Herry Wirawan Antisosial di Lingkungan Pesantren, Bagaimana Menurut Pendapat Islam?

0
431
Herry Wirawan Antisosial 2

Herry Wirawan antisosial – Herry Wirawan yang mana merupakan terdakwa untuk kasus pemerkosaan 13 santriwati dinilai antisosial. Hal ini diketahui ketika adanya pemeriksaan terhadap ssakdi ketua RT di lingkungan sekitar pesantren. Warga sekitar bahkan mengaku tidak mengetahui adanya yayasan pesantren dan juga kegiatan keagamaan yang dijalankan oleh Herry ini.

Herry Wirawan Antisosial 1

Antisosial biasanya sebutan yang ditujukan untuk golongan orang yang enggan bersosialisasi dengan warga lainnya. Sementara Herry ini juga dikenal begitu tertutup sehingga menimbulkan kecurigaan. Sampai akhirnya terungkap kasus yang cukup mengejutkan karena korban pemerkosaan pria ini beberapa sampai hamil dan melahirkan. Bagaimana pandangan islam tentang sikap antisosial ini?

Herry Wirawan Antisosial di Lingkungan Pesantren, Begini Pandangan Islam Tentang Sikap Antisosial

Herry Wirawan Antisosial 2

Herry Wirawan beberapa waktu lalu diamankan karena menjadi tersangka dari kasus pemerkosaan terhadap 13 santri di pesantrennya. Pria yang terlibat kasus pemerkosaan ternyata dikenal antisosial. Selain itu kegiatan yang terjadi di yayasan tersebut juga begitu tertutup karena tidak ada komunikasi dengan warga sekitar. Dalam islam sendiri, manusia bukankah sejatinya harus menjalin silaturahmi baik dengan sesama?

dan orang-orang yang menghubungkan apa-apa yang Allah perintahkan supaya dihubungkan, dan mereka takut kepada Tuhannya dan takut kepada hisab yang buruk.

Ayat ini menjelaskan tentang silaturahmi, dimana Allah memerintahkan kaum muslimin untuk menjalin hubungan baik dengan sesama. Itu artinya, silaturahmi adalah suatu hal yang penting juga lho sobat CahayaIslam dalam kehidupan kita ini. Lalu bagaimana sikap antisosial menurut pandangan islam sendiri?

Antisosial Jauh Dari Hubungan Silaturahmi

Tahukah sobat CahayaIslam, bahwasanya bersikap antisosial bisa menjauhkan dari hubungan silaturahmi dengan sesama lho. Apalagi antisosial adalah sikap dimana seseorang enggan atau tidak mau berinteraksi dengan orang lain. Padahal dalam ajaran islam sendiri, kita dianjurkan untuk menjalin silaturahmi dengan baik namun tetap dalam batasan yang sesuai syariat islam.

Manusia Hakekatnya Saling Tolong Menolong

Jika manusia saja hakekatnya adalah saling membantu, itu berarti penting adanya hubungan baik dengan sesama. Sehingga jika antisosial ini membatasi diri untuk bersosial atau membantu orang lain. Tentu saja ini tidak sesuai dengan ajaran islam. Apalagi sebagai makhluk sosial terkadang kita juga membutuhkan bantuan orang lain lho.

Menjalin Silaturahmi Bagian Dari Ajaran Islam

Dalam bergaul dengan sesama atau orang lain, memang perlu adanya batasan agar tidak terjerumus pada perbuatan maksiat. Apalagi sampai mendekati zina. Namun bukan berarti menjauhkan diri dari kegiatan bersosial dengan orang lain. Terlebih lagi menjalin silaturahmi adalah perintah Allah SWT. Dalam ayat Al Quran bahkan disebutkan mengenai orang yang memutus tali silaturahmi sama halnya berbuat kerusakan.

Herry Wirawan antisosial – dan dikenal tertutup. Dalam pandangan islam sendiri, kaum muslimin dianjurkan untuk menjalin silaturahmi dengan baik terhadap sesama. Itu artinya, sikap antisosial yang membuat seseorang tidak mau berkomunikasi dengan orang lain tentu saja tidak sesuai dengan ajaran islam itu sendiri. Jadi sobat CahayaIslam, yuk jalin silaturahmi dengan baik.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Ar’Ra’d Ayat 21

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY