Ketahui Perlengkapan Umroh Wanita 12 Hari, Apa Saja?

0
288
perlengkapan umroh wanita 12 hari

Perlengkapan umroh wanita 12 hari – Ketahui apa saja perlengkapan umroh wanita 12 hari, terutama jika ini adalah perjalanan umroh Anda yang pertama. Melakukan ibadah di Tanah Suci adalah impian seluruh umat Islam di seluruh dunia. Perjalanan umroh menjadi pilihan karena regulasi nya lebih mudah dan bisa dilakukan tanpa daftar tunggu yang sangat lama seperti ibadah haji.

Durasi perjalanan umroh umumnya memakan waktu antara 9-12 hari tergantung paket yang dipilih oleh jemaah. Dalam buku Fiqih Umroh yang disusun oleh Muhammad Ajib, disebutkan bahwa umroh adalah sengaja mendatangi Ka’bah untuk melakukan ibadah (thawaf dan sa’i). Perjalanan umroh juga bisa dilakukan kapan saja.

Durasi Perjalanan Umroh

Ibadah umroh merupakan salah satu sunnah Rasul yang juga disunnahkan bagi wanita sebagaimana dijelaskan melalui hadits,

وبحديث عائشة رضي الله تعالى عنها قالت : « قلت : يا رسول اللّه هل على النّساء جهاد ؟ قال : نعم ، عليهنّ جهاد لا قتال فيه : الحجّ والعمرة » 

“Dengan hadits ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, ia berkata, “Wahai Rasulullah, apakah wanita juga wajib berjihad?” Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, “Iya. Dia wajib berjihad tanpa ada peperangan di dalamnya, yaitu dengan haji dan ‘umroh.” (HR. Ibnu Majah no. 2901)

Secara umum, ritual ibadah umroh dapat diselesaikan dalam waktu 2 hingga 3 jam. Namun agen perjalanan umroh biasanya menggabungkan ibadah dengan perjalanan wisata religi hingga durasinya bisa mencapai 9 hingga 12 hari. Durasi perjalanan ini tergantung dari agen dan biaya yang dipilih.

Jika Anda memilih perjalanan ibadah selama 12 hari, maka semakin banyak lokasi wisata religi yang dikunjungi. Anda juga bisa melakukan ritual ibadah di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi selama beberapa kali. Tanpa terasa, waktu 12 hari pasti akan terasa kurang dan jamaah sebagian besar akan merasa bersedih saat harus pulang.

perlengkapan umroh wanita 12 hari

Perlengkapan umroh wanita 12 hari harus Anda siapkan dengan baik jika Anda memilih durasi perjalanan ini. Kelengkapan ini sangat penting agar Anda khusyu’ saat melaksanakan ibadah umroh. Anda cukup memusatkan pikiran dan tenaga pada rangkaian ibadah yang harus dilakukan.

Ibadah umroh sering disebut sebagai haji kecil, karena ibadah ini sama-sama dilaksanakan di tanah Suci. Amalan melaksanakan ibadah umroh pun disebut sebagai amalan yang dapat menghapus dosa, seperti yang diriwayatkan dalam hadits berikut,

الْعُمْرَةُ إِلَى الْعُمْرَةِ كَفَّارَةٌ لِمَا بَيْنَهُمَا ، وَالْحَجُّ الْمَبْرُورُ لَيْسَ لَهُ جَزَاءٌ إِلاَّ الْجَنَّةُ

Antara umrah yang satu dan umrah lainnya, itu akan menghapuskan dosa di antara keduanya. Dan haji mabrur tidak ada balasannya melainkan surga.” (HR. Bukhari no. 1773 dan Muslim no. 1349) 

Daftar Perlengkapan Umroh Wanita 12 Hari yang Wajib Dibawa

Jika Anda seorang wanita dan memilih perjalanan umroh 12 hari, maka ada beberapa perlengkapan yang wajib dibawa. Pastikan semua benda berikut ini masuk ke dalam koper, agar Anda tidak kerepotan mencari saat membutuhkannya di Tanah Suci. Apa saja perlengkapan umroh wanita 12 hari yang harus disiapkan?

1. Perlengkapan Ritual Ibadah

Benda wajib yang tidak boleh dilupakan yaitu pakaian ihram yang menutup seluruh aurat,mukena, sajadah dan Al Qur’an. Karena perjalanan 12 hari cukup lama, bawalah beberapa mukena ganti untuk berjaga jika mukena terkena kotor atau najis. Bawalah mushaf Al Qu’ran berukuran kecil agar mudah dibawa.

2. Pakaian dan Perlengkapan Pribadi

Bawalah beberapa pakaian ganti yang longgar dan menyerap keringat. Jangan lupa membawa pakaian dalam dan pantyliner secukupnya. Karena iklim dan cuaca di sana sangat berbeda, bawalah pelembab dan tabir surya untuk melindungi kulit.

perlengkapan umroh wanita 12 hari

Sebaiknya Anda juga membawa alas kaki, kaus kaki, masker dan kacamata. Untuk menjaga kebersihan, bawa perlengkapan mandi yang lengkap. Anda tentu saja selalu ingin menjaga kebersihan agar bisa beribadah dengan tenang.

3. Obat-obatan Pribadi Wajib Dibawa

Perbedaan suhu dan cuaca bisa menimbulkan berbagai penyakit tak terduga. Untuk menghindari hal yang tak diinginkan,sebaiknya Anda membawa obat-obatan pribadi walaupun di Tanah Suci terdapat fasilitas pengobatan bagi jamaah. Membawa obat sendiri tentu saja lebih aman dan praktis.

Sobat Cahaya Islam, perjalanan umroh adalah ibadah yang menjadi salah satu sunnah Rasul. Ibadah ini sangat penting dan memiliki ritual perjalanan yang panjang terutama jika Anda memilih durasi 12 hari. Karena itu sangat penting untuk mengetahui daftar perlengkapan umroh wanita 12 hari bagi Anda yang menjalankannya.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY