Rihanna Melecehkan Hadist, Ini Hukumnya Melecehkan Hadist Dalam Islam

0
43

Rihanna – Melakukan fashion show dalam rangka mengembangkan usaha bisnisnya di bidang fashion. Rihanna menggunakan lagu yang berisi tentang makna hadist dari Nabi Muhammad SAW. Tindakan Rihanna ini mendapatkan kecaman dari berbagai pihak baik dari pihak muslim maupun non-muslim. Lalu, apa yang bisa kita lakukan sebagai seorang muslim untuk menghadapi orang yang melakukan pelecehan terhadap hadist?

Sobat Cahaya Islam, Islam mengajarkan kepada kita agar berpegang teguh terhadap Al-Quran dan sunnah nabi yaitu hadis-hadis yang sahih, bukan hadis-hadis yang dusta. Mengapa? karena sesudah nabi Muhammad meninggal, pasti banyak terjadi permasalahan yang membuat orang-orang Islam bingung untuk menyelesaikannya.

Selain itu, selepas kepergian nabi banyak perkara-perkara yang solusinya tidak ada di dalam Alquran. Sehingga keberadaan hadis sebagai sebuah solusi merupakan salah satu kebutuhan bagi umat Islam. Lantas, bagaimana hukumnya dalam Islam jika hadis dilecehkan?

Hukum Melecehkan Hadist Dalam Islam Seperti yang Dilakukan Oleh Rihanna

Melecehkan atau menghina hadits sangat dilarang dalam Islam. Mengapa? hal tersebut disebabkan hadis merupakan perkataan dan perbuatan yang dilakukan oleh Rasulullah agar dapat dijadikan rujukan oleh para sahabat nabi maupun generasi seterusnya mengenai perkara-perkara yang tidak dapat mereka temukan di dalam Alquran.

Selain itu, jika seorang non muslim melakukan pelecehan terhadap hadis nabi, itu berarti dia tidak dapat menghargai agama Islam. Meskipun demikian, kita sebagai orang Islam tidak boleh membalasnya sama sekali. Kita seharusnya memaafkannya dan mendoakan agar orang tersebut masuk Islam.

Melecehkan hadits hukumnya adalah haram. Menurut kesepakatan ulama, seseorang yang melakukan pelecehan untuk hadis harus dijatuhi hukuman mati. Mengapa? Karena melakukan pelecehan terhadap hadis sama dengan melakukan penghinaan terhadap nabi Muhammad dan agama Islam. Hukumannya tidak hanya azab dunia, tetapi juga azab di akhirat.

Adapun hukuman ketika seseorang melakukan pelecehan terhadap hadist, diantaranya adalah:

  1. Masuk ke Dalam Neraka

Hal tersebut dikarenakan seseorang yang melakukan pelecehan terhadap hadis akan mendapatkan dosa yang besar titik sehingga dapat menyebabkan dirinya masuk ke dalam api neraka, kecuali jika dia sudah bertobat dengan tobatnya diterima oleh Allah.

Sebagaimana ayat yang berbunyi:

ا تَعْتَذِرُوا قَدْ كَفَرْتُمْ بَعْدَ إِيمَانِكُمْ ۚ إِنْ نَعْفُ عَنْ طَائِفَةٍ مِنْكُمْ نُعَذِّبْ طَائِفَةً بِأَنَّهُمْ كَانُوا مُجْرِمِينَ

Artinya: Dan jika kamu tanyakan kepada mereka (tentang apa yang mereka lakukan itu), tentu mereka akan menjawab:”Sesungguhnya kami hanya bersenda gurau dan bermain-main saja”. Katakanlah:”Apakah dengan Allah, ayat-ayat-Nya dan Rasûl-Nya kamu selalu berolok-olok?”. Tidak usah kamu minta maaf, karena kamu kafir sesudah beriman. Jika Kami mema’afkan segolongan dari kamu (lantaran mereka taubat), niscaya Kami akan mengadzab golongan (yang lain) di sebabkan mereka adalah orang-orang yang selalu berbuat dosa. [At-Taubah/9:66]

  1. Mendapatkan Sakaratul Maut yang Sulit

Sebagaimana layaknya orang yang murtad, seseorang yang melakukan pelecehan terhadap hadis ketika matinya nanti dia akan mendapatkan sakaratul maut yang sulit. Malaikat yang mencabut nyawanya akan terus menyiksanya disebabkan perbuatannya yang melakukan pelecehan terhadap hadis.

  1. Tidak Akan Diberikan Syafaat

Seseorang yang melakukan pelecehan terhadap hadis, dia tidak akan mendapatkan syafaat di hari pengadilan nantinya. Mengapa? Hal tersebut disebabkan dia telah membuat Allah menjadi murka. Selain itu, dia juga tidak bertaubat kepada Allah atas dosa yang dilakukannya tersebut.

  1. Mendapatkan Hinaan Di Dunia

Orang yang melakukan pelecehan terhadap hadis akan mendapatkan hinaan di dunia. Anakan tersebut bisa berupa ejekan atau pandangan negatif dari orang-orang di sekitarnya. Salah satu contohnya, Rihanna yang melakukan pelecehan terhadap hadis. Dia mendapatkan komentar negatif atas apa yang dia lakukan.

Itulah hukum melecehkan hadist dalam Islam seperti yang dilakukan oleh Rihanna. Semoga kita sebagai umat muslim selalu sabar dan tidak meniru apa yang dilakukan oleh Rihanna. Semoga kita dapat menjaga toleransi antar umat beragama. Amiiinn…

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!