Ricky Yakobi Meninggal Dunia, Ini Tanda-tanda Sakaratul Maut dalam Islam

0
98

Ricky Yakobi – Seorang pesepak bola dari tanah Indonesia ini dikabarkan meninggal dunia secara mendadak. Ricky Yakobi Meninggal ketika sedang bermain sepak bola di tengah-tengah lapangan. Sahabat, keluarga, dan rekan banyak yang terkejut dengan kematian Ricky Yakobi. Mereka merasa tidak ada tanda-tanda akan meninggalnya seorang Ricky Yakobi.

Sobat Cahaya Islam, Islam mengajarkan kepada kita untuk mempersiapkan bekal kita di akhirat. Hal tersebut dikarenakan kita tidak mengetahui kapan kematian akan mendatangi kita. Meskipun demikian, Allah memberikan tanda-tanda sakaratul maut sebagai suatu pertanda kematian bagi manusia. Lalu, Apa sajakah tanda-tanda sakaratul maut dalam Islam?

Tanda-tanda Sakaratul Maut Dalam Islam yang Dialami Oleh Ricky Yakobi

Kematian merupakan suatu hal yang pasti akan terjadi kepada seluruh makhluk hidup ciptaan Allah, seperti Ricky Yakobi. Hal tersebut sebagaimana dalam ayat Alquran yang menerangkan bahwasanya setiap yang bernyawa akan merasakan kematian. Oleh karena itu, kita sebagai manusia tidak boleh menyombongkan diri. Sekaya apapun kita, semulia apapun derajat kita, kita adalah makhluk yang diciptakan dari tanah dan akan kembali juga ke dalam tanah.

كُلُّ نَفْسٍ ذَآئِقَةُ الْمَوْتِ

“Setiap yang berjiwa akan merasakan mati.” ( QS. Ali Imraan: 185)

Kematian memang seringkali menjemput tanpa adanya pemberitahuan sebagaimana yang terjadi pada Ricky Yakobi. Akan tetapi, kematian ini memiliki tanda-tanda sakaratul maut yang pasti dialami oleh manusia. Tanda-tanda sakaratul maut tersebut, diantaranya:

1. Tubuh Menggigil Menjelang Ashar

Salah satu tanda sakaratul maut adalah tubuh menggigil secara tidak wajar mulai dari ujung rambut sampai ujung kaki. Tanda yang satu ini sering tidak disadari. Banyak orang yang menganggap ini merupakan sesuatu hal yang biasa terjadi.

2. Selera Makan Mendadak Meningkat

Hal ini biasanya terjadi kepada orang yang sedang sakit keras dan selera makannya sudah menurun. Mereka biasanya meminta makanan-makanan yang enak, akan tetapi dimakan tidak sampai habis.

Biasanya, seseorang yang mengalami hal tersebut menandakan bahwa orang itu akan meninggal dunia. Tetapi, ciri-ciri ini seringkali tidak dianggap orang lain. Mereka justru bersyukur apabila orang yang mengalami sakit keras yang tadinya tidak mau makan an-naba tiba mau makan dengan syarat makanan-makanan tersebut harus sesuai dengan yang dia minta.

3. Denyutan Di Bagian Tengah Dahi

Denyutan ini biasanya terjadi dibagian antara kanan dan kiri dahi. Jika hal tersebut terjadi, maka seseorang dianjurkan untuk berpuasa. Mengapa ? Hal tersebut dilakukan untuk mengurangi atau menghilangkan najis yang ada di dalam tubuh kita sehingga kita tidak menyusahkan orang yang memandikan jenazah kita nantinya.

Selain itu, bagian tubuh lain seperti mata, hidung, dan telinga juga mulai terlihat tanda-tandanya apabila orang tersebut akan meninggalkan dunia ini. Contohnya, mata mulai kehilangan pancaran sinarnya, hidung mulai mengendur dan telinga mulai layu. Tanda-tanda ini dapat terlihat apabila kita memperhatikan dengan seksama.

4. Denyut Di Bagian Ubun-ubun

Salah satu tanda terakhir sakaratul maut adalah adanya denyut di bagian ubun-ubun pada waktu ashar. Apa maksudnya dari pertanda ini? Maksudnya adalah kita tidak dapat lagi menemui ashar di hari esok.

Itulah tanda-tanda sakaratul maut dalam Islam yang dialami oleh Ricky Yakobi. Adanya tanda-tanda sakaratul maut tersebut merupakan sebuah peringatan dari Allah kepada manusia agar mempersiapkan bekalnya sebelum datang kematiannya.

 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY