Peringatan HUT RI ke-76 dan Hadiah untuk Indonesia

0
58
HUT RI ke-76

HUT RI ke-76 – Sobat Cahaya Islam, tanpa kita sadari sudah lebih dari ¾ abad alias 76 tahun Indonesia merdeka. Hal apa saja yang sudah Sobat lakukan menjelang hari kemerdekaan Indonesia? HUT RI ke-76 tahun 2021 ini akan kita peringati pada tanggal 17 Agustus tepatnya hari Selasa.

Meski pandemi belum selesai kita perangi. Namun, ada yang menarik dari HUT RI ke-76 tahun ini. Sebab, peringatan hari kemerdekaan Indonesia tahun ini bersamaan dengan olimpiade bulu tangkis internasional. Tentu Sobat juga telah mendengar beritanya bahwa Indonesia berhasil membawa medali emas.

Tepat pada hari ini (2/8/21) Greysia Polii dan Apriyani Rahayu sebagai perwakilan ganda putri Indonesia membawa pulang medali emas , dari olimpiade bulu tangkis yang digelar di Tokyo. Kita ikut merasakan semangat kemenangan. Apalagi, kabar ini juga telah membawa kabar bahagia selain kabar duka dari Covid yang terus memakan korban di Indonesia.

Sobat Cahaya Islam, medali perunggu juga berhasil dibawa pulang oleh Anthony Sinisuka Ginting. Kabar ini benar-benar membuat kita bersyukur atas kemenangan Indonesia. Apalagi waktunya mendekati peringatan HUT RI ke-76. Seakan kemenangan tadi bisa kita sebut sebagai kado di hari kemerdekaan Indonesia ke-76.

Tahukah Sobat bahwa setiap tahun tema dan logo HUT RI memiliki arti yang berbeda? Tahun ini tema yang diangkat dari HUT RI ke-76 adalah “Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh”, dengan 4 makna dasar dari logo angka 76, yaitu: 1) Stabilitas dan Pembangungan, 2) Gerak dan Pertumbuhan, 3) Persatuan dan Harapan, serta 4) Ruang Kebersamaan.

HUT RI ke-76 sebagai Bentuk Cinta Tanah Air

Sobat Cahaya Islam, bangsa Indonesia selalu memperingati hari kemerdekaan setiap tanggal 17 Agustus. Jika kita menilik kembali sejarah kemerdekaan Indonesia tentu akan panjang ceritanya. Namun, sejarah dari proklamasi yang Soekarno bacakan di Jalan Pegangsaan Timur No.56 Jakarta Pusat tidak bisa kita lupakan.

Sobat Cahaya Islam, sebagai bentuk cinta tanah air kita terhadap negara Indonesia sudah sepatutnya kita ikut andil dalam peringatan hari kemerdekaan. Meski perjuangan para pahlawan telah membawa Indonesia merdeka. Namun, kita tidak boleh berhenti untuk terus maju dan berkembang agar Indonesia semakin berjaya.

1.      Cinta Tanah Air sebagian dari Iman

HUT RI ke-76

KH. Muhammad Hasyim Asy’ari mencetuskan pernyataan bahwa cinta tanah air adalah sebagian dari iman. Menurut beliau sikap nasionalisme tidak dapat kita pisahkan dari agama. Tentu keduanya saling mempengaruhi. Bahkan, KH. Said Aqil Siroj menyatakan jika agama tanpa nasionalisme akan menjadi paham yang ekstrem.

Ketika kita mencintai tanah air tentu hal ini akan berpengaruh terhadap kestabilan dan keamanan tempat tinggal kita. Sikap cinta tanah air berarti mendorong seseorang untuk menjaga dan melindungi tanah airnya dari serangan luar. Hal ini juga akan berpengaruh terhadap kenyamanan beribadah Sobat sekalian, lho!

2.      Mendoakan Tanah Air

Salah satu bentuk sikap cinta tanah air adalah dengan mendoakannya. Allah telah berfirman dalam Al-Quran sebagai berikut:

“Ya Tuhanku, jadikanlah negeri ini negeri yang aman sentosa, dan berikanlah rezeki dari buah-buahan kepada penduduknya yang beriman di antara mereka kepada Allah dan hari kemudian.” (QS. Al-Baqarah [2]: ayat 126)

Doa di atas selalu Nabi Ibrahim doakan untuk Makkah, sebagai tempat kelahirannya. Sesuai sejarahnya, Nabi Ibrahim sempat berpindah-pindah tempat tinggal, seperti di Suriah, Babilonia, Palestina. Namun, Makkah tetap menjadi tempat yang beliau rindukan dan dan dapat beliau rasakan kenyamanannya.

Demikian tadi sedikit informasi tentang peringatan HUT RI ke-76 serta sikap cinta tanah air. Jangan lupa Sobat untuk memasang bendera merah putih mulai tanggal 1 hingga 31 Agustus, sebagai salah satu bentuk sikap cinta tanah air dan memperingati hari kemerdekaan Indonesia.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY