Tanya Jawab Islam Tentang Parenting: Pentingnya Memperhatikan Pergaulan Anak

0
157
Memperhatikan Pergaulan Anak

Tanya jawab islam tentang parenting – Parenting merupakan proses dimana kita sebagai orang tua memberikan pendidikan kepada anak. Anak akan tumbuh sebagai pribadi yang diajarkan oleh orang tuanya. Sebelum masuk sekolah, anak mengalami pendidikan di dalam rumah. Sehingga orang tua harus mengetahui cara tepat mendidik anak tentunya. apakah kita sudah Memperhatikan Pergaulan Anak dengan baik atau belum?

Tanya Jawab Islam Tentang Parenting: Pentingnya Memperhatikan Pergaulan Anak

Bukan hanya itu saja, namun juga memperhatikan pergaulannya. Ini merupakan salah satu cara untuk mendidik anak. Dalam ulasan tanya jawab islam tentang mendidik anak, kita akan membahas mengenai cara mendidik anak yang berkaitan dengan pergaulan temannya. Anak bukan hanya terbentuk dari didikan keluarga, namun juga lingkungan akan cukup memberi pengaruh.

حَدَّثَنِي مُوسَى بْنُ إِسْمَاعِيلَ، حَدَّثَنَا عَبْدُ الْوَاحِدِ، حَدَّثَنَا أَبُو بُرْدَةَ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ، قَالَ سَمِعْتُ أَبَا بُرْدَةَ بْنَ أَبِي مُوسَى، عَنْ أَبِيهِ ـ رضى الله عنه ـ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم ‏ “‏ مَثَلُ الْجَلِيسِ الصَّالِحِ وَالْجَلِيسِ السَّوْءِ كَمَثَلِ صَاحِبِ الْمِسْكِ، وَكِيرِ الْحَدَّادِ، لاَ يَعْدَمُكَ مِنْ صَاحِبِ الْمِسْكِ إِمَّا تَشْتَرِيهِ، أَوْ تَجِدُ رِيحَهُ، وَكِيرُ الْحَدَّادِ يُحْرِقُ بَدَنَكَ أَوْ ثَوْبَكَ أَوْ تَجِدُ مِنْهُ رِيحًا خَبِيثَةً ‏”‏‏.‏
Diceritakan Abu Musa:Utusan Allah (ﷺ) berkata, “Contoh teman yang baik (yang duduk dengan Anda) dibandingkan dengan yang buruk, adalah seperti penjual musk dan bellow (atau tungku) pandai besi; dari pertama Anda akan membeli kesturi atau nikmati baunya yang harum sementara bellow akan membakar pakaian atau rumah Anda, atau Anda mendapatkan bau yang tidak enak darinya. ” [1]
Dalam hadist Al Bukhari No. 2101 dijelaskan bahwa seseorang akan tergantung oleh temannya, Jika seseorang bergaul dengan pandai besi maka akan mendapatkan bau tidak enak atau bahkan mendapati badan atau pakaian terbakar. Begitu juga jika seseorang berteman dengan pemilik minyak wangi, pasti akan terkena harumnya. Itu juga yang akan terjadi dalam pergaulan.

Jika pergaulannya baik maka akan memberikan dampak yang baik. Begitu juga sebaliknya. Dalam tanya jawab islam tentang parenting ini, akan mengulas mengenai pergaulan anak yang seharusnya orangtua perhatikan.

Tanya Jawab Islam Tentang Parenting, Pengaruh Pergaulan Tak Baik Untuk Sang Anak

Ketika mendidik seorang anak, kita pasti dianjurkan untuk menerapkan hal-hal baik yang akan memberikan dampak baik. Apalagi menurut agama islam, sikap orang tua pun akan menimbulkan efek pada kepribadian anak. Apalagi jika bervbicara mengenai pergaulan. Sebagai orang tua seringkali tidak mencoba untuk memperhatikan anak bergaul dengan siapa. Sehingga akhirnya memberikan pengaruh tidak baik.

Pendidikan atau proses parenting ini sebenarnya intinya adalah menjauhkan anak dari lingkungan dan pergaulan yang buruk. Sehingga anak tidak meniru perilaku buruk yang terjadi pada teman-temannya atau orang-orang dalam lingkup pergaulannya. Berikut contoh pengaruh pergaulan yang tidak baik dalam ulasan tanya jawab islam tentang parenting.

Contoh yang pertama dalam ulasan islam tentang parenting bisa dilihat ketika anak mungkin pulang kerumah kemudian mengeluarkan kata-kata kotor. Jika dalam pergaulannya ia sering mendengar kata-kata kotor. Maka ini akan mendorongnya untuk mengucapkan hal yang sama.

Jika anda sudah menemukan hal ini pada anak, maka sebaiknya lebih perhatikan pergaulan si anak. Kemudian juga jika anak tiba-tiba pulang dengan menyanyikan lagu-lagu yang tidak pantas. Maka ini juga adalah bentuk pengaruh dari pergaulan teman-temannya. Yang kemudian sampai hingga dibawa pulang kerumah.

Sebagai orang tua, kita harus tahu dengan siapa anak kita berteman. Sehingga kita juga bisa ikut menilai apakah pergaulannya sudah benar. Jika perlu carikan teman baik untuk anak. Sehingga tidak salah dalam memilih teman yang akhirnya mempengaruhi akhlak anak kita. Dalam hal ini, teman yang buruk akan selalu memberikan dampak buruk. Bahkan menularkan kebiasaan yang anak kita mungkin tak pernah melakukannya sebelumnya.

Itu sebabnya inti dari parenting sebenarnya adalah menjauhkan anak dari teman yang buruk. Karena sebaik apa kita mendidik anak, jika pergaulannya salah maka ini akan tetap memberikan banyak pengaruh buruk. Namun dengan pergaulan yang tepat. Ini akan memberikan pengaruh semakin baik kepada si anak. Seperti yang dijelaskan pada tanya jawab islam tentang parenting.

Tanya jawab islam tentang parenting – Itulah beberapa hal mengenai pergaulan anak yang harus diperhatikan. Ada banyak aturan yang harus diperhatikan dalam agama untuk mendidik anak. Bahkan memilih teman yang baik juga termasuk aturan agama. Sehingga pergaulan adalah hal yang harus dinilai juga. Jangan sampai pengaruh luar justru membuat kepribadian anak menjadi tidak baik juga. Semoga ulasan ini membantu anda untuk mendidik anak dengan cara yang tepat.


Catatan Kaki:

[1] H.R. Sahih Bukhori No. 2101

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!