Remaja Slenderman Korban Kekerasan Seksual, Ini Alasan Pentingnya Perlindungan Terhadap Anak Menurut Islam!

0
68
Remaja Slenderman Dapatkan Pelecehan Seksual

Remaja Slenderman – Masih ingat dengan remaja yang terinspirasi dengan film slenderman? Yang merupakan remaja dibawah umur dan melakukan pembunuhan terhadap balita di Sawah Besar, Jakarta Pusat. Kemudian mayat balita disembunyikan didalam almari hingga akhirnya menyerahkan diri sebagai pelaku pembunuhan tersebut. Baru-baru ini remaja berinisial NF ini dikabarkan tengah hamil 14 minggu karena mendapatkan kekerasan seksual dari orang terdekatnya.

Remaja Slenderman Hamil 14 Minggu dan Ini Alasan Perlindungan Anak Penting Dalam Islam

Pembunuhan yang dilakukan oleh remaja dibawah umur ini sempat ramai dibicarakan hingga mendapatkan banyak hujatan dari masyarakat. Hal ini dikarenakan perilaku NF yang tidak seperti remaja pada umumnya. Setelah kabar kehamilan remaja tersebut yang disebabkan kekerasan seksual yang diperolehnya dari orang-orang terdekatnya. Ini menyebabkan dugaan bahwa pembunuhan yang dilakukannya merupakan salah satu bentuk pelampiasan amarah. Yang juga berdampak pada kesehatan psikologis remaja tersebut.

Lalu bagaimana pandangan islam mengenai hal ini?

Remaja Slenderman Menjadi Korban Kekerasan Seksual, Begini Pandangan Menurut Islam

Remaja slenderman yang merupakan seorang anak dibawah umur ini sebelumnya diberitakan karena kasus pembunuhan yang dilakukannya. Kemudian kembali dikabarkan tengah hamil 14 minggu yang diduga karena kekerasan seksual yang diperolehnya. Dalam agama islam, anak merupakan amanah. Bukan hanya harus disayangi, namun juga harus dijaga dan dilindungi. Terlebih lagi, penting juga untuk memperhatikan lingkungan dan bagaimana cara mendidik anak.

الْمَالُ وَالْبَنُونَ زِينَةُ الْحَيَاةِ الدُّنْيَا ۖ وَالْبَاقِيَاتُ الصَّالِحَاتُ خَيْرٌ عِنْدَ رَبِّكَ ثَوَابًا وَخَيْرٌ أَمَلًا

Harta dan anak-anak adalah perhiasan kehidupan dunia tetapi amalan-amalan yang kekal lagi saleh adalah lebih baik pahalanya di sisi Tuhanmu serta lebih baik untuk menjadi harapan.

Ini Alasan Pentingnya Perlindungan Terhadap Anak Menurut Islam

Dalam agama islam, anak merupakan amanah dari Allah SWT. Sehingga orang tua pun memiliki tanggung jawab untuk memberikan pendidikan, kasih sayang, keamanan dan juga kebahagiaan bagi anak. Dalam kenyataannya, membentuk akhlak anak dan juga memberikan pertumbuhan serta perkembangan yang baik bagi anak tidaklah mudah. Apalagi kita tahu bahwa saat ini lingkungan, orang-orang sekitar akan sangat berpengaruh. Padahal banyak terjadi orang terdekat justru melakukan kekerasan seksual dan lain sebagainya.

Memberikan Perlindungan Terhadap Anak Termasuk Perintah Allah SWT

Remaja Slenderman Korban Kekerasan Seksual Maka Pentingnya Perlindungan Terhadap Anak

Memberikan perlindungan untuk anak merupakan salah satu perintah Allah SWT. Sekaligus menjadi tanggung jawab bagi orang tua. Anak merupakan amanah yang harus dijaga. Itu sebabnya segala aspek dalam kehidupannya harus diperhatikan. Apalagi bagi kaum laki-laki yang merupakan pemimpin keluarga dan bertanggung jawab untuk memelihara keluarganya.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا قُوا أَنْفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَارًا وَقُودُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَةُ عَلَيْهَا مَلَائِكَةٌ غِلَاظٌ شِدَادٌ لَا يَعْصُونَ اللَّهَ مَا أَمَرَهُمْ وَيَفْعَلُونَ مَا يُؤْمَرُونَ

Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.

Anak Sebagai Ladang Amal, Bisa Juga Sebagai Ujian

Remaja Slenderman dan Begini Anak Dalam Islam

Anak bukan hanya sebagai amanah dan anugerah yang Allah berikan kepada sepasang suami istri sebagai pelengkap dalam keluarga. Namun anak ini juga bisa menjadi ladang amal bagi orang tuanya. Itu sebabnya, anak harus mendapatkan pendidikan yang tepat agar dapat tumbuh dan berkembang sebagai anak yang sholeh dan sholehah. Namun disamping itu, orang tua juga perlu memberikan perlindungan terhadap anak yang menentukan pertumbuhan dan pembentukan pribadi sekaligus psikologis anak.

Pada masa remaja, psikologis anak cukup rentan dan sangat menentukan perkembangan pribadi anak. Jangan sampai kurangnya perhatian, membuat orang tua bahkan tidak tahu apa yang terjadi pada anak. Seperti halnya kekerasan seksual yang terjadi pada anak meninggalkan trauma tersendiri. Hingga mempengaruhi psikologis anak dan memicu penyimpangan dalam pribadi anak.

Remaja slenderman – merupakan salah satu bukti bahwa apa yang terjadi pada anak mempengaruhi psikologis sekaligus tindakan anak. Namun bagaimanapun tindakannya juga tetap menyimpang dari ajaran agama. Hanya saja, ini menjadi pelajaran bagi para orang tua untuk lebih memperhatikan anak.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Al-Kahf Ayat 46

(2) – Surat At-Tahrim Ayat 6

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!