Alasan Sikap Toleransi Diperlukan Dalam Kehidupan, Begini Menurut Pandangan Islam!

0
372
Alasan Sikap Toleransi Diperlukan dan Begini Pandangan Islam

Alasan sikap toleransi – Toleransi adalah sikap menghormati atau menghargai adanya perbedaan. Sehingga kehidupan bisa berjalan beriringan, meskipun menyimpan beragam budaya, agama dan perbedaan. Sikap toleransi bukan hanya diperlukan untuk kehidupan sehari-hari saja, namun juga dalam aspek kehidupan berbangsa dan bernegara dan juga aspek kehidupan beragama. Itu sebabnya, islam pun mengajarkan kaum muslimin untuk memiliki sikap toleransi. Dan tidak membedakan siapapun dalam berbuat baik tentunya.

Alasan Sikap Toleransi Diperlukan Dalam Hidup

Sobat CahayaIslam, perbedaan merupakan hal yang biasa terjadi apalagi dalam kehidupan ini. Banyaknya suku, adat budaya, agama dan perbedaan lainnya menunjukkan bahwa kita harus bisa menjalani kehidupan dengan perbedaan tersebut. Itu sebabnya, toleransi juga termasuk sikap muslim yang dianjurkan untuk dimiliki oleh setiap muslim. Ada beberapa alasan lho kenapa sikap toleransi ini diperlukan. Mau tau bagaimana menurut pandangan islam?

Alasan Sikap Toleransi Diperlukan Dalam Kehidupan, Begini Menurut Pandangan Islam

Alasan Sikap Toleransi Diperlukan dan Begini Pandangan Islam

Alasan sikap toleransi diperlukan dalam kehidupan, tentu saja dengan dasar-dasar tertentu. Namun sebelum itu, kita juga harus tahu batasan toleransi yang ditetapkan oleh agama islam. Dalam sebuah ayat juga dikatakan bahwasanya Allah tidak melarang kita berbuat baik dan menolong orang lain. Baik kepada sesama muslim atau saudara non muslim. Namun dalam hal agama, kita hanya diperbolehkan menghormati agama lain dengan membiarkan orang lain menjalani agama dan ibadahnya. Bukan turut serta didalamnya.

وَإِنْ كَذَّبُوكَ فَقُلْ لِي عَمَلِي وَلَكُمْ عَمَلُكُمْ ۖ أَنْتُمْ بَرِيئُونَ مِمَّا أَعْمَلُ وَأَنَا بَرِيءٌ مِمَّا تَعْمَلُونَ

Jika mereka mendustakan kamu, maka katakanlah: “Bagiku pekerjaanku dan bagimu pekerjaanmu. Kamu berlepas diri terhadap apa yang aku kerjakan dan akupun berlepas diri terhadap apa yang kamu kerjakan”.(1)

لَنَا أَعْمَالُنَا وَلَكُمْ أَعْمَالُكُمْ سَلَامٌ

Bagi kami amal-amal kami dan bagimu amal-amalmu,

Ini artinya, sikap toleransi dalam beragama juga memiliki batasan yang perlu diperhatikan oleh kaum muslimin. Namun tahukah apa alasan perlunya sikap toleransi dalam kehidupan?(2)

Adanya Perbedaan Dalam Kehidupan

Alasan perlunya sikap toleransi tidak lain karena adanya perbedaan. Dalam kehidupan, kita akan menemukan banyak perbedaan. Sehingga sikap toleransi inilah yang akan membawa kita pada persatuan dan hubungan baik dengan orang lain. Meskipun nyata adanya perbedaan antara golongan yang satu dengan yang lain. Dengan memiliki toleransi, maka kita bisa tetap menjalin persaudaraan dengan siapapun walaupun memiliki perbedaan budaya, suku dan agama sekalipun.

Islam Mengajarkan Untuk Saling Menghormati

Alasan Sikap Toleransi Diperlukan dan Ini Pandangan Dalam Islam

Sikap toleransi diperlukan dalam kehidupan karena merupakan suatu cerminan dari sikap saling menghormati. Dan dalam islam, kaum muslimin diajarkan untuk saling menghormati. Dengan menerapkan sikap saling menghormati, maka akan tercipta hubungan yang harmonis. Ini karena tidak ada yang melewati batas untuk menghargai keyakinan orang lain. Sehingga kita sebagai muslim bisa hidup berdampingan dengan kaum non muslim dengan hubungan yang baik.

Alasan sikap toleransi – Dalam kehidupan, sikap ini sangat diperlukan untuk menciptakan kehidupan yang harmonis. Sekaligus bisa tercipta persatuan dan menghindari perpecahan. Maka dari itu sobat CahayaIslam, sikap toleransi perlu diterapkan dalam kehidupan. Dengan harapan kita bisa saling menghargai.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Yunus Ayat 41

(2) – Surat Al-Qasas Ayat 55

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY