4 Arti Mimpi Gempa Bumi Menurut Islam, Sobat Pernah Alami?

0
5816
mimpi gempa bumi

Mimpi Gempa Bumi – Mengalami mimpi gempa bumi tentu sangat menyeramkan. Kita tidak ingin bencana buruk itu terjadi, walau hanya dalam mimpi. Namun, bagaimana penjelasan mimpi gempa bumi menurut Islam sebenarnya? Apa arti dari mimpi tersebut?

Gempa bumi sendiri saat ini sudah sering terjadi, bahkan sudah banyak menelan korban jiwa. Sebelumnya hampir setiap hari ada pristiwa itu hingga membuat banyak orang berpikir apa yang sedang terjadi pada bumi ini?

Jika mimpi gempa bumi itu menghampiri kita, tentu kita akan berpikir buruk tentang mimpi itu sendiri. Terkadang kita takut akan mimpi itu, takut jika mimpi itu menjadi kenyataan. Namun, pemikiran itu mungkin dihilangkan dengan adanya pikiran kalau mimpi itu hanya bunga tidur.

Apa yang terjadi di Bumi adalah kehendak Allah, seperti yang tercantum pada Al-Quran:

مَآ أَصَابَ مِن مُّصِيبَةٍ فِى ٱلْأَرْضِ وَلَا فِىٓ أَنفُسِكُمْ إِلَّا فِى كِتَٰبٍ مِّن قَبْلِ أَن نَّبْرَأَهَآ ۚ إِنَّ ذَٰلِكَ عَلَى ٱللَّهِ يَسِيرٌ

Artinya: “Tiada suatu bencanapun yang menimpa di bumi dan (tidak pula) pada dirimu sendiri melainkan telah tertulis dalam kitab (Lauhul Mahfuzh) sebelum Kami menciptakannya. Sesungguhnya yang demikian itu adalah mudah bagi Allah.” (QS. Al-Hadid:22)

Meskipun begitu sebaiknya kita mengetahui apa arti sebenarnya dari mimpi tersebut. Kita sebagai orang Islam harus mengetahui hal itu agar tidak terjadi pemikiran yang keluar dari ajaran agama kita.

Arti Mimpi Gempa Bumi Menurut Islam

1.      Pertanda Akan Terjadi Hal Besar

Salah satu arti mimpi gempa bumi menurut Islam bisa jadi pertanda akan terjadi hal besar yang akan mengubah kehidupan manusia. Entah itu dari segi kebijakan pemerintahan atau hal lainnya.

2.      Peringatan dari Allah

Arti mimpi gempa bumi ini juga bisa bertanda adanya peringatan dari Allah. Bisa jadi ada perlakuan kita yang salah dan merugikan orang lain, untuk itu kita perlu memperbaikinya.

mimpi gempa bumi

Kita sebagai seorang manusia harus memikirkan tentang sifat dan perlakuan kita, kita harus mengubah sifat kita menjadi lebih baik lagi. Adanya peringatan ini tentu diharapkan bisa menyadarkan kita akan perlakuan buruk itu.

Dalam potongan ayat Al-Quran menjelaskan tentang peringatan yang diberikan oleh Allah:

وَمَا نُرْسِلُ بِالْآيَاتِ إِلَّا تَخْوِيفًا

Artinya: “Dan tidaklah Kami memberi tanda-tanda itu melainkan untuk menakut-nakuti.” (QS. Al-Isra: 59)

3.      Tanda Konsekunsi dari Perlakuan Kita

Bisa jadi mimpi gempa bumi ini sebagai tanda kalau kita sudah melakukan hal buruk yang merugikan orang lain. Adanya mimpi ini harus membuat kita sadar akan perlakuan buruk tersebut.

Mimpi ini sama saja suatu perintah dari Allah agar kita meminta maaf kepada orang yang mungkin telah dirugikan akan perlakuan kita. Sebagai manusia kita kadang tidak sadar akan hal itu. Oleh karenanya, kita harus mengevaluasi diri untuk mengetahui kesalahannya.

4.      Pertanda Dalam Mencari Hikmah

Orang yang mengalami mimpi gempa bumi bisa jadi sedang dalam proses perubahan dan pencarian hikmah dalam hidupnya. Hal inilah yang membuat mimpi gempa bumi memberikan simbol kalau dirinya sedang berusaha menjadi orang yang lebih baik lagi.

mimpi gempa bumi

Untuk Sobat yang sedang berusaha berubah dan mendapatkan mimpi seperti ini, itu hanyalah tanda kalau Sobat masih terus berusaha. Ketika Sobat tidak menyerah untuk berjuang menjadi yang terbaik.

Arti mimpi tersebut hanyalah sebuah perkiraan. Tidak ada yang benar-benar pasti karena hanya Allah yang mengetahui segalanya. Kita sebagai manusia hanya perlu mengambil sisi baik dari apa yang terjadi, jangan sampai melewati batasan.

Hanya Allah yang mengetahui segalanya yang terjadi pada dunia ini. Kita sebagai manusia hanya mengusahakan yang terbaik untuk kehidupan ini. Untuk Sobat Cahaya Islam yang mengalami mimpi itu, tidak perlu khawatir lagi akan nyatanya mimpi tersebut. Kita hanya perlu mengevaluasi diri saja.

Kita bisa membuat arti mimpi gempa bumi menurut Islam ini menjadi pandangan, tetapi jangan sampai mempercayainya melebihi ketentuan Allah. 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY