Megahnya SoFi Stadium, Bukti Keagungan Allah Ta’ala

0
35
SoFi Stadium

SoFi Stadium – Siapa sih yang tak jatuh hati dengan SoFi Stadium? Salah satu bangunan terpilih yang akan disulap menjadi gedung megah bagi konser BTS.

Hal ini tentunya merupakan kabar baik bagi para Army yang sudah menunggu hampir dua tahun lamanya di-offkannya konser sebagai bagian dari pemenuhan protokol kesehatan.

Sobat Cahaya Islam, kemegahan SoFi Stadium adalah hasil dari intelektualitas para arsitektur yang memaksimalkan akal pemberian sang Pencipta.

Bangunan semacam ini tentunya juga merupakan impian dari para arsitektur dunia terdahulu. Namun karena keterbatasan teknologi dan bahan maupun contoh desain, akhirnya impian bangunan tersebut terwujud setelah beberapa tahun lamanya.

Apa Sih SoFi Stadium?

Sobat Cahaya Islam, SoFi Stadium adalah bangunan yang berlokasi di Inglewood, Los Angeles dengan keunikan di berbagai bangunannya.

Beberapa event besar sebelumnya juga karena kemegahan dan konsepnya yang elegan.

Bangunan ini sendiri seringkali mendapat gelar “the home of the Los Angeles Chargers and The Los Angeles Rams.

Beberapa event besar yang masih coming soon diantaranya yakni Opening & Closing Olympic Games yang terselenggara tahun 2028, The Collage Football Championship Game tahun 2023 dan Super Bowl LVI di 2022 mendatang. Menarik bukan?

Selain itu, terdapat beberapa fasilitas ruangan indoor/ outdoor dan bangunan hotel, kompleks perumahan maupun lahan taman terbuka.

Di jaman serba canggih sekarang, tentu akan ada banyak para arsitektur maupun desainer interior berlomba – lomba membaguskan sebuah bangunan. Baik dari segi fungsi maupun estetikanya.

Namun, idealnya dalam Islam terhadap beberapa rambu – rambu agar umat tak salah dalam mendayagunakan hasil karya umat dalam hal bangunan. Inilah kehebatan dari akal manusia. Hal ini sesuai dengan firman Allah Ta’ala yakni dalam surat Al Maidah ayat 58 :

وَإِذَا نَادَيْتُمْ إِلَى ٱلصَّلَوٰةِ ٱتَّخَذُوهَا هُزُوًا وَلَعِبًا ۚ ذَٰلِكَ بِأَنَّهُمْ قَوْمٌ لَّا يَعْقِلُونَ

Artinya : Dan apabila kamu menyeru (mereka) untuk (mengerjakan) sembahyang, mereka menjadikannya buah ejekan dan permainan. Yang demikian itu adalah karena mereka benar-benar kaum yang tidak mau mempergunakan akal.

Sebab ada beberapa bangunan tertentu yang tak dapat umat kunjungi jika tak ada alasan syar’i. Selain itu, tak ada pula jaminan tertentu bagi umat untuk bisa menggunakan semua hasil ciptaan umat.

Biasanya, dalam pembelajaran Islam bab ini masuk dalam pembahasan hadlarah dan madaniyah.

Bagaimana Pandangan Islam terhadap Hadlarah dan Madaniyah?

Sobat Cahaya Islam, Hadlarah dan Madaniyah adalah salah satu ajaran Islam yang harus umat pahami agar tak salah dalam mengambil kebijakan.

Hadlarah adalah hasil dari peradaban tertentu misalnya seperti pemikiran, bangunan kepercayaan dan beberapa benda simbolis yang melambangkan agama tertentu.

Contoh dari Hadlarah sendiri yakni gereja, candi maupun baju keagamaan dari umat tertentu. Umat harus jeli dalam menganalisa manakala benda maupun pemikiran yang dapat mengarahkan mereka pada hadlarah.

Sebab Hadlarah dapat mengaburkan aqidah umat Islam secara tidak sadar.

SoFi Stadium

Sedangkan Madaniyah adalah wujud atau hasil dari intelektualitas manusia yang tidak mengandung pemikiran dan pandangan dari agama tertentu.

Beberapa contoh Madaniyah misalnya mobil, hp, baju dan benda lainnya. Bangunan pun juga dapat menjadi salah satu contoh dari Madaniyah jika memang tidak berkaitan dengan agama tertentu.

Nah Sobat Cahaya Islam, demikianlah ulasan mengenai SoFi Stadium dan pandangan Islam terkait kebaruan akan teknologi. Semoga umat tak latah dengan serba serbi kecanggihan hari ini agar tak terjebak pada kemaksiatan. Aamiin ya Robbal ‘Alamiin.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY