu, dari keburukan makhluk yang merayap padamu, dan aku berlindung kepadamu dari kebuasan singa, ular hitam, kalajengking dan penduduknya yang jahat dari kalangan makhluk jin dan keturunannya.”

Lalu bagaimana jika jin tersebut bandel dan tidak mau pergi?. Tetaplah tenang dan jangan merasa takut. Hal itu dikarenakan jika kita merasa takut, jin dan setan menjadi lebih kuat daripada sebelumnya. Sehingga mampu menggoda kita dan membuat kita merasa was-was. Yakinlah dan tetap tenang, karena pertolongan Allah itu pasti datang. Setelah itu, jin tersebut pasti akan pergi dengan sendirinya.

Adapun alasan mengapa kita tidak boleh takut kepada jin, setan, dan iblis dikarenakan kita lebih mulia daripada mereka. Selain itu, Allah menciptakan manusia dan jin dengan tujuan untuk beribadah kepada-Nya. jadi, tidak ada alasan untuk kita merasa takut kepada jin dan bangsanya.

Ada dua hal yang harus dilakukan untuk mencegah jin mendekat pada keluarga kita, yaitu:

  1. Menahan anak-anak didalam rumah
  2. Menutup pintu sambil mengucapkan basmalah
  3. Banyak berzikir
  4. Menutup wadah minuman dan makanan dengan mengucapkan basmalah
  5. Tidak melepas hewan ternak pada saat magrib

Selain gangguan jin yang bersifat fisik seperti menakuti manusia, ada juga gangguan non fisik yaitu:

  1. Gangguan Perilaku

Ketika terkena gangguan jin, maka akan terjadi perubahan perilaku pada seseorang ke arah yang negative secara perlahan-lahan.

  1. Gangguan Psikis

Orang yang terkena gangguan jin biasanya selalu merasa was-was, cemas, takut, gelisah, dan tidak nyaman terhadap dirinya sendiri.

  1. Gangguan Cara Berpikir

Biasanya jin akan mempengaruhi pikiran seseorang sehingga dia seingkali merasa kacau karena pikirannya sendiri.

  1. Gangguan Keyakinan

Jenis gangguan ini adalah yang paling berbahaya dikarenakan menjauhkan kita dari ketaatan terhadap perintah Allah serta menyesatkan manusia secara perlahan-lahan.

Itulah doa yang dapat kita baca ketika melewati tempat angker. Alas roban bukanlah tempat angker satu-satunya. Semoga kita tidak takut lagi ketika melewati tempat-tempat yang seperti itu. Dikarenakan tuhan kita sama, yaitu Allah sang Maha pencipta segalanya.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!