Ridwan Kamil Bentuk Satgas Untuk Kasus Perundungan, Hati-Hati! Ini Dampak Perundungan Dalam Pandangan Islam

0
343
Ridwan Kamil Bentuk Satgas Untuk Kasus Perundungan 1

Ridwan Kamil bentuk satgas – Perundungan merupakan kasus yang cukup marak terjadi di Indonesia, salah satunya di wilayah Jawa Barat. Sehingga hal ini kemudian menjadi perhatian dari Ridwan Kamil. Beberapa waktu terakhir memang ada banyak kasus perundungan yang berujung dengan penganiayaan hingga pembunuhan. Miris sekali tentu saja melihat fenomena ini.

Ridwan Kamil Bentuk Satgas Untuk Kasus Perundungan 2

Oleh karena itu, kemudian Ridwan Kamil berencana untuk membentuk Satuan Tugas anti perundungan. Ini diharapkan dapat menjadi solusi agar kasus perundungan seperti ini dapat diantisipasi, baik di lingkungan sekolah maupun masyarakat. Selain itu, program ini juga mendapat pengawasan dari Ridwan Kamil langsung, mulai dari advokasi, edukasi dan juga konseling.

Ridwan Kamil Bentuk Satgas, Ini Dampak Perundungan Dalam Pandangan Islam

Ridwan Kamil Bentuk Satgas Untuk Kasus Perundungan 3

Ridwan Kamil bentuk satgas untuk menangani kasus perundungan. Sehingga nantinya tidak semakin banyak perundungan yang di alami oleh siswa siswi di sekolah maupun masyarakat. Dalam islam, perundungan adalah tindakan yang termasuk dalam perbuatan zalim. Alasannya, karena perundungan mengacu pada tindakan bully, menghina, meremehkan dan bahkan lebih parah.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا يَسْخَرْ قَوْمٌ مِنْ قَوْمٍ عَسَىٰ أَنْ يَكُونُوا خَيْرًا مِنْهُمْ وَلَا نِسَاءٌ مِنْ نِسَاءٍ عَسَىٰ أَنْ يَكُنَّ خَيْرًا مِنْهُنَّ ۖ وَلَا تَلْمِزُوا أَنْفُسَكُمْ وَلَا تَنَابَزُوا بِالْأَلْقَابِ ۖ بِئْسَ الِاسْمُ الْفُسُوقُ بَعْدَ الْإِيمَانِ ۚ وَمَنْ لَمْ يَتُبْ فَأُولَٰئِكَ هُمُ الظَّالِمُونَ

Hai orang-orang yang beriman, janganlah sekumpulan orang laki-laki merendahkan kumpulan yang lain, boleh jadi yang ditertawakan itu lebih baik dari mereka. Dan jangan pula sekumpulan perempuan merendahkan kumpulan lainnya, boleh jadi yang direndahkan itu lebih baik. Dan janganlah suka mencela dirimu sendiri dan jangan memanggil dengan gelaran yang mengandung ejekan. Seburuk-buruk panggilan adalah (panggilan) yang buruk sesudah iman dan barangsiapa yang tidak bertobat, maka mereka itulah orang-orang yang zalim.

Ayat ini menggambarkan bagaimana perundungan sangatlah dilarang dalam islam. Ini juga dianggap sebagai perbuatan yang zalim terhadap sesama. Pelakunya akan mendapatkan dosa besar dan bahkan siksa yang pedih dari Allah kelak. Naudzubillah.

Tahukah sobat CahayaIslam, ada beberapa dampak yang ditimbulkan dari perundungan lho.

Ridwan Kamil Bentuk Satgas Untuk Kasus Perundungan 1

Menyakiti Perasaan Orang Lain

Islam menjunjung tinggi perdamaian, sehingga kaum muslimin selalu dianjurkan untuk berbuat baik terhadap sesama. Namun perundungan, tentu saja membawa dampak yang sebaliknya. Ini akan menjadi penyebab orang lain merasa sakit hati, atau bahkan trauma. Itu artinya, sama halnya sedang berbuat zalim terhadap orang lain.

Menyebabkan Kesusahan Orang Lain

Perundungan juga memberi dampak kesusahan bagi orang lain. Belum lagi banyak kasus dimana perundungan kemudian berakhir dengan tindak kekerasan yang berujung kematian. Jelas ini bukan hanya menyebabkan kesusahan, namun juga termasuk dalam perbuatan membunuh yang jelas-jelas diharamkan dalam islam.

Ridwan Kamil bentuk satgas – yang nantinya akan membantu untuk mengantipasi adanya perundungan. Ini diharapkan bisa meningkatkan kesadaran bagi masyarakat juga bahwa perundungan itu perbuatan yang menyimpang dari hukum yang berlaku. Sobat CahayaIslam, semoga kita semua senantiasa dilindungi dari perbuatan keji ya.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Al-Hujurat Ayat 11

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY