Niat Puasa Dzulhijjah, Ketahui Cara dan Keutamaannya

0
55

Niat Puasa Dzulhijjah – Puasa dzuhijjah dapat dilakukan dengan mengucapkan niat puasa dzulhijah terlebih dahulu. Puasa tanpa niat, baik diucapkan secara lisan mau batin puasanya dianggap tidak sah. Syarat diterimanya puasa dengan mengucapkan niat, menahan lapar haus serta hawa nafsu.

Puasa dzulhijjah dilaksanakan pada tanggal 1-7 dzulhijjah. Sobat cahaya islam pasti tahu beberapa keutamaan dari bulan dzulhijjah ini. Tidak dapat dipungkiri banyak muslim yang berbondong-bondong meraup pahala di bulan ini. Melaksanakan puasa dzulhijjah, tarwiyah, dan puasa arafah.

Keutamaan Bulan Dzulhijjah dan Niat Puasa Dzulhijjah

Bulan dzulhijjah mempunyai banyak sekali keistimewaan atau keutamaan. Bulan ini, terutama 10 hari pertama bulan dzulhijah mempunyai kisah-kisah para nabi yang memberi keberkahan pada bulan ini.

Sesuai dengan firman Allah:

وَالْفَجْرِ. وَلَيَالٍ عَشْرٍ

“Demi fajar. Dan (demi) hari yang sepuluh” (Al-Fajr: 1-2).

Keutamaan ini, berawal dari kisah nabi Adam dan Siti Hawa yang diberi pengampunan pada tanggal 1 dzulhijjah. Orang yang berpuasa pada tanggal satu ini, dosa-dosa kecilnya akan terampuni oleh Allah. Tidak hanya itu 2 dzulhijjah mengandung kisah nabi Yunus yang dikabulkan dua doanya serta dikeluarkan dari perut ikan. Jika berpuasa, pahala yang didapatkan setara dengan satu tahun berpuasa tanpa mendurhakai Allah dan kekasaannya.

Tanggal 3, 4, dan 5, nabi Zakaria mendapatkan kabar gembira bahwa istrinya yang mandul, mengandung seorang anak yakni nabi Yahya, sobat cahaya islam yang berpuasa pada tanggal ini akan dikabulkan doa-doanya.

Tak berselang lama, nabi Isa pun lahir dari perut bunda Maryam, puasa pada tanggal ini Allah akan mengangkat kesulitan serta kefakiran dari hidup. Sedangkan pada tanggal 5 nabi Musa dilahirkan kedunia, siapapun yang berpuasa akan dihindarkan dari siksa kubur yang menyakitkan.

Tanggal 6 dan 7, Allah membukakan pintu-pintu kebaikan kepada nabi Muhammad. Puasa pada hari ini, tidak akan mendapatkan siksa sert dibukakan pintu rahmat Allah. Kemudian pada tanggal selanjutnya, Allah menutup pintu-pintu neraka dan membukakan 30 pintu kebaikan serta menutup 30 pintu kesulitan.

Sedangkan di tanggal 8 dan 9 dzulhijjah, diawali nabi Ibrahim merenungi mimpinya menyembelih nabi Ismail, sehingga dikenal sebagai hari merenung serta Allah memberikan pahala yang hanya diketahui oleh-Nya jumlah pahala tersebut.

Pada tanggal berikutnya nabi Ibrahim yakin dengan mimpinya, begitu pun nabi Ismail rela dan ikhlas untuk disembelih. Sobat cahaya muslim yang berpuasa pada tanggal ke 9, akan diampuni dosa setahun sebelum dan sesudah.

Keutamaan-keutaamaan ini memberikan pahala serta kebaikan yang berlimpah bagi sobat cahaya islam yang berpuasa pada awal 9 hari di bulan dzulhijjah. Setelah mengetahui keutamaan dan kisah di bulan dzulhijjah, simak pula niat puasa dzulhijjah.

Ada pun niat puasa dzulhijjah sebagai berikut:

نَوَيْتُ صَوْمَ شَهْرِ ذِيْ الْحِجَّةِ سُنَّةً لِلَّهِ تَعَالَى

Nawaitu shouma syahri dzil hijjah sunnatan lillahi ta’ala.

“Saya berniat puasa sunah bulan Dzulhijjah karena Allah ta’ala.”

Niat puasa dzulhijah menjadi salah satu syarat untuk berpuasa. Tidak akan diterima orang yang berpuasa tanpa niat terlebih dahulu. Sobat cahaya islam, perlu mempraktikan puasa ini, agar mendapatkan pahala yang berlimpah serta banyak keberkahana lainnya.

Keutamaan bulan dzulhijah bahkan dijadikan sumpah oleh Allah dalam Q.S Al-Fajr 1-2. Salah satu yang menafsirkan ayat ini menjadi rujukan bulan dzulhijjah adalah Ibnu Katsir dalam tafsir Al-Qur’annya.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!