Skandal Justin Roiland Buat Adult Swim Memecatnya? Bolehkah dalam Islam?

0
396
Skandal Justin Roiland

Skandal Justin Roiland – Saluran televisi dewasa Amerika Serikat (AS), Adult Swim, baru saja memutuskan kontrak kerja dengan Justin Roiland. Apakah karena skandal Justin Roiland tentang kasus KDRT?

Mungkin sudah banyak yang mengetahui, bahwa Justin Roiland merupakan seorang animator dari kartun Rick and Morty yang biasanya tayang di saluran televisi Adult Swim. Justin mengisi suara pada tokoh kartun bernama Rick Sanchez bersama dengan Dan Harmon sebagai Mory Smith.

Usai pemutusan kontrak kerja ini pun, serial kartun ini akan tetap berjalan dengan Dan Harmon sebagai pengisi suara tunggal.

Alasan Adult Swim memecat Justin adalah terkait skandal KDRT yang dia lakukan hingga terjad cedera fisik pada wanita yang berkencan dengannya. Juga, tinggal bersamanya selama ini.

Meskipun sampai saat ini Justin tetap mengaku bahwa dirinya tidak bersalah. Namun, pengadilan ingin tetap melakukan sidang untuk menyelesaikan tinjauan metodis terhadap bukti yang ada.

Nah, Sobat Cahaya Islam, terkait pemecatan pegawai yang Adult Swim lakukan seperti berita di atas. Tentu, kita ingin mengetahui seperti apa hukumnya jika melihat dari perspektif agama Islam. Demikian ulasannya!

Skandal Justin Roiland Buat Adult Swim Memecatnya? Bolehkah dalam Islam?

Pemutusan kontrak kerja menjadi salah satu hal yang paling pegawai takuti di negara manapun. Apapun penyebabnya yang menjadikan kontrak kerja kedua pihak berakhir pasti akan sangat merugikan, terutama bagi pihak karyawan atau pegawai.

Sedangkan, yang seringkali menjadi pertanyaan adalah bagaimana apabila perusahaan tiba-tiba saja ingin melakukan pemutusan kerja dengan pegawai. Bolehkah dalam Islam?

Boleh maupun tidaknya sebenarnya tergantung dari kesepakatan awal dan peraturan yang berlaku di perusahaan tersebut. Hanya saja, ada beberapa prinsip yang harus kita ketahui untuk memuliakan hak dari pegawai, antara lain:

1.      Kemuliaan Derajat Manusia

Agama Islam kita ketahui senantiasa memuliakan derajat manusia, apapun profesinya. Sebagaimana Allah berfirman :

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا كُوْنُوْا قَوَّامِيْنَ لِلّٰهِ شُهَدَاۤءَ بِالْقِسْطِۖ وَلَا يَجْرِمَنَّكُمْ شَنَاٰنُ قَوْمٍ عَلٰٓى اَلَّا تَعْدِلُوْا ۗاِعْدِلُوْاۗ هُوَ اَقْرَبُ لِلتَّقْوٰىۖ وَاتَّقُوا اللّٰهَ ۗاِنَّ اللّٰهَ خَبِيْرٌۢ بِمَا تَعْمَلُوْنَ

Wahai orang-orang yang beriman! Jadilah kamu sebagai penegak keadilan karena Allah, (ketika) menjadi saksi dengan adil. Dan janganlah kebencianmu terhadap suatu kaum mendorong kamu untuk berlaku tidak adil. Berlaku adillah. Karena (adil) itu lebih dekat kepada takwa. Dan bertakwalah kepada Allah, sungguh, Allah Mahateliti terhadap apa yang kamu kerjakan. (QS. Al-Ma’idah Ayat 8)

Kemuliaan seseorang yang bekerja adalah terletak pada kontribusinya bagi kemudahan orang lain. Baik yang mendapatkan jasa maupun tenaganya.

Skandal Justin Roiland

Seseorang akan mendapat kemuliaan saat dia memiliki pekerjaan, begitu pula bagi yang memberinya pekerjaan.

Allah SWT pun sangat menghormati orang-orang yang mau memberi pekerjaan bagi orang lain. Demi bisa memiliki derajat setara dengan orang lain.

2.      Anti Diskriminasi

Selanjutnya, Islam tidak pernah mengenal system kasta di masyarakat, begitu pun denfan dunia ketenagakerjaan.

Di hadapan Allah SWT, semua hamba derajatnya adalah sama. Seharusnya kita yang hanya manusia biasa mau berpikir demikian.

Skandal Justin Roiland

Jangan pernah menganggap jabatan adalah segalanya. Sehingga dengan mudah pimpinan mendiskriminasi bawahan tanpa ada masalah yang jelas.

Apabila itu terjadi, maka pimpinan seperti itu bisa kita sebut orang-orang dzalim yang patut Allah SWT beri balasan terhadapnya. Karena telah berperilaku kurang adl pada orang lain hanya karena posisi dalam pekerjaan ada di bawah jabatannya.

Demikian di atas merupakan ulasan mengenai berita skandal Justin Roiland yang keilangan pekerjaan karena Adult Swim memecatnya. Serta penjelasan terkat hukumnya dalam Islam.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY