Seniman Tino Sidin Jadi Google Doodle Hari Ini, Tahukah? Ini Seni Yang Tidak Diperbolehkan Dalam Islam!

0
40
Seniman Tino Sidin Jadi Google Doodle

Seniman Tino Sidin – Pada halaman pencarian google hari ini tampak berbeda. Ini karena pada tampilan google noodle memasang tema mengenang Tino Sidin. Tino merupakan seorang seniman gambar yang populer di stasiun TV pada era 1980-an, tepatnya pada tanggal 25 November 1925. Sosok Tino ini berasal dari Tebing Tinggi, Sumatera Utara. Kariernya sebagai seorang guru gambar pun melesat di kota pelajar, Yogyakarta. Dan untuk pertama kalinya mengajar anak-anak untuk menggambar di Galeri Seni Sono.

Seniman Tino Sidin Jadi Google Doodle

Seniman merupakan sosok yang memiliki kemampuan dalam bidang tertentu, lebih tepatnya mengekspresikan sesuatu dalam bentuk yang khas. Seni itu sendiri juga sangat beragam. Mulai dari melukis, seni sastra, menulis dan lain sebagainya. Namun tahukah sobat CahayaIslam, bahwasanya meskipun seni adalah suatu bentuk kreatifitas manusia. Tetap saja harus berpegang pada prinsip islam. Jangan sampai kesenian menyimpang dari syariat islam.

Seniman Tino Sidin Jadi Google Doodle Hari Ini, Ini Lho Seni Yang Cenderung Dilarang Dalam Islam

Seniman Tino Sidin Jadi Google Doodle dan Begini Seni Dalam Islam

Seniman Tino Sidin dikenal sebagai seorang guru gambar yang cukup populer pada masanya. Sehingga membawa namanya dalam daftar seniman Indonesia yang hebat. Seniman itu sendiri juga ada dalam ajaran islam lho sobat CahayaIslam. Ini terbukti adanya berbagai seni yang merujuk pada ajaran islam. Seperti seni membaca Al Quran, seni kaligrafi, seni sastra dan seni lainnya yang diperbolehkan dalam islam. Lalu adakah seni yang cenderung dilarang dalam islam?

Dalam membuat sebuah karya seni, prinsip islam merupakan yang utama untuk diperhatikan. Apalagi sebagai seorang muslim, agama merupakan pedoman dalam hidup. Dan tentu saja dalam melakukan berbagai hal. Itu sebabnya, kaum muslimin perlu tahu bahwa beberapa seni cenderung dilarang oleh islam.

Seni Rupa Menyerupai Manusia

Seniman Tino Sidin Jadi Google Doodle dan Seni Yang Dilarang Islam

Seni rupa merupakan seni yang mana menggunakan media yang bisa ditangkap mata dan juga dirasakan. Seni rupa ini diperbolehkan asalkan bukan sesuatu yang mengarah pada kemaksiatan atau ingkar kepada Allah SWT. Sementara seni rupa yang dilarang oleh islam adalah menggambar manusia, terlebih jika itu bisa menimbulkan syahwat.

Seni Musik atau Menyanyi

Seni yang cenderung dilarang oleh agama islam adalah musik atau nyanyian. Namun hukum menyanyi itu sendiri terdapat perbedaan pendapat dari beberapa ulama. Dan terdapat pendapat bahwa menyanyi ini diharamkan, dengan alasan yang tercermin dalam ayat Al Quran ini.

وَمِنَ النَّاسِ مَنْ يَشْتَرِي لَهْوَ الْحَدِيثِ لِيُضِلَّ عَنْ سَبِيلِ اللَّهِ بِغَيْرِ عِلْمٍ وَيَتَّخِذَهَا هُزُوًا ۚ أُولَٰئِكَ لَهُمْ عَذَابٌ مُهِينٌ

Dan di antara manusia (ada) orang yang mempergunakan perkataan yang tidak berguna untuk menyesatkan (manusia) dari jalan Allah tanpa pengetahuan dan menjadikan jalan Allah itu olok-olokan. Mereka itu akan memperoleh azab yang menghinakan.

Seni Tarian

Seni tarian juga cenderung dilarang karena menampilkan gerakan tubuh yang diiringi dengan irama musik. Dalam tarian lebih banyak mempertontonkan aurat, dan juga ditujukan untuk memuja sesuatu yang sifatnya ritual syirik.

Seni Patung

Seni patung ini merupakan salah satu bentuk seni rupa yang berwujud tiga dimensi. Biasanya dibuat dengan memahat, cetakan ataupun modeling. Ini tidak diperbolehkan karena sama saja meniru ciptaan Allah SWT.

Seniman Tino Sidin – menjadi tampilan di google doodle hari ini sebagai bentuk mengenang sosoknya. Sementara kesenian itu sendirinya hukumnya diperbolehkan dalam islam, namun tentu saja selama tidak mengarah pada kemaksiatan. Demikianlah beberapa seni yang cenderung dilarang dalam islam yang perlu juga diketahui.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Luqman Ayat 6

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY