Kasus Kekerasan Anak Capai 11.952, Bagaimana Cegah Kekerasan Pada Anak Menurut Islam?

0
272
Kasus Kekerasan Anak 2

Kasus kekerasan anak – Saat ini kasus kekerasan yang terjadi pada anak semakin meningkat. Berdasarkan data sepanjang tahun 2021 tercatat mencapai 11.952 kasus. Bahkan dikatakan bahwa mayoritas kekerasan pada anak yang terjadi adalah kekerasan seksual. Jika dibandingkan dengan kasus kekerasan seksual pada perempuan, kasus pada anak justru mencapai angka yang lebih tinggi.

Kasus Kekerasan Anak 1

Banyaknya kekerasan yang terjadi pada anak tentu saja disebabkan oleh banyak faktor. Diantaranya adalah usia anak yang memiliki keterbatasan. Seperti keterbatasan untuk terbuka atau jujur mengenai apa yang dialaminya. Faktor yang lainnya adalah keluarga yang tidak tahu bagaimana untuk melaporkan kekerasan anak. Sehingga ini membuat kekerasan yang terjadi semakin meningkat angkanya.

Kasus Kekerasan Anak Capai 11.952, Begini Cegah Kekerasan Pada Anak Menurut Islam

Kasus Kekerasan Anak 2

Kasus kekerasan anak yang mengalami peningkatan setiap tahunnya, tentu merupakan kasus yang miris. Anak-anak yang seharusnya mendapatkan pendidikan yang layak, kehidupan yang baik justru harus menanggung beban dan trauma yang berat akibat kekerasan. Dalam islam, kekerasan adalah perbuatan yang dilarang. Bahkan digambarkan sebagai perbuatan yang zalim dan keji.

إِنَّمَا السَّبِيلُ عَلَى الَّذِينَ يَظْلِمُونَ النَّاسَ وَيَبْغُونَ فِي الْأَرْضِ بِغَيْرِ الْحَقِّ ۚ أُولَٰئِكَ لَهُمْ عَذَابٌ أَلِيمٌ

Sesungguhnya dosa itu atas orang-orang yang berbuat zalim kepada manusia dan melampaui batas di muka bumi tanpa hak. Mereka itu mendapat azab yang pedih.

Ayat ini menegaskan bahwasanya manusia dilarang berbuat zalim kepada orang lain, apalagi melampaui batas. Sementara kekerasan adalah salah satu bentuk perbuatan yang zalim ya sobat CahayaIslam. Terlebih kekerasan yang mengacu pada kekerasan seksual, bukan hanya perbuatan zalim namun juga keji karena mendekati zina. Naudzubillah.

Banyaknya kekerasan seksual yang terjadi pada anak, lalu bagaimana untuk mencegah hal ini terjadi menurut pandangan islam?

Menjalankan Peran Sebagai Orang Tua

Menjalankan peran orang tua yang dimaksud disini adalah memberikan perlindungan dan juga pengertian. Selain agar anak terbuka kepada orang tua, anak juga dapat mengerti bagaimana bersikap saat berada dalam situasi yang tidak seharusnya. Sebagai orang tua juga perlu sadar bagaimana memperlakukan anak dengan baik, karena tidak jarang kekerasan yang justru datangnya dari orang terdekat atau keluarga.

Memantau Pergaulan Anak

Cara mencegah kekerasan pada anak salah satunya dengan memantau pergaulan anak. Bagaimanapun, sebagai orang tua juga harus mengetahui bagaimana pergaulan anak dan juga lingkup orang-orang terdekat. Ini dapat membantu untuk meminimalisir kemungkinan kekerasan yang dapat terjadi pada anak.

Membekali Anak Dengan Ilmu Agama

Salah satu bekal yang harus dimiliki bukan hanya pendidikan untuk anak saja, namun juga ilmu agama untuk membantu membentengi diri sang anak. Selain itu juga harus didukung dengan peran orang tua untuk memberikan pengertian dan perlindungan tentu saja.

Kasus kekerasan anak – yang marak terjadi tentu saja harus ditanggulangi. Apalagi sebagai orang tua yang memiliki peran untuk melindungi. Tentu saja untuk menghindari adanya kekerasan pada anak juga perlu kesadaran dari keluarga dan orang-orang terdekat ya sobat CahayaIslam. Semoga kita semua dan anak-anak kita kelak senantiasa dalam perlindungan Allah SWT.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Asy-Syura Ayat 42

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY