Kajian Islam: Ucapan Salam Doa untuk Saudara

0
338

Kajian islam – Sobat cahaya islam, ucapan Assalamu’alaikum merupakan rangkain kata yang singkat. Walaupun singkat ternyata kalimat salam ini mengandung makna yang luar biasa. Dalam kalimat yang sangat pendek terdapat do’a pengharapan terhadap Allah SWT. Do’a pengharapan dalam kalimat salam itu berupa keinginan yang kuat agar saudara seiman selalu dalam curahan dan limpahan barokah dari Allah SWT.

Kajian Islam: Ucapan Salam Doa untuk Saudara

Tentu saja do’a pengharapan terhadap sesama muslim ini sangatlah mulia. Seseorang yang mendapatkan do’a keselamatan dari orang lain tentu saja akan merasa bahagia. Kebahagian juga dirasakan oleh saudara seiman apabila disapa dengan kalimat salam. Hal ini sesuai dengan berbagai penjelasan dan penjabaran pada kajian islam tentang mengucapkan salam. Oleh karena itulah sudah sepantasnya sebagai umat Nabi Muhammad SAW untuk selalu mengucapkan salam kepada semua saudara seiman.

Dalil Tentang Dianjurkannya Mengucapkan Salam

Islam merupakan agama sempurna yang diturunkan Allah SWT melalui perantara Nabi Besar Muhammmad SAW. Dikatakan sebagai agama sempurna lantaran dalam syariat islam mengatur seluk beluk kehidupan umat manusia. Berbagai aturan ini tertuang di dalam Al Qur’an dan Hadits Nabi Muhammad SAW. Dalam kajian islam, Al Qur’an dan Hadits menjadi dasar dari tata cara hidup kaum muslimin. Dengan kata lain, kedua – duanya merupakan dasar dari syariat islam yang mulia.

Sobat cahaya islami, setiap muslim pasti ingin memperoleh pahala dalam setiap tindakan. Agar keinginan ini terwujud, maka perlu mencontoh suri tauladan Rasulullah SAW. Suri tauladan dari nabi dan rasul yang mulia ini termuat dalam Al Qur’an dan Hadits. Oleh sebab itu, maka setiap tindakan yang dikerjakan harus memiliki dasar dalil yang kuat. Dalam kajian islam, hal ini juga berlaku pada tindakan mengucapkan salam.

Salam merupakan sebuah ucapan atau tegur sapa yang dilakukan oleh seseorang terhadap orang lain. Dalam kajian islam, seorang muslim juga dianjurkan untuk saling bertegur sapa dengan saudaranya seiman. Hal ini tertuang dalam Hadits Riwayat Muslim nomer 39 :

حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيدٍ، حَدَّثَنَا لَيْثٌ، ح وَحَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ رُمْحِ بْنِ الْمُهَاجِرِ، أَخْبَرَنَا اللَّيْثُ، عَنْ يَزِيدَ بْنِ أَبِي حَبِيبٍ، عَنْ أَبِي الْخَيْرِ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرٍو، أَنَّ رَجُلاً، سَأَلَ رَسُولَ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم أَىُّ الإِسْلاَمِ خَيْرٌ قَالَ ‏ “‏ تُطْعِمُ الطَّعَامَ وَتَقْرَأُ السَّلاَمَ عَلَى مَنْ عَرَفْتَ وَمَنْ لَمْ تَعْرِفْ ‏”

Qutaibah bin Sa’id telah menceritakan kepada kami: Laits menceritakan kepada kami. (Dalam riwayat lain) Muhammad bin Rumh bin Al-Muhajir telah menceritakan kepada kami: Al-Laits mengabarkan kepada kami dari Yazid bin Abu Habib, dari Abu Al-Khair, dari ‘Abdullah bin ‘Amr, bahwa ada seseorang bertanya kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Islam yang manakah yang terbaik?” Nabi menjawab, “Engkau memberi makanan dan engkau menyampaikan salam kepada orang yang engkau kenali dan yang tidak engkau kenal.” [1]

Menurut kajian islam, dalam hadits di atas dijelaskan bahwa seorang seorang laki – laki bertanya pada Rasulullah tentang bagaimana sebenarnya islam yang bagus. Kemudian oleh Rasulullah SAW di jawab bahwa memberi makan pada orang yang membutuhkan dan mengucapkan salam kepada siapa saja. Dengan adanya dasar hadits rasulullah ini, maka sudah sepantasnya bagi kita untuk selalu mengucapkan salam bila bertemu saudara seiman.

Keutamaan Bagi Orang Yang Mengucapkan Dan Membalas Salam

Kajian islam merupakan bagian vital atau penting bagi kaum muslimin. Semua itu bisa terjadi karena dalam suatu kajian islam akan dibahas mengenai seluk beluk tentang agama yang mulia ini. Pemahaman yang baik tentang agama islam akan membuat kaum muslimin bisa menjalankan kehidupan sesuai tutunan rasulullah.

Salah satu ajaran yang dilakukan oleh baginda Nabi Agung Muhammad SAW adalaH mengucapkan salam. Pada dasarnya, salam merupakan doa. Oleh karenanya, maka perbuatan terpuji ini memiliki berbagai keuataman bagi kaum muslimin yang melakukannya. Adapun keuataman yang akan diperoleh oleh seseorang yang mengucapkan salam antara lain :

Mendapatkan pahala dari Allah SWT

Keutamaan yang akan diperoleh oleh orang yang mengucapkan dan membalas salam yakni memndapat pahala dari Allah SWT. Ketika seorang muslim saling bertegur sapa dengan muslim lain menggunakan salam, maka ibaratnya mereka saling mendoakan. Mendoakan saudara seiman dalam ajaran islam akan diberi ganjaran oleh Allah SWT berupa pahala yang akan menuntut pelakunya ke surga.

Dianggap telah menunaikan hak terhadap saudara seiman

Dalam kajian islam, seorang muslim memiliki hak yang harus ditunaikan oleh saudaranya. Salah satu hak seorang muslim terhadap saudara seiman yakni membalas salam. Oleh sebab itulah, maka seorang muslim yang mengucapkan salam dianggap menunaikan hak terhadap saudaranya.


[1] H.R.Muslim nomer 39 (shahih), bab tentang Mengklarifikasi keunggulan Islam, dan bagian mana yang terbaik

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!