Ridwan Kamil Minta Pejabat Pemprov Jabar Turun ke Jalan, Ini Sikap Pemimpin Yang Patut Dicontoh Dalam Islam

0
80
Ridwan Kamil Minta 1

Ridwan Kamil minta – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil memerintahkan pejabat Pemprov mulai dari kepala dinas hingga pegawai eselon III agar turun ke jalan. Tujuannya tentu saja untuk membagikan bantuan kepada warga secara langsung selama PPKM level 4 ini. Ridwan Kamil sendiri juga mengatakan bahwa ia ingin semua pejabat menunjukkan kehadirannya di tengah tengah masyarakat. Sudah seharusnya semua dinas memiliki semangat untuk mengutamakan keselamatan warga.

Ridwan Kamil Minta 2

Di masa pandemi dan perberlakuan PPKM darurat ini memang menjadikan perekonomian semakin menurun. Itu sebabnya, bantuan ini diharapkan bisa membantu roda ekonomi agar terus berjalan. Ridwan Kamil atau yang sering disapa dengan Emil juga berkeliling wilayah Bekasi dengan mengendarai sepeda motor dengan bawaan ratusan paket sembako. Dalam pandangan islam, ini adalah sikap yang mencerminkan seorang muslim lho sobat CahayaIslam.

Ridwan Kamil Minta Pejabat Pemprov Jabar Turun ke Jalan, Begini Sikap Pemimpin Yang Patut Dicontoh Dalam Islam

Ridwan Kamil Minta 1

Ridwan Kamil minta pejabat Pemprov Jabar untuk turun ke jalan dan memberikan bantuan kepada warga atau masyarakat. Ini adalah cara menyemangati sekaligus berempati yang ingin ditunjukkan oleh Gubernur Jawa Barat kepada warganya. Sikap seperti ini tentu saja terpuji dan patut menjadi teladan. Apalagi di masa sulit sekarang ini, dukungan untuk warga sangatlah penting. Maka dari itu, dibutuhkan pemimpin yang peduli dan memperhatikan warga atau masyarakatnya.

Kami telah menjadikan mereka itu sebagai pemimpin-pemimpin yang memberi petunjuk dengan perintah Kami dan telah Kami wahyukan kepada, mereka mengerjakan kebajikan, mendirikan sembahyang, menunaikan zakat, dan hanya kepada Kamilah mereka selalu menyembah,

Dalam ayat ini, dijelaskan bagaimana kriteria atau sikap pemimpin menurut pandangan islam. Dan tentu saja sikap-sikap seperti jiwa yang adil harus dimiliki oleh seorang  pemimpin. Sementara itu, apa yang dilakukan oleh Ridwan Kamil juga mencerminkan sikap pemimpin yang patut untuk dicontoh. Yuk ketahui sikap pemimpin yang patut dicontoh menurut pandangan  islam?

Rendah Hati

Salah satu sikap pemimpin yang  patut dicontoh menurut pandangan islam adalah rendah hati. Ini berarti, seorang pemimpin seharusnya menjauhi sifat sombong. Dengan sikap rendah hati inilah yang nantinya akan melahirkan pemimpin yang lebih bijak dan tentu saja lebih adil. Seperti apa yang tercermin dalam sikap Ridwan Kamil untuk masyarakatnya. Ini menunjukkan bagaimana seorang pemimpin yang rendah hati akan lebih disegani.

Mengayomi Bagi Masyarakatnya

Sikap pemimpin dalam islam yang patut untuk dijadikan teladan adalah mengayomi masyarakat. Seorang pemimpin memiliki kewajiban untuk melindungi dan juga peduli dengan masyarakat atau warganya. Sehingga seorang pemimpin seharusnya bisa mengayomi dan juga memperhatikan warganya dengan baik.

Ridwan Kamil minta – pejabat Pemprov untuk turun ke jalan dan membantu warga secara langsung. Sikap ini merupakan sikap yang terpuji, dan tentu saja sebagai bentuk seorang pemimpin mengayomi warganya. Dan lagi ajaran islam juga menganjurkan untuk seorang pemimpin dapat berlaku adil, rendah hati dan juga mengayomi.


Catatan Kaki:

(1) –

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY