Anak Perempuan Hilang di Bukit Jin Dumai, Bagaimana Pandangan Menurut Islam?

0
77
Anak Perempuan Hilang 2

Anak perempuan hilang – Seorang anak bernama Agnes Sofiani Wau hilang di kawasan Bukit Jin, Kota Dumai, Riau. Anak yang berusia sekitar enam tahun ini hilang sudah lima hari lamanya. Upaya untuk pencarian pun sudah dilakukan oleh tim SAR bersama dengan puluhan warga. Namun sampai saat ini belum juga ditemukan. Awalnya, korban hilang ini bermain ke rumah temannya kemudian diajak ke bukit Jin. Namun hingga menjelang maghrib tidak kunjung pulang.

Anak Perempuan Hilang 2

Sang ayah yang merasa khawatir sang anak perempuan hilang, kemudian melaporkan hal ini ke Polres. Sehingga sampai saat ini masih dalam pencarian dan berharap bisa segera ditemukan. Dalam hal ini, anak tentu saja merupakan harta yang paling berharga bagi kedua orang taunya. Sudah sewajarnya, orang tua merasa cemas saat mengetahui anaknya hilang. Bagaimana pandangan islam mengenai hal ini?

Anak Perempuan Hilang di Bukit Jin Dumai, Bagaimana Pandangan Menurut Islam?

Anak Perempuan Hilang 1

Anak perempuan hilang di bukit Jin Dumai belum juga ditemukan. Saat ini pencarian pun masih dilakukan bersama dengan tim SAR dan puluhan warga. Sobat CahayaIslam, anak adalah amanah yang diberikan oleh Allah SWT. Itu sebabnya, anak menjadi harta yang berharga bagi setiap orang tua yang dipercayakan untuk menjaga dan merawat mereka. Seperti yang dituliskan dalam ayat Al Quran mengenai seorang anak.

Sesungguhnya hartamu dan anak-anakmu hanyalah cobaan (bagimu), dan di sisi Allah-lah pahala yang besar.

Dalam ayat ini dijelaskan bagaimana anak merupakan titipan dari Allah SWT yang harus dijaga dan dirawat dengan baik. Meskipun begitu, amalan-amalan tetaplah yang kekal. Itulah kenapa kaum muslimin memiliki kewajiban untuk mendidik anak sesuai dengan ajaran islam. Dan tentu saja juga menanamkan nilai-nilai islam agar anak bisa tumbuh menjadi pribadi atau akhlak yang baik.

Sebagai orang tua, kehilangan anak tentu saja suatu hal yang tidak mudah. Ini beberapa alasannya menurut islam.

Anak Adalah Titipan

Anak merupakan titipan atau amanah yang diberikan oleh Allah SWT. Itu sebabnya, orang tua memiliki tanggung jawab untuk mendidik, melindungi dan juga merawat seorang anak. Maka dari itu, kehilangan anak tentu saja suatu hal yang berat bagi setiap orang tua. Hal ini karena orang tua memegang tanggung jawab besar dengan apa yang sudah Allah percayakan.

Anak Sebagai Harta Berharga

Salah satu alasan kenapa seorang anak begitu berharga bagi orang tua karena dalam Al Quran pun dituliskan bajwa anak adalah perhiasan. Semakin baik menjaga dan mendidiknya, maka semakin baik pula seorang anak. Dan anak yang sholeh sholehah akan menjadi harta dan penyelamat bagi kedua orang tuanya lho sobat CahayaIslam.

Anak perempuan hilang – dan masih dalam pencarian hingga saat ini. Sobat CahayaIslam, menjadi orang tua bukan hal yang mudah. Itu sebabnya, tidak ada satupun orang tua yang mau kehilangan anaknya tentu saja.


Catatan Kaki:

(1) – Surat At-Tagabun Ayat 15

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY