5 Pilar Keluarga Sakinah Menurut Alquran

0
1454
Pilar Keluarga Sakinah

Pilar Keluarga Sakinah – Untuk membangun keluarga yang sakinah, mawadah dan warahmah maka diperlukan beberapa hal penting: kita sebut pilar. Nah, sudah tahu apa saja pilar keluarga sakinah, Sobat?

Sudah menjadi impian dan keinginan kita bersama, memiliki keluarga yang tenteram, jauh dari konflik, sejahtera dan selalu merasa bahagia. Tentu hal ini bukan sesuatu yang mudah, sebab dibutuhkan beberapa penyangga demi bisa mewujudkannya.

Nantinya, penyangga itu pun harus diterapkan bersama-sama oleh kedua belah pihak: suami dan istri. Sebab, jika hanya dilakukan oleh suami saja maka tidak akan bisa berhasil.

5 Pilar Keluarga Sakinah Menurut Alquran

Sobat Cahaya Islam, di bawah ini merupakan pilar rumah tangga yang sakinah dan bisa kita terapkan dengan pasangan masing-masing. Apa saja? Demikian ulasannya!

1.      Saling Memegang Ikatan Janji

Untuk menjaga hubungan rumah tangga agar tetap kokoh, maka komitmen adalah salah satu hal yang terbilang penting. Seperti ikatan janji pernikahan.

Pilar Keluarga Sakinah

Janji suci yang diikrarkan yakni untuk tetap setia apapun keadaannya dan mau menjaga kestabilan hubungan dalam jangka panjang harus bisa dipegang oleh satu sama lain.

Allah SWT berfirman :

وَكَيْفَ تَأْخُذُوْنَهٗ وَقَدْ اَفْضٰى بَعْضُكُمْ اِلٰى بَعْضٍ وَّاَخَذْنَ مِنْكُمْ مِّيْثَاقًا غَلِيْظًا

“Dan bagaimana kamu akan mengambilnya kembali, padahal kamu telah bergaul satu sama lain (sebagai suami-istri). Dan mereka (istri-istrimu) telah mengambil perjanjian yang kuat (ikatan pernikahan) dari kamu.” [Q.S An-Nisa:21]

2.      Saling Mencintai

Pilar yang satu ini juga sangat penting, Sobat! Untuk menjaga hubungan agar senantiasa tentram maka harus kita landasi dengan kasih sayang dan cinta sepenuh hati.

Dengan saling mencintai dan menguatkan maka gelombang yang menerpa perahu keluarga pun bisa dilewati dengan baik. Sehingga penumpangnya pun akan selamat sampai tujuan. MasyaAllah.

3.      Memperlakukan Pasangan dengan Baik

Dengan memperlakukan pasangan secara baik dan penuh kelembutan maka keharmonisan rumah tangga pun akan tercipta.

Kita bisa membiasakan diri untuk senantiasa menghargai dan menghormati pasangan, agar tidak mudah bertengkar.

Sebab, sering kali KDRT (Kekerasan dalam Rumah Tangga) menjadi penyebab robohnya tiang yang menyangga sebuah keluarga.

Dengan berperilaku baik, maka kita bisa memperoleh kebahagiaan karena jauh dari masalah-masalah dalam rumah tangga.

Pilar ini tertuang dalam firman Allah SWT sebagai berikut:

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا لَا يَحِلُّ لَكُمْ اَنْ تَرِثُوا النِّسَاۤءَ كَرْهًا ۗ وَلَا تَعْضُلُوْهُنَّ لِتَذْهَبُوْا بِبَعْضِ مَآ اٰتَيْتُمُوْهُنَّ اِلَّآ اَنْ يَّأْتِيْنَ بِفَاحِشَةٍ مُّبَيِّنَةٍ ۚ وَعَاشِرُوْهُنَّ بِالْمَعْرُوْفِ ۚ فَاِنْ كَرِهْتُمُوْهُنَّ فَعَسٰٓى اَنْ تَكْرَهُوْا شَيْـًٔا وَّيَجْعَلَ اللّٰهُ فِيْهِ خَيْرًا كَثِيْرًا

“Wahai orang-orang yang beriman, tidak halal bagi kamu mewarisi perempuan dengan jalan paksa dan janganlah kamu menyusahkan mereka karena hendak mengambil kembali sebagian dari apa yang telah kamu berikan kepadanya, kecuali apabila mereka melakukan perbuatan keji yang nyata. Dan bergaullah dengan mereka menurut cara yang patut. Jika kamu tidak menyukai mereka, (maka bersabarlah) karena boleh jadi kamu tidak menyukai sesuatu, padahal Allah menjadikan kebaikan yang banyak padanya.” [Q.S An-Nisa: 19]

4.      Selalu Bermusyawarah

Ketika akan memutuskan suatu hal, alangkah baiknya jika bermusyawarah terlebih dahulu. Baik suami maupun istri sama-sama mengutarakan pendapat dari persepsinya masing-masing.

Pilar Keluarga Sakinah

Dengan demikian, tidak ada keputusan yang bisa dijadikan bahan permasalahan di kemudian hari.

Bukan hanya itu, dengan membuat kesepakatan bersama sebelum memutuskan perkara maka akan membuat terasa lebih adil bagi kedua belah pihak.

Dengan demikian, hubungan suami istri akan lebih harmonis karena sama-sama merasa dihargai dan seolah perannya cukup penting dalam pengambilan keputusan.

5.      Rela dengan Pasangan

Rela yang dimaksud adalah kita yang mampu menerima segala kekurangan dan kelebihan dari pasangan.

Sebab, setiap orang pasti memiliki plus dan minus. Sudah menjadi kewajiban kita untuk menerima apa adanya dari diri pasangan.

Pilar ini adalah yang terpenting, karena untuk menyangga pun tidak mudah. Butuh ketulusan dari hati setiap pribadi.

Namun saat kita berhasil mencapainya, maka kebahagiaan dan ketenteraman pun akan kita peroleh. Allah pun menjanjikan surga sebagai imbalannya. MasyaAllah.

Demikian di atas merupakan ulasan mengenai pilar keluarga sakinah menurut Alquran. Semoga bermanfaat!

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY