Perang Badar, 6 Fakta Penting yang Perlu Diketahui

0
123

Perang Badar – Salah satu peristiwa besar bagi umat muslim adalah Perang Badar. Peristiwa ini merupakan peperangan atau pertempuran pertama yang dilakukan oleh umat muslim bersama dengan Rasulullah dalam melawan orang-orang kafir.

Pada peperangan tersebut, Allah menganugerahkan kemenangan bagi muslim sehingga hal ini menjadi peperangan yang luar biasa untuk diketahui sejarahnya. Pada hari terjadinya peperangan tersebut, Allah menyebut hari tersebut dengan Yaum Al-Furqan yang artinya hari pembeda.

Disebut hari pembeda karena memang pada hari itu dinampakkan dengan jelas mana yang haq dan mana yang batil. Allah memberikan pertolongan bagi umat Islam sehingga mampu memenangkan pertempuran dengan para musuh.

Terdapat beberapa fakta yang ada dalam perang badar, sobat cahaya Islam perlu untuk mengetahuinya. Berikut ini adalah 6 fakta penting mengenai perang badar yang perlu sobat cahaya Islam pahami:

1. Terjadi di Bulan Ramadan

Fakta yang pertama mengenai perang badar adalah peperangan ini terjadi pada bulan Ramadan yakni tepatnya pada tanggal 17 Ramadhan setelah Rasulullah melakukan hijrah menuju Madinah.

2. Jarak Badr dengan Madinah sekitar 70 Mil

Fakta yang kedua adalah jarak Madinah dengan tempat peperangan adalah sekitar 70 mil yang apabila ditempuh dengan kendaraan akan membutuhkan waktu 1 jam 45 menit. Sedangkan pada zaman tersebut belum ada kendaraan seperti sekarang sehingga membutuhkan waktu lebih lama.

3. Perang Badar Disebut dalam Al-Quran

Perang badar ini banyak disebutkan dalam Al-Quran yakni seperti pada Surat Ali-’Imran ayat 123

“Sungguh Allah telah menolong kamu dalam peperangan Badar, padahal kamu adalah (ketika itu) orang-orang yang lemah. Karena itu bertakwalah kepada Allah, supaya kamu mensyukuri-Nya.”

4. Jumlah Umat Islam Lebih Sedikit

Perlu sobat Cahaya Islam ketahui bahwa dalam perang badar jumlah umat Islam lebih sedikit dibandingkan dengan pasukan musuh. Perbandingan jumlah umat Islam dengan musuh adalah 1:3 dengan jumlah umat Islam hanya 313 sedangkan pasukan musuh sekitar 950 orang. Meskipun kalah dalam jumlah, dengan izin Allah umat Islam dapat meraih kemenangan.

Hampir semua sahabat Rasulullah ikut dalam peperangan kecuali Ustman yang diinstruksikan oleh Rasul untuk menjaga Ruqayyah istri Rasulullah yang sedang sakit.

5. Malaikat Membantu Umat Muslim

Dalam peperangan tersebut, umat Islam dapat menang melawan musuh karena Allah menurunkan malaikat untuk membantu umat Islam. Sekitar 5000 malaikat turut membantu kaum muslim sehingga dapat menang dalam pertempuran meskipun kalah dalam jumlah pasukan dan persenjataan.

6. Beberapa Koban Berjatuhan

Akibat peristiwa perang badar tersebut 14 sahabat Rasulullah syahid. Selain itu sekitar 70 tentara Quraisy juga tewas termasuk Abu Jahl yang menjadi komandan mereka. Kekalahan kaum musuh menyebabkan banyak yang menjadi tawanan kaum muslim.

Namun umat Islam memperlakukan tawanan dengan baik dan terhormat dan tidak diperlakukan semena-mena. Betapa akhlak Rasulullah sangat luar biasa bahkan terhadap musuh sekalipun.

Peristiwa perang Badar tersebut mengandung makna yang luar biasa. Betapa pertolongan Allah sangatlah dekat. Tidak ada yang tidak mungkin jika Allah menghendaki sesuatu. Bahkan jika dilihat dari jumlah pasukan dan persenjataan, sangat mustahil umat Islam untuk menang dalam perang tersebut.

Kemurahan dan pertolongan Allah dengan menurunkan bantuan menajdikan umat Islam dapat memenangkan pertempuran sehingga semakin menguatkan Islam pada masa itu.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!