Kapan Lebaran 2020? Ketahui 5 Amalan Rasulullah Saat Idul Fitri

0
84

Kapan Lebaran 2020 – Sudah 28 hari kita berpuasa Ramadhan. Itu artinya lebaran tinggal 2 hari lagi. Sebelum tahu pasti kapan lebaran 2020 akan jatuh hari apa, sobat Cahaya Islam harus menunggu hasil pengumuman dari sidang Isbat .

Kapan Lebaran 2020?

Sidang Isbat akan menentukan kapan lebaran 2020 akan jatuh. Sambil menunggu hasil sidang isbat yang sedianya akan digelar pada hari Jumat tanggal 22 Mei 2020. Diperkirakan idul fitri 2020 jatuh pada hari Ahad, 24 Mei 2020. Apakah Sobat Cahaya Islam sudah tahu amalan rasulullah setiap lebaran? Perlu sobat ketahui mengenai 5 amalan yang dilakukan Rasulullah ketika hari idul fitri tiba.

5 Amalan Rasulullah di Hari Lebaran

Sebagai umatnya Rasulullah, sangat dianjurkan bagi kita untuk mengikuti apa yang pernah dicontohkan beliau semasa beliau hidup di dunia. Seoerti halnya amalan yang dilakukan oleh Rasulullah di hari lebaran atau idul fitri.

1. Melantunkan Takbir

Malan pertama yang Rasulullah amalkan yaitu melantunkan takbir di hari raya idul fitri. Takbir dilantukan mulai dari saat matahari terbenam di malam idul fitri sampai sholat ied. Sunnah hukumnya melantunkan takbir di kondisi apapun seperti di keramaian atau setelah ibadah shalat wajib. Sobat Cahaya Islam bisa melantunkan takbir dalam berbagai posisi; duduk, berdiri, dan berjalan.

2. Mandi dan Berpakaian Bagus Sebelum Sholat Ied

Jika sobat mau pergi melaksanakan sholat ied baik di masjid maupun di lapangan, disunnahkan untuk mandi terlebih dahulu.

Mandi Idul Fitri ada niatnya, yaitu sebagai berikut:

“Nawaitul ghusla sunnatan li ‘idil fithri lillahi ta’ala.”

Artinya, “Saya niat mandi sunah untuk Idul Fitri karena Allah ta’ala.

Untuk waktu pelaksanaan mandi idul fitri dari pertengahan malam idul fitri.

Setelah mandi berhias diri dengan memakai wangi-wangian, bersiwak, dan memakai baju terbaik, tidak harus baru. Sedangkan khusus untuk perempuan, tidak disarankan untuk memakai minyak wangi dan mengenakan baju mewah. Jangan lupa juga untuk memotong kuku.

3. Makan Sebelum Melaksanakan Shalat Ied

Dianjurkan bagi setiap muslim yang hendak berangkat shalat ied untuk sarapan atau makan dulu. Rasulullah dulu juga makan sebelummelaksanakan shalat idul fitri. Dan beliau tidak makan sebelum berangkat sholat idul Adha.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam tidaklah keluar pada hari Idul Fithri (ke tempat shalat, pen.) sampai beliau makan beberapa kurma terlebih dahulu. Beliau memakannya dengan jumlah yang ganjil.” (HR. Bukhari, no. 953)

4. Melewati Jalan Berbeda

Sesuai dengan ajaran Rasulullah dianjurkan untuk melewati jalan yang berbeda antara jalan berangkat dan pulang shalat idul fitri. Ada silang pendapat mengenai alasan Rasululullah melewati jalan yang berbeda saat berangkat dan pulang.

Ada ulama yang berpendapat, Rasulullah melewati jalan berbeda karena ingin bersedekah dengan orang-orang yang ada di kedua jalan tersebut agar merata sedekahnya. Pendapat lainnya adalah Rasulullah ingin mempercepat perjalanan pulang, karena jalan berangkat lebih panjang dari jalan pulang.

Tidak ada riwayat hadis yang menjelaskan secara pasti apa alasan Rasulullah melalui jalan yang berbeda saay berangkat dan pulang ketika shalat ied. Semua ulama sepakat untuk melakukan sunnah dari Baginda Nabi Muhammad SAW.

5. Mengucapkan Selamat

Ketika lebaran Sobat Cahaya Islam bisa saling mengucapkan selmat kepada orang tua, kerabat atau teman. Ucapan selamat idul fitri yaitu “Taqaballahu minna wa minkum”, artinya semoga Allah menerima amalan saya dan kamu”.

Mengenai kapan lebaran 2020 jatuh pada hari apa, kita semua menunggu pengumuman dari Sidang Isbat. Dalam merayakan lebaran 2020, diharapkan untuk mengikuti protokol kesehatan. Sebab wabah Covid-19 belum usai. Dalam kondisi seperti sekarang ini, sobat cahaya islam tidak harus melakukan amalan sunnah di atas.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!