Aniaya ODGJ Dengan Alasan Kesal, Tahukah? Ini Alasan Kenapa Dilarang Menganiaya ODGJ Menurut Islam

0
329
Aniaya ODGJ Dengan Alasan Kesal 1

Aniaya ODGJ – Empat pemuda diamankan karena diketahui melakukan penganiayaan terhadap ODGJ. Mereka pun juga mengakui perbuatan bahwasanya telah menganiaya korban hingga mengalami luka yang serius. Para pemuda ini memberikan keterangan dimana mereka ingin membantu korban, namun karena keterangan yang berubah-ubah dan membuat kesal. Mereka memutuskan membawa korban ke pantai Glagah dan menganiayanya.

Aniaya ODGJ Dengan Alasan Kesal 2

Tindakan penganiayaan tentu saja tidak dibenarkan, apalagi jelas-jelas korbannya adalah orang dengan gangguan jiwa. Bukan hanya bertentangan dengan hukum yang berlaku, namun juga hukum dalam islam. Dalam islam, kita harusnya mengetahui cara memperlakukan orang lain dengan baik. Lalu bagaimana pandangan islam mengenai hal ini? Yuk simak penjelasannya sobat CahayaIslam.

Aniaya ODGJ Dengan Alasan Kesal, Ini Alasan Kenapa Dilarang Menganiaya ODGJ Menurut Islam

Aniaya ODGJ Dengan Alasan Kesal 1

Aniaya ODGJ dengan alasan merasa kesal tentunya bukan tindakan yang terpuji. Sebagai manusia yang memiliki etika dan moral, melakukan tindakan kekerasan apapun terhadap oranglain tidaklah benar. Islam sendiri mengajarkan kaum muslimin untuk bersikap baik. Bahkan dengan orang yang berlaku tidak baik sekalipun terhadap kita. Seperti yang tercermin dalam ayat Al Quran.

Katakanlah: “Hai hamba-hamba-Ku yang beriman. bertakwalah kepada Tuhanmu”. Orang-orang yang berbuat baik di dunia ini memperoleh kebaikan. Dan bumi Allah itu adalah luas. Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah Yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas.

Ayat ini mengajarkan kita sebagai kaum muslimin harus dapat berbuat baik kepada sesama. Dan barangsiapa yang berbuat baik, maka ia juga akan mendapatkan kebaikan sebagai balasannya. Dalam hal ini, itu berarti memperlakukan orang dengan gangguan jiwa dengan perlakuan yang baik juga ajaran islam lho sobat CahayaIslam. Ini beberapa alasan kenapa kita perlu memperlakukan orang gangguan jiwa sekalipun dengan baik.

Perintah Allah SWT

Salah satu alasan kenapa harus memperlakukan orang lain termasuk ODGJ dengan baik adalah karena ini merupakan perintah Allah SWT. Ini juga ajaran islam yang diharapkan bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari kaum muslimin. Dan lagi sebagai muslim, kita harus mentaati apa yang Allah perintahkan dan menjauhi apa yang menjadi larangan-Nya.

ODGJ Juga Manusia Seperti Yang Lainnya

Meskipun seseorang mengalami gangguan jiwa, bukan berarti ia tidak berhak mendapatkan perlakuan yang baik. Mungkin orang-orang seperti ini hanya membutuhkan penanganan khusus agar bisa sembuh dan hidup dengan normal kembali. Namun meskipun kita tahu bahwa ODGJ tidak memiliki akal sehat yang baik seperti orang-orang normal. Bukan berarti boleh menganiaya ya sobat CahayaIslam.

Bentuk Perbuatan Baik

Tahukah sobat CahayaIslam? bahwasanya memperlakukan orang lain dengan tidak baik itu sama halnya tidak berbuat baik. Padahal islam selalu mengajarkan kaum muslimin untuk berbuat kebaikan. Bukan hanya dalam hal beribadah, bersedekah namun juga bagaimana bersikap baik dengan sesama. Ini akan menjadi pahala juga lho untuk sobat CahayaIslam.

Aniaya ODGJ – diakui oleh empat pemuda karena merasa kesal. Ini adalah contoh yang tidak baik ya sobat CahayaIslam. Bagaimanapun orang-orang yang menderita gangguan jiwa juga manusia biasa. Sehingga tidak boleh membedakan mana yang harus diperlakukan dengan baik dan yang tidak. Jangan sampai ini menjadi perbuatan zalim kepada sesama ya.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Az-Zumar Ayat 10

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY