Prinsip Kerja Sukses: Kerjasama yang Baik dan Halal

0
173
Prinsip-Kerja-Sukses-Kerjasama-yang-Baik-dan-Halal

Prinsip Kerja Sukses – Saat ini, masih banyak terjadi penipuan dalam dunia kerja maupun usaha. Selain itu, tak jarang pekerja atau pelaku usaha mengambil hak orang lain. Tentu saja, hal tersebut menandakan perlunya menanamkan prinsip Kerjasama yang sesuai dengan karakter Islam. Dengan begitu, Allah akan meridhai kerja dan usaha kita, serta membuat hasilnya lebih berkah.

Allah Menyertai Kerjasama yang Baik

Pada hakekatnya, Allah menyertai orang yang bekerjasama satu sama lain. Dalam hal ini, kami sampaikan sebuah hadits qudsi yang berbunyi:

إِنَّ اللَّهَ يَقُولُ أَنَا ثَالِثُ الشَّرِيكَيْنِ، مَا لَمْ يَخُنْ أَحَدُهُمَا صَاحِبَهُ فَإِذَا خَانَهُ خَرَجْتُ مِنْ بَيْنِهِمَا

Sungguh Allah berfirman: ‘Aku adalah pihak ketiga dari 2 orang yang bekerjasama, selama salah satu pihak tidak mengkhianati pihak lain. Jika salah satunya berhianat, Aku keluar dari mereka.” (1)

Kalau Allah sudah menjadi yang ketiga dari orang yang bekerjasama, tentu saja kekuatan mereka sangat hebat. Sebaliknya, jika ada yang berkhianat, Allah tidak lagi menyertai kerjasamanya. Artinya, Kerjasama tersebut tinggal menunggu kehancuran. Pasalnya, Allah sudah tidak meridhainya sehingga kerjasamanya tidak berkah.

Jujur dan Amanah Sebagai Prinsip Kerja Sukses

Dari hadits di atas, kita bisa simpulkan bahwa Allah bersama pihak-pihak yang ber-syirkah (bekerjasama). Maksudnya, Allah menjaga mereka serta menolongnya. Tak hanya itu, Allah juga memberkahi Kerjasama atau usaha mereka.

Kemudian, Islam sangat melarang pengkhianatan, termasuk dalam Kerjasama. Jadi, jika ada yang berkhianat di antara pihak-pihak yang bermitra, Allah tidak akan menjaga dan menolongnya. Jika sudah begitu, Kerjasama dan usahanya tidak lagi diberkahi. Na’udzubillahi min dzalik.

Sehebat apapun pihak-pihak yang bermitra, jika mereka tidak membangun kejujuran dan sikap Amanah, pasti akhirnya runtuh juga sebab ada syaithan di dalamnya. Begitu juga sebaliknya, sekecil apapun usahanya, atau sekecil apapun kekuatan pihak-pihak yang ber-syirkah, jika mereka membangun sistem Amanah dan kejujuran, maka hasilnya akan besar dan barokah.

Apa Itu Kerjasama yang Benar Menurut Islam?

Salah satu prinsip Kerjasama dalam Islam adalah harus benar. Maksudnya ialah kerjanya baik, halal, dan sesuai dengan kemampuan. Oleh karena itu, keharusan dalam dunia kerja berlaku untuk siapa saja, termasuk pelanggan, mitra usaha, dan karyawan.

Sobat Cahaya Islam harus ingat bahwa karyawan punya peranan sangat penting karena dapat mengurangi dan meringankan beban pekerjaan. Sebagai imbalannya, karyawan mendapakan gaji atau upah. Di sini, pemberian gaji pun harus dilandasi dengan kejujuran, yakni sesuai dengan beban kerja, waktu, dan nilai yang sudah disepakati.

Dalam dunia kerja, Kerjasama antara pemilik usaha dengan mitra, manager dengan karyawan, dan pengelola bisnis dengan pelanggannya harus sama-sama berjalan dengan baik. Pasalnya, dari Kerjasama yang benar inilah yang nantinya memberikan keberkahan.


Referensi:

(1) Sunan Abi Dawud 3383

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY