Santri Kuningan Belajar Mengolah Sampah, Ini Manfaatnya Menurut Islam

0
64
Santri Kuningan 2

Santri Kuningan – Sampah adalah salah satu pemicu adanya pencemaran lingkungan. Bahkan bencana seperti banjir juga di sebabkan oleh sampah. Banyak cara yang bisa kita lakukan dan masih belum juga bisa mengatasi permasalahan sampah ini. Namun di sebuah Pondok Pesantren Az-Zakaria yang ada di Kuningan, memiliki cara untuk mengolah sampah. Terutama sampah yang organik. Santri di Ponpes Kuningan ini menggunakan maggot untuk bisa mengurangi sampah organik yang menjadi limbah rumah tangga.

Santri Kuningan 1

Dengan memanfaatkan lahan yang ada di Pondok Pesanten ini, para santri mulai belajar untuk membudidayakan maggot sebagai cara mengolah sampah. Selain bermanfaat untuk mengurangi sampah organik, ini juga bisa untuk pakan ternah atau di jual. Harganya pun bisa mencapai 60 atau 80 ribu. Dalam islam, menjaga kelestarian lingkungan juga salah satu yang di anjurkan. Sehingga seorang muslim sudah seharusnya menjaga kebersihan dan lingkungan.

Santri Kuningan Belajar Mengolah Sampah, Ini Beberapa Manfaatnya Menurut Islam

Santri Kuningan 2

Santri Kuningan belajar mengolah sampah dengan budidaya maggot. Bukan hanya mengurangi sampah organik, ini juga bisa berguna untuk pakan ternak dan juga untuk dijual. Tahukah sobat CahayaIslam, bahwasanya agama islam juga mengajarkan bagaimana seorang muslim harus bisa menjaga lingkungan. Dan Allah juga melarang manusia untuk berbuat kerusakan atau merusak lingkungan. Itu artinya mengolah sampah juga bisa menjadi salah satu bentuk untuk tidak berbuat kerusakan.

ظَهَرَ الْفَسَادُ فِي الْبَرِّ وَالْبَحْرِ بِمَا كَسَبَتْ أَيْدِي النَّاسِ لِيُذِيقَهُمْ بَعْضَ الَّذِي عَمِلُوا لَعَلَّهُمْ يَرْجِعُونَ

nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusi, supay Allah merasakan kepada mereka sebahagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar).

Dalam ayat ini telah ditegaskan bahwa ajaran islam melarang untuk kaum muslimin berbuat kerusakan. Karena segala bencana yang terjadi di bumi ini tidak lain adalah karena ulah tangan manusia. Seperti halnya dengan banjir, yang biasanya disebabkan manusia tidak menjaga kebersihan dan membuang sampah sembarangan.

Lalu apa saja manfaat mengolah sampah menurut pandangan islam?

Mengamalkan Ajaran Islam Menjaga Lingkungan

Santri Kuningan 3

Salah satu manfaat dari mengolah sampah menjadi budidaya maggot adalah salah satu bentuk mengamalkan ajaran islam. Islam sendiri menganjurkan kaum muslimin untuk menjaga lingkungan dan tidak berbuat kerusakan. Maka cara mengolah sampah ini bisa menjaga cerminan sikap menjaga lingkungan. Dan lagi bisa menjadi pahala bagi kita karena menjadikannya sebagai sesuatu yang bermanfaat lho sobat CahayaIslam.

Menghindari Resiko Bencana Alam

Sampah menjadi salah satu penyebab terjadinya bencana alam, seperti banjir. Dengan mengolah sampah menjadi sesuatu yang bermanfaat, ini bisa mengurangi pencemaran lingkungan. Dan tentu saja ini akan menghindari resiko terjadinya bencana seperti banjir. Semakin banyak mengurangi pencemaran sampah di lingkungan, maka akan meminimalisir bencana atau kerusakan alam yang disebabkan oleh sampah.

Kebersihan Terjaga

Kebersihan adalah salah satu yang disukai oleh Allah SWT. Dengan cara mengolah sampah, ini artinya kita juga sedang menjaga kebersihan. Dengan begitu, Allah juga akan semakin mencintai kita karena menjaga kebersihan dan lingkungan ya sobat CahayaIslam.

Santri Kuningan – mengolah sampah menjadi budidaya maggot. Ini salah satu untuk mengatasi pencemaran sampah di lingkungan. Dan tentu saja tindakan ini banyak manfaatnya menurut pandangan islam.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Ar-Rum Ayat 41

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY