Sebelum Back to School Anak-anak Juga Harus Mengenyam Parenting Islam!

0
55
Back to School

Back to School – Media sosial ramai dengan twibbon Back to School, sebagai bentuk antusiasme memasuki hari pertama sekolah.

Setelah sekaian lama pembelajaran di rumah, pemerintah memberikan izin kembali agar para siswa untuk belajar di Sekolah. Masa orientasi, penerimaan siswa baru dan semangat siswi yang kembali ke sekolah menyemarakan tagar dan twibbon Back to School.

Tapi, sebagai orangtua muslim yang baik sudahkah Sobat Cahaya Islam menerapkan parenting islam untuk anak di rumah? Jika belum, simak terlebih dahulu penjelasan mengenai parenting islam di bawah ini

Parenting Islam

Parenting sebenarnya memiliki beberapa cabang. Sebagai muslim sekaligus orangtua yang baik, Sobat Cahaya Islam perlu mengetahui tentang parenting islam ini untuk diaplikasikan pada kehidupan sehari-hari bersama keluarga.

Back to School

Parenting islam bertujuan untuk menerapkan nilai-nilai islam kepada anak sejak dini. Agar anak bisa berperilaku sebagaimana yang telah dijelaskan dan diharuskan dalam Al-Qur’an atau diriwayatkan dalam hadits.

“Perhatikanlah anak-anak kalian untuk melaksanakan salat ketika mereka berumur 7 tahun. Jika mereka telah berumur 10 tahun, namun mereka enggan, pukullah mereka.” (HR. Abu Daud, no. 495; Ahmad, 2: 180)

Pola asuh yang harus diterapkan oleh orangtua sesuai dengan tuntunan Al-Qur’an dan Nabi Muhammad, yakni meliputi;

1.      Kewajiban dan Tanggung Jawab Orangtua

Sebelum memberikan pendidikan terhadap anak, orangtua juga perlu mengetahui kewajiban dan tanggung jawab apa saja yang perlu diberikan kepada anak. Seperti nama yang baik, memberi ASI, pendidikan dan lainnya.

2.      Mendidik dan Merawat Menggunakan Pendidikan Islam

Islam memang agama uang sempurna. Pembahasan dari hal-hal kecil sampai cara mendidik anak pun sudah dijelaskan. Mendidik anak dengan pendidikan islam bertujuan untuk membangun pondasi yang kuat ketika tumbuh dewasa nanti.

Sesuai firman Allah;

“Jagalah dirimu dan keluargamu dari api neraka”

(QS. At-Tahrim: 6)

3.      Memberikan Pendidikan Intelektual

Back to School

Islam tidak hanya memerhatikan anak untuk belajar agama, tapi juga mengharuskan orangtua memberikan pendidikan intelektual pada anak. Mengikuti sekolah formal dan mengikuti pembelajaran diluar pembahasan agama.

Anak akan tumbuh menjadi cerdas dalam bidang agama dan juga pengetahuan umum. Islam memang menyeimbangkan antara dunia dan akhirat, kehidupan seperti ini juga sesuai dengan dalil Al-Qur’an.

4.      Melindungi Anak

Tidak hanya memberikan pendidikan, orangtua juga harus memberikan perlindungan serta rasa nyaman kepada anak. Usahakan untuk selalu memantau keadaan fisik dan psikologi anak.

5.      Memberi Nafkah

Memberi nafkah pasti tidak luput ketika Sobat Cahaya Islam menjadi orangtua. Memberikan nafkah keluarga sangat berpengaruh pada keutuhan serta kelangsungan rumah tangga dan tumbuh kembang anak.

Untuk itu sebagai orang tua yang baik harus bisa memberikan nafkah dengan cukup. Sesuai sabda nabi yang diriwayatkan Ibnu Majah.

“Telah menceritakan kepada kami [Hisyam bin Ammar] berkata, telah menceritakan kepada kami [Isma’il bin ‘Ayyasy] dari [Bahir bin Sa’d] dari [Khalid bin Ma’dan] dari [Al Miqdam bin Ma’dikarib Az Zubaidi] dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, beliau bersabda: “Tidak ada yang lebih baik dari usaha seorang laki-laki kecuali dari hasil tangannya sendiri. Dan apa-apa yang diinfakkan oleh seorang laki-laki kepada diri, isteri, anak dan pembantunya adalah sedekah.”

(HR. Ibnu Majah no. 2129)

6.      Memberi Kasih Sayang

Hal yang seharusnya menjadi perhatian utama adalah memberikan kasih sayang kepada anak. Tentu ini sangat berpengaruh pada perkembangaan anak.

Orangtua yang memberikan cukup kasih sayang akan membuat anak merasa nyaman dan merasa dicintai. Sedangkan anak yang kurang kasih sayang, lebih tampak murung juga tidak merasa bahagia.

Penerapan parenting islam ini penting bagi anak-anak sebelum back to school atau kembali ke sekolah. Sikap orangtua juga didikan orangtua bisa dilihat dari perilaku anak ketika bersosialisasi dengan sekitarnya.

Itulah informasi seputar parenting islam yang perlu diterapkan sebelum back to school oleh orangtua muslim, khususnya Sobat Cahaya Islam. Anak-anak akan berbaur bersama pendidikan dasarnya dari rumah.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY