Peningkatan Kasus Covid-19 dan Pelajaran Yang Bisa Dipetik Menurut Islam

0
63
Peningkatan Kasus Covid-19 dan Pelajaran Dalam Islam

Peningkatan kasus covid-19 – Corona kini semakin menjadi wabah yang menakutkan bagi masyarakat. Bukan hanya di negara Indonesia saja namun juga di negara-negara lainnya. Apalagi kasus covid-19 yang tidak kunjung selesai dan justru semakin meningkat. Tingkat kematian yang disebabkan oleh virus ini juga semakin banyak. Tentu saja ini juga semakin meresahkan, dan lagi masyarakat tidak bisa menjalani kegiatan sehari-hari seperti biasanya.

Peningkatan Kasus Covid-19 dan Pelajaran Yang Bisa Dipetik

Adanya kasus covid-19 membuat pemerintah menerapkan banyak peraturan baru. Tujuannya untuk menekan angka korban dari virus corona ini. Dan harapannya bisa memulihkan kembali keadaan. Namun sayangnya saat ini justru dikabarkan bahwa kasus covid-19 semakin meningkat. Ini membuat kita harus semakin waspada dan ketat dalam menerapkan protokol kesehatan.

Namun tahukah sobat CahayaIslam, bahwa ada banyak pelajaran yang bisa dipetik dari kasus covid-19 ini lho.

Peningkatan Kasus Covid-19 dan Ini Pelajaran Yang Bisa Dipetik Menurut Islam!

Peningkatan Kasus Covid-19 dan Pelajaran Dalam Islam

Peningkatan kasus covid-19 tentu bukanlah kabar yang baik. Setelah sebelumnya tingkat kematian juga meningkat karena wabah ini. Kini situasi juga semakin mengkhawatirkan. Hanya saja, yang bisa kita lakukan hanya terus mengusahakan untuk menjaga kesehatan diri sendiri dan orang-orang terdekat kita. Dan tentunya mematuhi segala aturan yang dibuat pemerintah.

Lalu apa saja pelajaran yang kita petik dari kasus covid-19 yang semakin meningkat ini menurut islam?

Tentang Kesabaran

Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.

Dalam islam, kita diajarkan untuk bersabar dalam kondisi apapun. Begitu juga ketika menghadapi wabah covid-19 ini. Kita bisa belajar tentang apa arti kesabaran. Apalagi dalam ayat Al Quran juga disebutkan bahwasanya sabar merupakan penolong bagi kaum muslimin. Begitu juga Allah selalu bersama dengan orang-orang yang sabar.

Tawakal dan Ikhtiar

Peningkatan Kasus Covid-19 dan Pelajaran Yang Bisa Dipetik Dalam Islam

Sesungguhnya orang-orang yang beriman ialah mereka yang bila disebut nama Allah gemetarlah hati mereka, dan apabila dibacakan ayat-ayat-Nya bertambahlah iman mereka (karenanya), dan hanya kepada Tuhanlah mereka bertawakkal.

Ayat ini menjelaskan bahwasanya Allah memerintahkan kaum muslimin untuk bertawakal. Sobat CahayaIslam, saat kita berada dalam situasi seperti sekarang ini dimana wabah corona semakin mengkhawatirkan. Kita bisa memetik pelajaran bahwa Allah lah tempat kita berserah diri atau bertawakal. Dan tidak lupa untuk terus berikhtiar.

Tentang Keputus Asaan

Tahukah sobat CahayaIslam, bahwa Allah tidak menyukai golongan orang yang berputus asa. Itu sebabnya islam melarang kaum muslimin untuk putus asa. Dari meningkatnya kasus covid-19 ini mengajarkan kita tentang arti keputus asaan. Sehingga kita mengerti bagaimana manusia tidak seharusnya putus asa. Apalagi kita memiliki Allah sebagai sandaran dan penolong bagi kita.

Putus asa bukanlah sikap seorang muslim. Maka untuk menghadapi wabah covid-19 ini adalah dengan terus berusaha dan berdoa. Karena sesungguhnya Allah lah yang menetapkan segala hal yang ada di dunia.

Peningkatan kasus covid-19 – Merupakan situasi yang cukup meresahkan bagi kita semua. Namun sebagai seorang muslim, ada banyak pelajaran yang ternyata bisa kita petik dari adanya wabah ini menurut islam. Terlebih bisa meningkatkan keimanan dan mendekatkan kita kepada Allah SWT.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Al-Baqarah Ayat 153

(2) – Surat Al-Anfal Ayat 2

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY