Rezeki Sudah Diatur Allah, Kenapa Kita Masih Harus Mencarinya?

0
641
Rezeki-Sudah-Diatur-Allah-Kenapa-Kita-Masih-Tetap-Harus-Mencarinya-1

Rezeki Sudah Diatur Allah – Sobat Cahaya Islam pasti sudah sering mendengar kata-kata ‘rezeki sudah ada yang mengatur’. Ya, memang Allah sudah mengatur dan menulis rezeki semua orang di lauhul mahfudz sejak zaman azali. Jika memang demikian, untuk apa kita masih harus bersusah-payah mencari rezeki?

Benarkan Rezeki Sudah Diatur Allah?

Sebagai umat muslim, kita semua meyakini bahwa Allah menjamin rezeki setiap makhluknya, termasuk manusia. Bahkan, Allah telah mencatatnya sejak zaman azali di Lauh Mahfudz. Pernyataan ini ada dalam ayat Al-Quran sebagai berikut:

وَمَا مِنْ دَاۤبَّةٍ فِى الْاَرْضِ اِلَّا عَلَى اللّٰهِ رِزْقُهَا وَيَعْلَمُ مُسْتَقَرَّهَا وَمُسْتَوْدَعَهَا ۗ كُلٌّ فِيْ كِتٰبٍ مُّبِيْنٍ

“Dan tidak satupun makhluk bergerak (bernyawa) di bumi melainkan semuanya dijamin Allah rezekinya. Dia mengetahui tempat kediamannya dan tempat penyimpanannya. Semua (tertulis) dalam Kitab yang nyata (Lauh Mahfuzh).” (1)

Ayat ini secara gamblang menjelaskan bahwa tak ada satu makhluk pun di dunia ini yang luput dari takdir Allah. Salah satu takdir Allah adalah rezeki. Karena itulah banyak orang yang mengatakan ‘rezeki tidak akan tertukar’. Pasalnya, setiap makhluk punya rezeki masing-masing yang sudah Allah tetapkan.

Lalu, Buat Apa Kita Harus Mencari Rezeki?

Setelah kita paham dan sepakat bahwa Allah sudah mengatur rezeki setiap hambanya, pertanyaan yang muncul adalah untuk apa kita harus bersusah payah mencari rezeki? Jawabannya, mencari rezeki adalah perintah Allah.

فَاِذَا قُضِيَتِ الصَّلٰوةُ فَانْتَشِرُوْا فِى الْاَرْضِ وَابْتَغُوْا مِنْ فَضْلِ اللّٰهِ وَاذْكُرُوا اللّٰهَ كَثِيْرًا لَّعَلَّكُمْ تُفْلِحُوْنَ

“Apabila salat telah dilaksanakan, maka bertebaranlah kamu di bumi; carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak agar kamu beruntung.” (2)

Jadi, kita mencari karunia atau rezeki dengan niat melaksanakan perintah Allah. Jika niat kita bekerja adalah karena Allah, maka akan bernilai ibadah dan mendapatkan pahala.

Jika Allah Telah Menetapkan Rezeki Kita, Masih Bisakah Takdir Berubah?

Mungkin terbesit di pikiran sobat Cahaya Islam, apakah takdir masih berubah sedangkan Allah telah menetapkan rezeki kita. Sebagai manusia, kita tidak bisa merubah takdir. Tapi, Allah bisa mengubah takdir jika Dia berkehendak.

يَمْحُوا اللّٰهُ مَا يَشَاۤءُ وَيُثْبِتُ

“Allah menghapus dan menetapkan apa yang Dia kehendaki.” (3)

Banyak orang yang jungkir balik bekerja siang-malam namun tetap saja tidak kaya. Sebaliknya, ada juga orang yang malas-malasan bekerja tapi mendadak jadi kaya karena sebab tertentu. Itu menjadi bukti bahwa manusia tidak bisa merubah takdir dengan usahanya. Tapi, jika kita mau berusaha dan berdoa, bukan tidak mungkin Allah mau menambahkan rezeki kepada kita. Yang terpenting, jangan khawatir tenang rezeki kita karena Allah Maha Kaya.


Referensi:

(1) Q.S. Hud Ayat 6

(2) Q.S. Al-Jumu’ah Ayat 10

(3) Q.S. Ar-Ra’d Ayat 39

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY