Seorang Paman Ikat Keponakan Karena Curi Kerupuk, Tahukah? Ini Sikap Seorang Muslim Hadapi Anak Jika Berbuat Salah

0
152
Seorang Paman Ikat Keponakan 3

Seorang paman ikat – Seorang pria ditetapkan sebagai tersangka karena mengikat keponakannya sendiri di pohon yang berlumpur. Video bocah yang diikat di pohon hingga menangis ini sempat viral. Kabarnya hal tersebut dilakukan karena pelaku merasa kesal terhadap bocah tersebut. Sang keponakan ini diketahui mencuri dan memakan kerupuk di warungnya.

Seorang Paman Ikat Keponakan 1

Meskipun dikatakan bahwa bocah tersebut mencuri kerupuk, namun mengikatnya dipohon hingga menangis juga bukan tindakan yang dibenarkan ya sobat CahayaIslam. Ini bisa menjadi salah satu bentuk kekerasan terhadap anak tentu saja. Akibat perbuatan tersebut, sang paman juga kemudian ditangkap dengan dikenakan pasal pelindungan anak.

Seorang Paman Ikat Keponakan Karena Curi Kerupuk, Ini Sikap Seorang Muslim Hadapi Anak Jika Berbuat Salah

Seorang Paman Ikat Keponakan 2

Seorang paman ikat bocah dipohon yang belumpur hingga menangis. Video tersebut bahkan sempat viral di sosial media. Tentu saja ini menuai banyak komentar karna dinilai jahat dan merupakan tindak kekerasan terhadap anak. Tahukah sobat CahayaIslam, bahwasanya dalam islam sendiri kaum muslimin dianjurkan untuk bersikap baik kepada anak-anak ataupun keluarga.

Sesungguhnya Allah menyuruh (kamu) berlaku adil dan berbuat kebajikan, memberi kepada kaum kerabat, dan Allah melarang dari perbuatan keji, kemungkaran dan permusuhan. Dia memberi pengajaran kepadamu agar kamu dapat mengambil pelajaran.

Dalam ayat ini tercermin bagaimana Allah memerintahkan kaum muslimin untuk berbuat baik kepada kerabat sendiri. Begitu pula seperti dalam kasus ini, sebagai seorang paman tentu seharusnya bersikap baik terhadap keponakannya. Dan tindakan seperti mengikat bocah ke pohon tidaklah dibenarkan, bahkan ini tidak mencerminkan sikap seorang muslim.

Lalu bagaimana seharusnya sikap seorang muslim menghadapi anak-anak yang berbuat salah?

Menasehati Dengan Cara Yang Baik

Seorang Paman Ikat Keponakan 3

Sebagai seorang muslim, menghadapi anak yang berbuat salah alangkah lebih baik jika dengan menasehatinya. Nasehat yang disampaikan tentu saja juga harus dengan cara yang baik. Jangan sampai menasehati justru menyakiti hati orang lain atau bahkan menggunakan sikap kasar. Terlebih lagi islam selalu mengajarkan kita untuk berbuat baik terhadap anak-anak.

Berikan Pengertian Dengan Ucapan Yang Lembut

Anak-anak harus diperlakukan dengan lembut, sehingga jika anak berbuat salah sebaiknya diberikan pengertian. Sebagai seorang muslim yang mana diajarkan untuk menjaga lisan, gunakan kata-kata yang baik dan lembut saat berbicara kepada anak-anak. Ini agar anak juga bisa lebih mengerti dan juga tidak takut untuk mengakui kesalahannya.

Berikan Hukuman Namun Bukan Kekerasan

Jika anak-anak sudah dinasehati dan diberikan pengertian, namun belum juga menyadari kesalahannya. Maka tidak ada salahnya memberikan sanksi atau hukuman. Namun tentu saja bukan dengan berbuat kekerasan ya sobat CahayaIslam. Ada banyak cara untuk memberikan pelajaran kepada anak agar lain kali tidak mengulangi kesalahannya.

Seorang paman ikat – keponakannya dipohon yang berlumpur hingga menangis. Ini adalah bentuk kekerasan yang dilakukan kepada anak. Tentu saja bertentangan juga dengan ajaran islam lho. Maka dari itu sobat CahayaIslam, pentingnya bagaimana kaum muslimin harus bersikap untuk menghadapi anak yang berbuat salah. Tanpa melakukan kekerasan dan menyakiti perasaan anak itu tentunya.


Catatan Kaki:

(1) – Surat An-Nahl Ayat 90

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY