Sudah Tahu? Ini Penyebab Pendarahan Otak dan Jenisnya

0
59
Penyebab Pendarahan Otak

Penyebab Pendarahan Otak – Baru-baru ini artis Indra Bekti alami pendarahan otak. Banyak orang yang bersimpati atas kejadian tersebut, melantunkan do’a berharap segera Allah berikan kesembuhan.

Mendengar pendarahan otak, menjadi banyak orang penasaran apa penyebab pendarahan otak ini.

Jika Sobat salah satu yang merasa penasaran, maka menyimak artikel ini adalah langkah tepat. Kami akan membahas apa saja penyebab serta jenis-jenis dari pendarahan otak. Hal ini, agar Sobat Cahaya Islam bisa lebih berhati-hati dan tidak sembrono menjalani keguatan sehari-hari.

Penyebab Pendarahan Otak

Ada beberapa hal yang menyebabkan mengapa terjadi pendarahan pada otak. Pasalnya ini bukan terjadi begitu saja, tanpa sebab. Melainkan ada beberapa sebab tertentu sehingga mengakibatkan terjadi pendarahan pada otak manusia. Berikut ini sejumlah penyebab pendarah otak.

1. Kelainan Pembuluh Darah

Salah satu penyebab terjadinya pendarahan otak, karena adanya kelainan pada pembuluh darah. Kondisi ini biasanya terjadi sejak keadaan lahir. Kelainan ini dapat membuat dinding pada bagian pembuluh darah bagian otak menjadi lemah.

Penyebab Pendarahan Otak

Biasanya disebut juga sebagai malfomasi arteri vena. Biasanya penderita ini tidak selalu mengeluhkan adanya gejala tertentu, tapi seketika saat pembulu darah pecah bisa mengakibatkan kondisi sangat berbahaya.

2. Cidera

Penyebab yang kedua karena adanya cidera atau benturan keras pada kepala. Umumnya hal ini terjadi ketika seseorang mengalami kecelakaan, jatuh dari ketinggian, atau karena kegiatan olahraga.

Bagi para lansia, pembuluh darah pecah bisa dialami meskipun mengalami cidera yang ringan. Cidera ringn biasanya tidak ada bekas luka, lebam, atau seperti cidera lainnya. Maka bagi Sobat yang memiliki orangtua sudah renta, jagalah dengan baik.

3. Tekanan Darah Meninggi

Penyebab pendarahan otak lainnya, karena tekanan darah terlalu tinggi. Hipertensi atau tekanan darah tinggi sendiri merupakan penyakit kronis dalam jangka panjang. Kehadiran penyakit ini, dapat melemahkan dinding-dinding pembuluh darah.

Penyebab Pendarahan Otak

Begitu juga pembuluh darah otak. Jika tekanan darahnya tidak terkendali, seringing berjalan waktu penyakit ini mengakibatkan terjadinya stroke pendarahan.

4. Pembengkakan Pada Pembuluh Darah

Penyebab selanjutnya, karena adanya pembengkakan pada pembuluh darah. Penyebab ini juga dikenal sebagai aneurisma dan menyebabkan pembuluh darah menjadi lemah. Kemudian bisa menjadi pecah serta meyebankan pendarahan pada otak. Kondisi ini juga dapat menyebabkan terjadinya stroke.

5. Gangguan Pembekuan Darah

Penyebab yang terakhir, menurunnya trombosit hingga menyebabkan pendarahan otak. Anemia sel sabit, hemofilia serta mengonsumsi obat-obatan pengencer darah menjadi beberapa hal ikut berkontribusi dalam hal ini.

Setelah mengetahui penyebabnya, ternyata ada beberapa jenis; pendarahan subarachnoid, hematoma epidural juga subdural, dan pendarahan intraselebral.

Melihat kasus seperti ini, sebagai seorang muslim kita harus mampu berhati-hati. Serta jangan lupa untuk menjaga kesehatan supaya tetap terjauh dari berbagai penyakit membahayakan tubuh.

Islam sendiri mendorong manusia tetap hidup sehat. Tidak hanya sehat secara fisik tetapi juga rohaninya. Islam benar-benar memberikan petunjuk kepada umat manusia terkait hal ini, seperti yang sudah termaktub di dalam ayat Al-Qur’an berikut ini.

“Wahai orang-orang yang beriman! Apabila kamu hendak melaksanakan salat, maka basuhlah wajahmu dan tanganmu sampai ke siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kedua kakimu sampai ke kedua mata kaki. Jika kamu junub, maka mandilah. Dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air (kakus) atau menyentuh perempuan, maka jika kamu tidak memperoleh air, maka bertayamumlah dengan debu yang baik (suci); usaplah wajahmu dan tanganmu dengan (debu) itu. Allah tidak ingin menyulitkan kamu, tetapi Dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan nikmat-Nya bagimu, agar kamu bersyukur.” (QS. Al-Maidah: 06)

“Dan makanlah dari apa yang telah diberikan Allah kepadamu sebagai rezeki yang halal dan baik, dan bertakwalah kepada Allah yang kamu beriman kepada-Nya.” (QS. Al-Maidah: 88)

 Dengan begitu tetap jagalah kesehatan, supaya terjauh dari penyakit berbahaya seperti penyebab pendarahan otak ini.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY