Ribuan Cacing Tanah Keluar dari Tanah, Tanda Apa?

0
150
cacing tanah

Cacing Tanah – Di Solo dikabarkan ada fenomena misterius yakni keluarnya ribuan cacing tanah dari dalam tanah. Cacing tersebut menjadi fenomena yang menggemparkan masyarakat pasalnya hal ini dianggap sebagai sebuah pertanda akan terjadinya musibah atau bencana.

Banyak orang berspekulasi bahwa kemunculan ribuan cacing ini adalah disebabkan karena penyemprotan desinfektan sehingga tanah menjadi tercemar. Namun banyak juga yang berspekulasi jika fenomena ini adalah pertanda bahwa akan terjadi gempa besar.

cacing tanah

Fenomena ini lantas ditanggapi oleh sejumlah ahli, melalui laman resmi dari Lembaga Ilmu Pengetahuan, Indonesia (LIPI), Geolog Eko Yulianto mengungkapkan jika kemunculan cacing tanah tidak bisa diabaikan.

Ada sebuah catatan sebelumnya kasus keluarnya ribuan cacing tanah di Bantul dan kemudian terjadi gempa di Pangandaran. Padahal beberapa ahli dari ITB mengatakan jika tidak mungkin terjadi gempa disana dan kenyataannya terjadi gempa.

Cacing Tanah bisa menjadi pertanda Gempa

Banyak orang yang merasa heran dengan kemunculan ribuan cacing. Seolah cacing-cacing tersebut merasakan ada sesuatu yang salah di dalam tanah. Kita mungkin jika melihatnya secara langsung juga akan merasa takut atau geli karena cacing yang keluar sangatlah banyak.

cacing tanah

Jika memang sebelumnya pernah terjadi fenomena yang sama dan ternyata terjadi gempa, tentu kita harus lebih waspada. Namun meskipun demikian, kita jangan lantas merasa panik dan takut secara berlebihan karena masih dibutuhkan pembnuktian dan penelitian lebih lanjut untuk memastikan apa yang sebenarnya terjadi di dalam tanah sehingga menyebabkan cacing-cacing ini keluar dari dalam tanah.

Sobat cahaya Islam, cacing merupakan salah satu ciptaan Allah yang juga dianugerahi dengan kemampuan dan insting untuk meraqsakan hal-hal tertentu. Hewan memang terkadang lebih peka dapi pada manusia untuk membaca sebuah pertanda yang mungkin saja akan terjadi.

Allah telah berfirman:

“Langit yang tujuh, bumi dan semua yang ada di dalamnya bertasbih kepada Allah. Dan tak ada suatu pun melainkan bertasbih dengan memuji-Nya, akan tetapi kamu sekalian tidak mengerti tasbih mereka.”(QS. Al-Israa’: 44)

cacing tanah

Setiap makhluk hidup yang Allah ciptakan semuanya bertasbih kepada Allah. Hewan juga apabila akan ada bencana biasanya akan menunjukkan perilaku yang tidak biasa. Selain fenomena cacing keluar dari dalam tanah secara masal, banyak juga fenomena lain yang mungkin saja bisa menjadi pertanda akan terjadi suatu bencana. Namun kita kembalikan lagi semuanya kepada Allahg karena apapun yang terjadi adalah atas kehendak Allah.

Indonesia merupakan negara yang rawan bencana seperti gempa bumi sehingga kita harus selalu waspada. Hal yang terpenting yang harus kita lakukan sebagai umat yang beriman adalah selalu berusaha memohon perlindungan kepada Allah dan selalu tingkatkan ketaqwaan. Dengan demikian, Inshaallah akan selalu ada pertolongan dari Allah.

Seobat cahaya Islam, kita memiliki keterbatasan untuk mengetahui apa yang Allah rencanakan. Setelah kemunculan ribuan cacing tanah ini setiap muslim bisa mencoba merenung bahwa makhluk hidup yang ada di dunia ini bukan hanya manusia saja sehingga kita harus saling menjaga.

Bisa saja cacing tanah keluar dari dalam tanah karena adanya kerusakan lingkungan seperti tercemarnya tanah atau memang pertanda akan terjadinya bencana. Apapun yang akan terjadi nanti masih menjadi rahasia Allah. Tugas kita dalah berkusnuzon dan memohon ampun kepada Allah agar terhindar dari marabahaya.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!