Pesawat Jatuh di Danau Sentani, Inilah Doa Naik Kendaraan

0
91

Pesawat Jatuh – Sebuah pesawat jatuh di Danau Sentani Papua. Pesawat tersebut merupakan maskapai MAF 100-PK-MEC. Pesawat tersebut jatuh pada Selasa Pagi hari sekitar pukul 06.29 WIT. Pesawat tersebut terbang sebagai penerbangan dukungan logistis sehingga tidak membawa penumpang. Namun akibat kecelakaan pesawat tersebut seorang pilot wanita bernama Joyce Chaisin Lin (40) tewas. Pilot tersebut merupakan warga negara Amerika serikat.

Jenazah dari pilot wanita tersebut kemudian dilarikan ke rumah sakit Bayangkara untuk mendapatkan tindakan medis. Penyebab jatuhnya pewatan di Danau Sentani tersebut hingga kini masih dalam penyelidikan. Kabarnya pesawat tersebut membawa sembako menuju ke Mamit kabupaten Tolikara.

Kejadian Pesawat Jatuh merupakan hal yang sudah sering terjadi. Kecelakaan memang merupakan sesuatu yang sangat tidak terduga. Seperti yang kita tahu bahwa di manapun manusia berada baik itu di darat, di laut maupun di udara jika maut sudah tiba maka tidak ada yang bisa menolaknya.

Pesawat Jatuh adalah Takdir Allah

Sobat cahaya Islam, kita sebagai orang yang beriman tentu saja merasa sedih jika ada orang lain yang tertimpa musibah. Namun apalah daya manusia kita hanya bisa mendoakan saja. Ssemua yang terjadi adalah atas izin dan kehendak Allah. Apabila kita melihat ada kecelakaan atau tertimpa musibah maka kita sebaiknya membaca doa :

“Bismillahir rohmaanir rohiim, laa haula walaa quwwata illa billahil ‘aliyyil azhiim.”

Segala sesuatu yang bernyawa pasti akan dimatikan untuk kemudian mempertanggung jawabkan apa yang telah diperbuat selama di dunia. Hal yang terpenting adalah selagi kita masih diberikan kesempatan hidup sebaiknya memanfaatkan usia dengan sebaik mungkin.

Kehidupan di dunia hanya sementara dan kita tidak pernah tahu sampai kapan kita bisa menikmati kehidupan ini. Mempersiapkan diri untuk bekal setelah kematian merupakan hal yang harus diutamakan agar tidak ada penyesalan di akhirat nanti.

Membaca Doa Naik Kendaraan

Ketika kita akan melakukan kegiatan sebaiknya selalu dimulai dengan membaca doa minimal dengan membaca basmalah. Dan apabila kita hendak naik kendaraan baik itu kendaraan darat, laut maupun udara maka terdapat bacaan doa tersendiri.

Memulai segala sesuatu dengan bacaan doa dan basmalah inshaallah akan selalu mendapatkan perlindungan serta rahmat dari Allah SWT. Jangan sampai kita lupa membaca doa karena doa memberikan keberkahan dalam kehidupan kita.

Bacaan Doa Naik kendaraan

Berikut ini adalah bacaan doa ketika kita hendak naik kendaraan:

بِاسْمِ اللَّهِ

 الْحَمْدُ لِلَّهِ

{ سُبْحَانَ الَّذِي سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِينَ } { وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنقَلِبُونَ }

(3x) الْحَمْدُ لِلَّهِ 

(3x) اللَّهُ أَكْبَرُ

 سُبْحَانَكَ إِنِّي ظَلَمْتُ نَفْسِي، فَاغْفِرْ لِي، فَإِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلَّا أَنْتَ. 

Dengan nama Allah, segala puji bagi Allah, Maha Suci Rabb yang menundukkan kendaraan ini untuk kami, padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya. Dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Robb kami (di hari kiamat). Segala puji bagi Allah (3x), Allah Maha Besar (3x), Maha Suci Engkau Ya Allah, sesungguhnya aku menganiaya diriku, maka ampunilah aku. Sesungguhnya tidak ada yang mengampuni dosa-dosa kecuali Engkau.”

(HR. Abu Dawud (no.2602), at-Tirmidzi (no.3446)

Membaca doa naik kendaraan telah dicontohkan oleh Rasulullah SAW. Saat akan bepergian, kita harus memulai dengan membaca doa keluar rumah dan selanjutnya membaca doa ketika naik kendaraan. Selama dalam perjalanan, alangkah baiknya jika kita tidak hanya berdiam diri lalu melamunkan hal-hal yang tidak penting  namun dengan membaca bacaan dzikir di dalam hati.

Dengan begitu maka Allah akan semakin menyayangi kita dan melindungi kita di manapun kita berada. Pesawat Jatuh tidak ada yang bisa mencegahnya namun dengan berserah diri kepada Allah dan memohon perlindunganNya maka Inshaallah sobat cahaya Islam akan selalu diberi kemudahan.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!