8 Adab Menuntut Ilmu dalam Islam

0
45
Adab menuntut ilmu

Adab Menuntut Ilmu – Menuntut ilmu merupakan kegiatan yang diwajibkan dalam islam. Tidak sembarangan, orang yang menuntut ilmu harus memerhatikan adab menuntut ilmu, supaya ilmu yang dimilki menjadi berkah.

Seperti yang Sobat Cahaya Islam baca di atas, islam memang mewajibkan umatnya untuk terus menuntut ilmu. Ini berdasarkan hadits Rasulullah:

Artinya: “Menuntut ilmu itu wajib bagi setiap Muslim,” (HR Ibnu Majah, dishahihkan Al Albani dalam Shahiih al-Jaami’ish Shaghiir No 3913).

Agar ilmu yang dipelajari bisa bemanfaat dan mendapatkan pahala dari Allah Subhanahu wa ta’ala, Sobat Cahaya Islam perlu memehatikan adab yang disinggung di atas tadi. Lalu, apa saja adab menuntut ilmu dalam islam? Simak penjelasannya berikut ini.

Adab Menuntut Ilmu

Adab sangat dijunjung tinggi. Bahkan Imam Malik menyebutkan “Pelajarilah adab, sebelum mempelajari ilmu.”

Maka sangat penting adab menuntut ilmu diterapkan, berikut ini adabnya.

1.       Meluruskan Niat

Adab menuntut ilmu

Segala sesuatu tegantung niatnya. Agar Sobat Cahaya Islam mendapatkan ilmu yang bermanfaat maka luruskan niat terlebih dahulu. Maksud dari meluruskan niat, ialah niatkan semua ilmu yang akan dipelajari karena Allah Subhanahu wa ta’ala.

Artinya: “Sebuah perbuatan dinilai berdasarkan motivasinya (niyyah), dan tiap orang mendapatkan apa yang diniatkan. Mereka yang hijrah karena Allah dan RasulNya maka Allah SWT dan RasulNya akan membalas orang tersebut, namun mereka yang hijrah karena hal yang bersifat duniawi atau wanita yang akan dinikahi maka dia akan mendapatkan hal tersebut.” (HR Muslim no.1907).

2.       Berdo’a

Adab menuntut ilmu yang kedua, hendaknya kita selalu berdoa seblum memulai sesuatu. Terutama dalam menuntut ilmu. Mintalah kepada Allah agar diberkan kemudahan untuk menyerap dan mengamalkan ilmu. Allah menyampaikan dalam QS.Thaha: 114.

Artinya: “Dan katakanlah:” Ya Rabbku, tambahkanlah kepadaku ilmu pengetahuan”. [Thâhâ/20:114]

3.       Bersungguh-sungguh

Sobat Cahaya Islam harus selalu bersungguh-sungguh dan antusias dalam belajar. Usahakan diri tidak pernah merasa kenyang ketika menuntut ilmu dan selalu memiliki keinginan untuk menambah ilmu pengetahuan.

4.       Menjauhi Perbuatan Maksiat

Perbuatan maksiat bisa membuat konsentrasi menjadi rendah, ilmu sulit masuk, dan membuat otak kesulitan berpikir. Untuk itu, agar mendapatkan ilmu yang berkah dan bermanfaat kita perlu menghindari atau menjauhi perbuatan maksiat.

Jika merasa diri banyak dosa dan seringkali berbuat maksiat, maka bertaubatlah. Memohon ampunan dengan sungguh-sungguh dan usahakan tidak mengulanginya lagi, atas izin Allah dosa terampunin dan menuntut ilmu menjadi lebih mudah.

5.       Rendah Hati

Sikap yang perlu dimiliki seorang penuntut ilmu, selalu bersikap rendah hati. Jangan merasa ilmu sudah banyak dan tinggi lantas menjadikan diri sombong dan tidak mau menuntut ilmu lagi. Sungguh Allah tidak menyukai orang-orang dengan sikap sombong.

6.       Memperhatikan dan Menyimak

 Adab menuntut ilmu

Selama guru atau ustadz menjelaskan di depan kelas, Sobat Cahaya Islam perlu memerhatikan dengan baik. Berkonsentrasilah menyimak setiap apa yang dijelaskan dan sampaikan, agar ilmu bisa diserap dengan mudah.

Jangan bebricara atau mengobrol hal yang tidak penting ketika ustadz sedang menjelaskan. Apalagi sampai membicarakan sesuatu yang tiak ada hubungannya dengan pelajaran. Ini merupakan bagaian dari adab menuntut ilmu yang harus Sobat Cahaya Islam praktikan.

7.       Menghafal

Setelah berhasil mendapatkan ilmu yang disampaikan oleh ustadz, maka sebaiknya kita menghafalkan ilmu tersebut agar mudah diingat. Rasulullah bersaba;

8.       Mengamalkan

Tahap terakhir dari adab-adab menuntut ilmu, kita harus mengamalkan apa yang sudah dipelajari. Disamping itu kita juga harus mendakwahkan ilmu tersebut, agar bemanfaat bagi diri sendiri dan orang lain.

Itulah adab menuntut ilmu yang harus Sobat Cahaya Islam terapkan. Agar iilmu yang dimiliki bisa bemanfaat dan berkah. Wallahu’a’lam.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY