Selain Friends Reunion, Persahabatan dalam Islam juga Keren

0
37
friends reunion

Friends Reunion – Beberapa hari yang lalu, film Friends Reunion sempat menjadi trending karena  mempertemukan para pemain friends tempo dulu. Momen bertemu dengan para sahabat tentu merupakan momen yang paling ditunggu – tunggu apalagi jika dipertemukan dalam film yang sama.

Sobat Cahaya Islam, kisah persahabatan dalam film Friends Reunion patut diteladani. Sebab, hal itu menunjukkan bahwa apapun masalah yang sedang dihadapi sahabat harus tetap berpegangan tangan. Inilah pesan sederhana yang ingin disampaikan dalam film tersebut.

Bagaimana Makna Persahabatan dalam Islam?

friends reunion

Sobat Cahaya islam, perlu diketahui bahwa Islam sangat menghargai persahabatan. Bahkan Rasulullah SAW telah memberikan contoh teladan dalam pemaknaana sahabat. Masih ingatkah kisah persahabatan antara Kaum Muhajirin dan Anshar?

Di momen itu, tidak hanya sekedar bersahabat namun Rasulullah SAW juga mempersaudarakan mereka. Layaknya seorang saudara, maka kaum Muhajirin pun memberikan segala harta bahkan nyawa sekalipun bagi kaum Anshar.

Dalam Islam, sahabat bukanlah seseorang yang selalu hadir dan membela sahabat lainnya bahkan saat diri sedang melakukan kesalahan. Namun, sahabat adalah orang yang dengan senantiasa menasehati bahkan dengan berani menegur temannya bila sedang berbuat kesalahan.

Hal yang utama, persahabatan haruslah dilandasi dengan ikatan aqidah. Dengan demikian, bersama siapapun umat bertemu, asalkan aqidahnya sama maka seharusnya saling bersahabat. Namun fenomena demikian, tampaknya tak banyak ditemui di era sekarang.

Justru yang terjadi adalah hal sebaliknya. Ummat seakan bersahabat hanya dengan orang yang dianggap selevel atau bahkan dipertemukan dengan satu jamaah semata. Namun bila tidak selevel dan sejamaah maka ummat akan berseteru. Jelas hal ini sangat tidak dibolehkan dalam Islam. Sebab persatuan adalah hal yang harusnya diutamakan ketimbang preferensi ummat secara personal.

Maka dari itu, amalan ummat kepada sahabatnya yang hanya dilandasi atas dasar perasaan semata tidak memiliki peluang untuk diterima. Sebab perasaan bisa jadi berubah – ubah atau bahkan bahkan tidak melibatkan Allah SWT sama sekali.

 Sehingga, bersahabat pun harus dilandasi dengan iman untuk meminimalisir terjadinya pertengkaran dalam masalah. Kalaupun ada masalah, pastilah antar sahabat ini bisa menyelesaikan dengan kepala dingin. Hal ini sesuai dengan apa yang Allah SWT sampaikan dalam firmanNya yakni :

وَاصْبِرْ نَفْسَكَ مَعَ الَّذِينَ يَدْعُونَ رَبَّهُمْ بِالْغَدَاةِ وَالْعَشِيِّ يُرِيدُونَ وَجْهَهُ

“Dan bersabarlah kamu bersama-sama dengan orang-orang yang menyeru Tuhannya di pagi dan senja hari dengan mengharap wajah-Nya.”  (QS. Al-Kahfi: 28)

Mengapa Persahabatan dalam Friends Reunion Memiliki Peranan Penting Bagi Ummat?

Manusia merupakan ciptaan Allah SWT yang juga membutuhkan sosialisasi. Hal inilah yang melandasi urgensitas dari adanya sebuah persahabatan. Selain itu, ummat juga dapat mencurahkan segala isi hati dan mencari ketenangan melalui sahabat yang dimiliki. Bahkan didalam Islam, ummat yang dipersatukan dalam persahabatan jauh lebih penting walaupun latar belakang ummat berbeda – beda.

Bagaimana Menjaga Persahabatan Langgeng Dunia Akhirat?

friends reunion

Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan agar persahabatan ummat dapat bersahabat langgeng sampai dunia akhirat. Salah satunya yakni dengan senantiasa mengingatkan sang sahabat jika berbuat kesalahan alias kemaksiatan itu sendiri. Selain itu, ummat juga perlu saling mengajarkan Islam untuk meningkatkan persaudaraan.

Nah Sobat Cahaya Islam, itulah ulasan mengenai pandangan Islam terhadap pesan dari film Friends Reunion. Semoga ke depan ummat lebih berhati – hati lagi dalam memilih sahabat dunia akhirat agar dapat saling memberikan syafaat. Aamiin Yarobbal’alamin.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY