Sehatnya Berjemur Sinar Matahari Pagi, Bukti Kuasa Allah

0
83

Berjemur Sinar Matahari Pagi – Merebaknya virus corona di berbagai negara di dunia menjadikan banyak masyarakat semakin berusaha untuk menjaga kesehatan. Ada banyak cara yang bisa dilakukan agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari paparan virus corona. Salah satu cara yang baik dilakukan dan banyak dianjurkan oleh para ahli kesehatan adalah berjemur sinar matahari pagi.

Matahari yang Allah ciptakan bukan hanya menjadi penerang alam semesta saja melainkan memiliki banyak manfaat luar biasa bagi setiap makhluk hidup. Dalam hal kesehatan, sinar matahari juga memiliki banyak manfaat yang mengagumkan salah satunya untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Manfaat Berjemur Sinar Matahari Pagi

Para ahli kesehatan banyak yang menganjurkan agar masyarakat saat ini lebih rutin melakukan kegiatan Berjemur Sinar Matahari Pagi karena sudah terbukti mampu meningkatkan kekebalan tubuh dan membunuh virus serta bakteri yang berbahaya. Manfaat lain dari sinar matahari bagi kesehatan adalah sebagai berikut:

  1. Menurunkan Tekanan Darah

Peneliti dari University of Edinburgh, ketika matahari menyentuh kulit maka tubuh akan memngelurakan senyawa nitric oxide yang berfungsi menurunkan tekanan darah.

  1. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Vitamin D membantu merangsang penyerapan kalsium dan fosfor dalam tubuh yang dapat menguatkan tulang. Ketika kita berjemur maka itu artinya kita sedang berusaha menghasilkan vitamin D dalam tubuh.

  1. Meningkatkan Fungsi Otak

Sinar matahari memacu pertumbuhan sel saraf di hippocampus, yang bertanggung jawab membentuk, mengatur, dan menyimpan memori. Jadi kesimpulannya, vitamin D yang didapatkan dari berjemur di pagi hari dapat meningkatkan fungsi otak pada seseorang.

  1. Hilangkan Depresi Ringan

Berjemur sinar marahari pagi ternyata juga bermanfaat untuk menghilangkan sedih dan depresi ringan. Jika tubuh kurang terkena sinar matahari padi maka dapat menyebabkan Seasonal Affective Disorder atau SAD.

  1. Tingkatkan Kualitas Tidur

Kualitas tidur akan lebih baik apabila berjemur sinar matahari. Ketika sinar matahari mengenai mata maka ana mengirim pesan ke kelenjar pineal di otak dan produksi melatonin (hormon kantuk) hingga matahri terbenam.

  1. Mengurangi Gejala Alzheimer

Sebuah penelitian menghasilkan kesimpulan bahwa pasien Alzheimer yang terpapar sinar matahari pagi dari jam 9 pagi hingga 6 malam mampu memiliki kesehatan mental yang lebih baik.

  1. Sembuhkan Beberapa Kelainan Kulit

Banyak orang yang memiliki masalah kulit seperti jerawat, jamur kulit, penyakit kuning, psoriasis, eksim dan lain sebagainya. Ternyata berjemur sinar matahari pagi juga dapat membantu menyembuhkan masalah penyakit tersebut apabila dilakukan secara rutin.

  1. Tingkatkan Pertumbuhan Anak

Bayi yang msih berusia baru lahir biasanya akan sering diajak berjemur sinar matahari pagi oleh orang tuanya karena memang manfaat dari berjemur sangat luar biasa bagi pertumbuhan anak. Berjemur matahari pagi dapat mempengaruhi tinggi badan anak di masa depan.

  1. Tingkatkan Kekebalan Tubuh

Saat ini wabah corona sedang merajalela sehingga penting bagi kita untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Salah satu cara yang efektif adalah dengan berjemur sinar matahari pagi.

Bukan hanya menjadikan sistem imun semakin aktif dan kuat namun berjemur juga dapay meningkatkan sel darah putih sehingga lebih kuat dalam memerangi penyakit. Manfaat lainnya adalah dapat membantu untuk mengobati penyakit seperti autoimun atau psoriasis.

  1. Mengurangi Risiko Kanker

Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan resiko terkena penyakit kanker lebih tinggi. Sehingga berjemur sinar matahari pagi memang merupakan hal yang sangat penting untuk mengurangi resiko kanker.

Matahari yang Allah ciptakan memang begitu luar biasa manfaatnya. Banyak dari kita mungkin belum tahu mengenai manfaat lain dari matahari. Bukan hanya sebagai sumber energi utama untuk semua makhluk hidup namun ternyata juga banyak memberikan manfaat luar biasa apabila kita tahu bagaimana cara untuk memanfaatkannya.

“Tidakkah kamu perhatikan bagaimana Allah telah menciptakan tujuh langit bertingkat-tingkat? Dan Allah menciptakan padanya bulan sebagai cahaya dan menjadikan matahari sebagai pelita?,” Surah Nuh Ayat 15-16.

Sobat cahaya Islam, setelah kita mengetahui betapa banyaknya manfaat yang terkandung dalam cahaya matahari maka kita hendaknya semakin kagum dengan yang menciptakannya. Betapa Allah mencipatakan sesuatu dengan manfaatnya masing -masing. Terkadang kita tidak tahu manfaatnya sehingga lebih banyak memngeluh ketika terpapar sinar matahari. Semoga setelah mengetahui ini kita bisa semakin bersyukur dan bertaqwa kepada Allah sehingga kenikmatan yaang Allah berikan akan terus ditambahkan.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!