Sudah Gunakan Fleet Twitter? Ketahui Dulu Adab Bersosial Media dalam Islam  

0
121

Fleet TwitterBaru-baru ini media sosial Twitter mengeluarkan fitur baru yaitu “Fleet Twitter”. Fitur baru ini memungkinkan para penggunanya membuat story layaknya Whatsapp, Instagram, dan Facebook. Saat fitur ini digunakan, akun Twitter lain dapat membalas dan balasannya langsung masuk di Direct Message Twitter.

Beberapa pengguna Twitter sempat mengeluhkan fitur ini. Pasalnya, bagi mereka yang kontra terhadap fitur baru dari Twitter ini merasa bahwa fitur ini tidak cocok diterapkan pada pengguna Twitter. Twitter yang dimaknai sebagai cuitan awalnya lebih banyak digunakan untuk saling bertukar info melalui teks saja.

Namun, tidak sedikit pula yang pro terhadap fitur baru dari Twitter. Beberapa meme lucu juga beredar di trending Twitter yang sengaja dibuat oleh para pengguna Twitter sebagai bahan hiburan terkait Fleet Twitter. Bagaimana dengan Sobat Cahaya Islam? Sudahkah menggunakan fitur baru dari Twitter ini?

Sebelum mengetahui lebih jauh mengenai fitur story Twitter, ada baiknya kita mengetahui adab bersosial media sesuai ajaran Islam. Pasalnya, tidak jarang media sosial digunakan sebagai ajang menebar ujaran kebencian pada sekelompok golongan. Padahal tujuan kita bersosial media selain menambah relasi pertemanan yang sehat, juga sebagai salah satu sarana untuk mendapatkan informasi.

Terlebih berita bohong atau hoax banyak kita temui muncul dan bersumber dari media sosial. Bahkan, penyebaran berita hoax semacam ini dianggap lumrah dan diakhiri dengan klarifikasi serta permintaan maaf sebab telah menyebar berita bohong. Budaya seperti ini harus dihentikan supaya tidak terjadi lagi hal serupa.

Gunakan Fleet Twitter dengan Bijak, Ini Adab Bersosial Media Menurut Islam

Berbagai fitur baru hadir di hampir semua media sosial. Tidak hanya fitur Instagram yang dapat digunakan untuk membuat instastory. Saat ini Twitter pun dilengkapi fitur demikian. Sobat Cahaya Islam, ketahui adab bersosial media agar menjadi pengguna media sosial yang bijak menurut Islam:

1. Tabayyun terhadap Informasi di Media Sosial

Tabayyun berarti mengonfirmasi sebuah berita yang diterima atau konfirmasi atas sebuah informasi. Dalam Islam hal ini sering dilakukan sejak zaman Rasulullah. Tabayyun juga digunakan untuk memutuskan informasi yang kiranya dapat menimbulkan perpecahan, dengan harapan mendapatkan kesimpulan yang arif. Dalam surat Al-Hujurat ayat 6 Allah berfirman sebagai berikut:

“Hai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu orang fasik membawa suatu berita, maka periksalah dengan teliti agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan kamu menyesal atas perbuatanmu itu.”

Saat menerima informasi baru, sebaiknya kita menyaring terlebih dahulu informasi tersebut. Selain untuk mendapatkan informasi yang betul-betul benar, hal tersebut akan melatih kita untuk tidak terbiasa menyebarkan berita sebelum mencari informasinya dengan benar.

2. Menggunakan Media Sosial dengan Bijak

Kebijakan kita dalam bersosial media dapat diukur dari postingan serta komentar yang kita berikan. Saat kita menemukan sebuah postingan dan kita kurang setuju terhadap postingan tersebut, kita tidak boleh mengatakan atau mengomentari dengan ujaran kebencian maupun dengan perkataan yang tidak baik.

Sobat Cahaya Islam. Sebelum menggunakan fitur baru Fleet Twitter, ada baiknya kita ketahui adab bersosial media seperti poin-poin di atas. Sehingga kita dapat menjadi pengguna media sosial yang bijak.

 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY