Kenali Protection Visa, Wujud Perlindungan yang Patut Ditiru

0
210
protection visa

Protection Visa – Baru – baru ini, pembahasan tentang protection visa semakin banyak. Hal ini dikarenakan adanya kritikan yang dilontarkan oleh salah satu pelajar berprestasi asal Lampung yakni, Bima.

Sobat Cahaya Islam, strategi Bima untuk mendapatkan protection visa dari negara asal tempat belajarnya patut diacungi jempol. Sebab tak banyak generasi yang mampu memanfaatkan kecanggihan teknologi dan memberikan efek positif bagi perubahan di negeri.

Pentingnya meingkatkan perubahan yakni sebab generasi adalah calon umat terbaik sebagaimana firman Allah Ta’ala dalam surat Ali Imran ayat 110 :

كُنْتُمْ خَيْرَ اُمَّةٍ اُخْرِجَتْ لِلنَّاسِ تَأْمُرُوْنَ بِالْمَعْرُوْفِ وَتَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَتُؤْمِنُوْنَ بِاللّٰهِ ۗ وَلَوْ اٰمَنَ اَهْلُ الْكِتٰبِ لَكَانَ خَيْرًا لَّهُمْ ۗ مِنْهُمُ الْمُؤْمِنُوْنَ وَاَكْثَرُهُمُ الْفٰسِقُوْنَ

Artinya : Kamu (umat Islam) adalah umat terbaik yang dilahirkan untuk manusia, (karena kamu) menyuruh (berbuat) yang makruf, dan mencegah dari yang mungkar, dan beriman kepada Allah. Sekiranya Ahli Kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka. Di antara mereka ada yang beriman, namun kebanyakan mereka adalah orang-orang fasik.

Mengapa Perlu Memanfaatkan Protection Visa?

Sobat Cahaya Islam, protection visa diperlukan agar si pemilik mendapatkan haknya untuk dilindungi oleh negara yang menerbitkan visa tersebut.

Salah satu kasus yang menjadi tren sekarang, yakni beredarnya video Bima dengan nama akun sosmed @awbimaxreborn yang mempresentasikan terkait fenomena ganjil di Lampung.

Dalam video tersebut dijelaskan, bahwa kondisi jalanan Lampung masih jauh dari kata layak untuk dikunjungi padahal di tahun sebelumnya Lampung memenangkan penghargaan sebagai provinsi dengan belanja APBN yang baik.

Tentu saja hal ini menyisakan tanda tanya sebab anggaran APBN harusnya sesuai dengan pembelanjaan negara salah satunya digunakan untuk perbaikan jalan.

Dengan adanya kritikan tersebut, seorang pelajar asal Bima menjadi viral. Namun, di lain sisi nyatanya ada sebagian oknum yang menjadikan permasalahan tersebut sebagai bumerang agar Bima dapat dipenjarakan.

Oleh karena itulah, seorang Bima sudah memiliki planning untuk bisa mendapatkan jaminan perlindungan agar terhindar dari adanya diskriminasi.

Ia merencanakan untuk mendapat perlindungan dari negara asalnya belajar, yakni Australia. Sebab di negaranya sendiri, nyatanya tidak mendapat perlindungan malah merasa diintimidasi.

Pentingnya Pemberian Perlindungan Bagi Msyarakat di suatu Negara

Sobat Cahaya Islam, memberikan kebebasan, perlindungan maupun menerima aspirasi masyakarat adalah hal yang penting untuk didapatkan masyarakat. Mengapa demikian? Adapun penjelasannya sebagai berikut :

1.    Negara Menjamin Kebebasan

Sistem apaun yang diterapkan di sebuah negara, sejatinya negara perlu menjamin kebebasan masyarakat baik dari bebas berekspresi maupun menyatakan mendapat. Sebab hal ini penting dan bagian dari fitrah manusia.

Bila seorang masyarakat tidak mendapatkan haknya untuk boleh menyatakan pendapat, maka sejatinya sama saja dengan pembungkaman. Tentu hal ini tidak sesuai dengan fitrahnya manusia. Sebab semua manusia di hadapan Allah Ta’ala sama, sebagaimana firmanNya dalam surat Al Hujurat ayat 13 yakni :

يٰٓاَيُّهَا النَّاسُ اِنَّا خَلَقْنٰكُمْ مِّنْ ذَكَرٍ وَّاُنْثٰى وَجَعَلْنٰكُمْ شُعُوْبًا وَّقَبَاۤىِٕلَ لِتَعَارَفُوْا ۚ اِنَّ اَكْرَمَكُمْ عِنْدَ اللّٰهِ اَتْقٰىكُمْ ۗاِنَّ اللّٰهَ عَلِيْمٌ خَبِيْرٌ

Artinya : Wahai manusia! Sungguh, Kami telah menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan, kemudian Kami jadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kamu saling mengenal. Sesungguhnya yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa. Sungguh, Allah Maha Mengetahui, Mahateliti.

2.    Negara Menjamin Keamanan

Dimanapun berada, salah satu hal yang menjadikan manusia tetap bertahan yakni dengan adanya jaminan kemanaan untuk hidup dan bertempat tinggal. Namun, sebagian besar fakta yang ada malah berkata sebaliknya.

Mulai banyak negara yang mengintervensi kehidupan pribadi para masyarakat. Padahal, hal tersebut jika tidak bertentangan, maka tidak perlu dilakukan. Dalam Islam sendiri, keamanan bukan sekedar formalitas dan pencitraan dari suatu negara.

Malah halnya negara di dalam Islam akan berusaha semaksimal mungkin agar umat dapat tetap merasakan kenyamanan dan kedamaian bersama keluarga masing – masing.

Nah sobat Cahaya Islam, demikian ulasan yang berkaitan dengan protection visa dan penjelasan mengenai urgensitas memberikan perlindungan bagi masyarakat di suatu negara.

Sebab kehadiran sebuah negara seyogyanya berusaha memberikan perlindungan, kebebasan serta utamanya menerima aspirasi masyarakat, bukannlah malah memberikan intimadasi. Semoga ulasannya bermanfaat ya.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY