Bolehkah Wanita Haid Memegang Al Qur’an Terjemahan? Begini Penjelasannya

0
41
bolehkan wanita haid memegang Al Qur’an terjemahan

Bolehkah wanita haid memegang Al Qur’an terjemahan – Selain menjalankan ibadah shalat 5 waktu, tentu Sobat Cahaya Islam juga harus rajin membaca Al Qur’an. Namun, bolehkah wanita haid memegang Al Qur’an terjemahan? Tidak jarang pertanyaan ini kerap membuat bingung dan penasaran para sobat Muslimah.

Perlu Sobat Cahaya Islam ketahui, haid merupakan hadas besar sehingga dilarang melakukan ibadah shalat dan lainnya. Akan tetapi, ada beberapa ulama yang memiliki pendapat terkait boleh atau tidaknya wanita haid pegang Al Qur’an terjemahan.

Keutamaan Membaca Al Qur’an

Apa keutamaan membaca Al Qur’an? Sebenarnya membaca Al Qur’an sama pentingnya dengan menjalankan ibadah shalat. Tidak hanya memperoleh pahala, namun ada manfaat lain yang bisa diperoleh.

Membaca Al Qur’an bisa membuat hati lebih tenang karena bermanfaat menghasilkan efek relaksasi bagi pembacanya. Terlebih lagi, Sobat Cahaya Islam bisa memperoleh banyak pahala dan beribu kebaikan dengan membaca Al Qur’an.

Bolehkah Wanita Haid Memegang Al Qur’an Terjemahan?

Mengingat manfaat membaca sangat banyak tentu Sobat Cahaya Islam ingin selalu mengamalkannya. Namun, bolehkah wanita haid pegang Al Qur’an terjemahan?

Menstruasi atau haid termasuk hadas besar lantaran keluar darah dari organ intim wanita. Oleh karena itu, wanita wajib menyucikan diri terlebih dahulu dengan melakukan cara mandi wajib setelah haid ketika sebelum melaksanakan ibadah.

“Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertobat dan orang-orang yang telah menyucikan dirinya.” (QS. Al-Baqarah : 222)

Al Qur’an terjemahan atau kitab tafsir yang berisi lebih banyak kajian daripada ayat Al Qur’an tidak disebut mushaf. Sehingga tidak mengapa jika wanita haid pegang atau membaca Al Qur’an terjemahan selagi memiliki niat yang baik.

Apa Solusi bagi Wanita yang Ingin Membaca Al Qur’an saat Haid?

Sering kali masa menstruasi atau haid dianggap sebagai masa penghalang untuk menjalankan ibadah dalam Islam. Meskipun tidak bisa melaksanakan ibadah shalat, Sobat Cahaya Islam yang Muslimah masih bisa membaca Al Qur’an dengan solusi beriku:

1.     Membaca Al Qur’an Terjemahan

Salah satu solusi bagi wanita haid yang ingin membaca Al Qur’an bisa membaca Al Qur’an terjemahan. Bolehkan wanita haid memegang Al Qur’an terjemahan? Tentu saja boleh karena bukan termasuk mushaf.

Imam Ibnu Utsaimin mengatakan: “Untuk kitab tafsir, boleh disentuh karena termasuk sebagai tafsir. Sementara ayat Al Qur’an yang ada didalamnya lebih sedikit ketimbang teks tafsirnya.

Dalilnya adalah surat Nabi Shallallahu’alaihi wa sallam kepada orang kafir, sementara disana ada ayat-ayat Al Qur’an. Ini menunjukkan bahwa hukum mengikuti yang dominan. (as-Syarh al-Mumthi, 1/267)

2.     Membaca Mushaf Tanpa Menyentuh secara Langsung

Sobat cahaya Islam yang Muslimah tetap bisa membaca Al Qur’an dan amalan ketika haid agar tetap bisa panen pahala lainnya untuk memperoleh pahala dan beribu kebaikan. Bahkan saat haid dengan tidak menyentuh mushaf Al Qur’an secara langsung ketika hadas besar.

Sebenarnya beberapa ulama berpendapat bahwa wanita haid atau nifas diperbolehkan membaca Al Qur’an. Namun, tidak boleh menyentuh mushaf atau membatasi dengan kain suci dan semacamnya apabila menyentuh mushaf Al Qur’an.

bolehkan wanita haid memegang Al Qur’an terjemahan

3.     Menggunakan Aplikasi Handphone

Di era teknologi saat ini tentu akan lebih mudah untuk membaca mushaf tanpa melalui kitab Al Qur’an. Solusi lain yang bisa Sobat Cahaya Islam gunakan adalah memanfaatkan aplikasi di smartphone.

Sobat Cahaya Islam bisa menggunakan aplikasi Al Qur’an yang terpasang pada smartphone kapan saja dan dimana saja. Dengan begitu, tentu saja masa haid tidak lantas menjadi penghalang untuk membaca Al Qur’an.

Jadi, itulah sekilas ulasan mengenai bolehkah wanita haid memegang Al Qur’an terjemahan menurut pendapat ulama. Selain itu, Sobat Cahaya Islam juga bisa menggunakan beberapa solusi di atas untuk tetap mengejar pahala.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY